PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KOSMETIK OMG DI JAKARTA BARAT

research
  • 10 Oct
  • 2024

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KOSMETIK OMG DI JAKARTA BARAT

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada kosmetik OMG di Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalan 100 responden yang dipilih secara acak dari konsumen kosmetik OMG di wilayah Jakarta Barat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (kualitas produk dan citra merek) dan variabel dependen (keputusan pembelian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen kosmetik OMG di Jakarta Barat dengan nilai regresi kualitas produk sebesar 0,294 dan citra merek sebesar 0,434 yang artinya bernilai positif. implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan kualitas produk dan memperkuat citra merek untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Penelitian mendukung teori bahwa persepsi konsumen terhadap kualitas produk dan citra merek dapat mempengaruhi perilaku pembelian mereka.

Unduhan

 

REFERENSI

Alvina, M. (2020). Potensi pasar kosmetik Indonesia. TechnoBusiness Media. https://markethac.id/news/Brand-Lip-Cosmetic-Terlaris-di-E-commerce

Aprianty, E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, DAN Harga Terhadap Kputusan Pembelian Produk Kosmetik Mustika Ratu Pada Toko Salsabila Kosmetik Di Bukit Kemuning Dalam Persepsi Bisnis Islam. Radenintan.Ac.Id, 5(3), 248–253. http://repository.radenintan.ac.id/21681/1/PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf

Beauty. (2023). Top Brand Lip Cosmetic di E-commerce. Markethac. https://markethac.id/news/Brand-Lip-Cosmetic-Terlaris-di-E-commerce

Damayanti, A., Mutia, A., & Ifazah, L. (2024). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pada Mahasiswi Di Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 66–88. https://doi.org/10.51903/jimeb.v3i1.699

Dwi, A. (2023). Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan, Beserta Contohnya. https://pascasarjana.umsu.ac.id/pengertian-manajemen-pemasaran-tujuan-beserta-contohnya/

Mantara, M. A., Telagawathi, N. L. W. S. T., & Yulianthini, N. N. (2022). Faktor-Faktor Yang Menentukan Keputusan Pembelian Secara Online Di Bukalapak Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha. JEMBA : Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Bisnis, Akuntansi, 2(1), 18–28. https://doi.org/10.52300/jemba.v2i1.3529

Maulidia, A., Prihatini, A. E., & Prabawani, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Mustika Ratu (Studi Pada Konsumen Mustika Ratu Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 803–812. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29814

Miranda, A., & Latief, F. (2023). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik makeover pada mahasiswa itb nobel indonesia. 1(1), 29–41.

Pratiwi, G., & Lubis, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan UD Adli di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(3), 27–41. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i3.83

Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga , Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Influence of Prices , Product Quality and Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions. 08, 98–104.

Riadi, M. (2020). Keputusan Pembelian (Pengertian, Dimensi, Jenis dan Proses Tahapan). Kajian Pustaka. https://www.kajianpustaka.com/2020/05/keputusan-pembelian-pengertian-dimensi-jenis-dan-proses-tahapan-pembelian.html#google_vignette

Rian Amdhani, Eka Erma Wati, & Kelik Purwanto. (2022). Analisis Promosi, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Beat Oleh Mahasiswa Undhari. Manajemen Dewantara, 6(3), 281–291. https://doi.org/10.26460/md.v6i3.13191

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). ALFABETA, CV.

Suryati, L., & Sudarso, A. (2016). Metode Penelitian. DEEPUBLISH.