Keputusan pembelian konsumen sangat berpengaruh penting akan keberlangsungan usaha karena berhasil atau tidaknya suatu produk. Harga dan Kualitas Produk dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan ada atau tidaknya perngaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk Skincare The Originote Kota Jakarta Barat. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif statistik. Dalam pemilihan sampel penelitian dengan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan rumus slovin berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi Y = -2,862 + 0,083X1 + 0,431X2. Secara parsial, harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,055 > 0,05 dan kualitas produk berperngaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,000 < 0,05. Secara simultan harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan uji determinasi dengan nilai adjusted R square 0,602, maka harga dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 60,2% dan sisanya dipengaruhi variabel lain.
Full_Text
Jurnal_64201189_Putrima Wulandari
Althazia, D., & Aziz, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk YOU Transmart Padang. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(2), 601–615. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i2.199
Annur, C. M. (2024, January 11). Ini Produk Kecantikan yang Banyak Diburu Konsumen E-Commerce Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/11/ini-produk-kecantikan-yang-banyak-diburu-konsumen-e-commerce-indonesia
Apriyani Montolalu Tinneke Tumbel Olivia Ch Walangitan Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, N. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. In Productivity (Vol. 2, Issue 4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/34831
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arfah, Y. (2022). Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional.
Assauri, S. (2009). Manajemen pemasaran konsep dasar dan strategi. In Edisi Pertama Penerbit. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 214–215. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Compas.co.id. (2023). Top performing face skincare category on September! Compas.Co.Id. https://www.instagram.com/compas.co.id/p/CzDwUDqyJfT/?img_index=2
Dahlia, M., & Fadli, R. (2022). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Fyc Megasolusi Di Tangerang Selatan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 667–679. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.623
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
Dinda Dwi Guntari, & Prihartono Aksan Halim. (2021). Pengaruh Kualitas dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Produk Envygreen Skincare). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(2), 295–307. https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i2.668
Fitri, N., Rachma, N., & Normaladewi, A. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Skincare Whitelab (Studi Kasus Pada Mahasiswi Prodi Manajemen FEB Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02). https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/21036
Gumanti, M., & Utami, B. (2021). Analisis Korelasi Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Klinik Skincare (Studi Pada Klinik Puspit Pringsewu). PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 9(2). https://doi.org/10.24127/pro.v9i2.4513
Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome (Vol. 2).
Irawan, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Burger King Jakarta. Ecodemica Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis.
Irfan, S., Halik, A., & Panjaitan, F. A. B. K. (2022). Analysis of the Influence of Product Quality and Price Perceptions on the Purchase Decision of Orthopedic Implant Products (Kangli) Through Consumer Trust as Intervening Variables in Pt. Java Almeda Mandiri in Surabaya. In International Journal of Scientific Engineering and Science (Vol. 6, Issue 1). http://ijses.com/
Kartika, E.-. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.32815/jpro.v2i1.778
Lintin, I. Y. (2024). Bedah Data Brand Viral: The Originote & Oatside dalam Markplus Conference 2024. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/data-brand-the-originote-oatside-di-ecommerce/
MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Melpiana, E., & Sudarajat, A. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada MS Glow Beauty. Management and Accounting Expose, 5(1). https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.599
Muslimin, S., Zainab, Z., & Jafar, W. (2020). Konsep Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37146/ajie.v2i1.30
Muthahharah, I., & Fatwa, I. (2022). Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Media Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STKIP Pembangunan. Jurnal MSA (Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya), 10(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/msa.v10i1.25145
Nabilah, A. N., & Anggrainie, N. (2022). YUME : Journal of Management. YUME : Journal of Management, 5(2), 728–736. https://doi.org/10.2568/yum.v5i3.2162
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/686
Nugroho, A., & Soliha, E. (2024). Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kecantikan: Peran Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Celebrity Endorsement. Jesya, 7(1), 226–242. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1348
Permata Sari, D. (2021a). Fakotr-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). 2(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4
Permata Sari, D. (2021b). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). 2(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4
Pramono, A., Tama, T. J. L., & Waluyo, T. (2021). Analisis arus tiga fasa daya 197 KVA dengan menggunakan metode uji normalitas kolmogorov-smirnov. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 4(2), 213–216. https://doi.org/https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v4i2.696
Prartama, A. (2023, May 29). The Originote Konsisten Hadirkan Produk Skincare Berkualitas dengan Harga Terjangkau. Infobrand.Id. https://infobrand.id/the-originote-konsisten-hadirkan-produk-skincare-berkualitas-dengan-harga-terjangkau.phtml
Safitri, H., Vitria, H. A., & Hasanah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Garnier Pada Toko Mahkota Ayu Kosmetik (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Skincare Garnier Di Banjarmasin Utara). http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/6855
Sam, M., Pamungkas, I., & Muzaini, M. (2021). Pengaruh Banyaknya Perusahaan Industri, Jumlah Tenaga Kerja, Jumlah Produksi Galian/Pertambangan Serta Luas Area Perkebunan Dan Perikanan Terhadap PDRB Provinsi Sulawesi Selatan. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(1), 72–83. https://doi.org/10.30605/27458326-64
Selvia, M. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Scarlett Whitening Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 320–330. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43797
Selvia, M., & Tumbel, A. L. (2022). The Effect Of Price And Product Quality On The Purchase Decision Of Scarlett Whitening Products On Students Of The Faculty Of Economics And Business SAM Ratulangi Manado University. In Djemly 320 Jurnal EMBA (Vol. 10, Issue 4).
Suastrini, F., & Sejati, K. R. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Prilaku Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sabun Mandi Di Masa COVID-19. Society, 11(2), 107–123. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/society.v11i2.2780
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, CV.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. PUSTAKABARUPRESS.
Suryani, M., Adawiyah, N. N., & Beliya, E. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1(1), 49–74. https://doi.org/10.55927
Swarjana, I. K. , & S. M. (2022). Populasi-Sampel. Teknik Sampling & Bias dalam Penelitian. Andi.
Tasia, A. A., Sulistyandari, S., & Kinasih, D. D. (2022). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 74–85. https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/189
Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342–351.