ABSTRAK
TINDAK ILOKUSI GURU DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NING’S
COURSE BANDAR LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP
PEMBELAJARAN MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBICARA DI
PERGURUAN TINGGI
OLEH
TRI KURYANTI
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan tindak ilokusi guru di Lembaga
Bimbingan Belajar Ning’s Course Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan tindak ilokusi guru di Lembaga Bimbingan Belajar Ning’s Course Bandar
Lampung dan implikasinya terhadap Mata Kuliah Keterampilan Berbicara di perguruan
tinggi.
Metode yang digunakan dalam rangka mencapai tujuan penelitian, yaitu metode deskriptif
kualitatif. Penelitian ini meneliti tindak ilokusi guru di Lembaga Bimbingan Belajar Ning’s
Course Bandar Lampung dan implikasinya terhadap Mata Kuliah Keterampilan Berbicara di
perguruan tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik observasi, teknik rekam (audio-visual), dan catatan lapangan. Data yang terkumpul
dianalisis dengan menggunakan analisis heuristik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak ilokusi yang mendominasi pada tuturan guru di
Lembaga Bimbingan Belajar Ning’s Course Bandar Lampung adalah tindak ilokusi direktif
yang terdiri atas tuturan memesan, memerintah, meminta, dan menasihati. Sementara itu,
tindak ilokusi yang paling sedikit digunakan, yaitu tindak ilokusi komisif. Hasil penelitian
berimplikasi pada pembelajaran mata kuliah keterampilan berbicara di perguruan tinggi
dengan kompetensi dasar dan indikator yang terdapat dalam GBPP poin ke sebelas dari
empat belas kompetensi dasar yang ada, yaitu tentang pragmatik.
Kata Kunci : tindak tutur,ilokusi, keterampilan berbicara
DAFTAR PUSTAKA
Abdul, Rani dkk. 2006. Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam
Pemakaian. Malang: Bayu Media Publishing.
Akinwotu,Samuel Alaba. 2013. A Speech Act Analysis of the Accept of
Nomination Speeches of Chief Obafemi Awolowo and Chief M.K.O Abiola.
International Journal. Vol. 2, No. 1; 2013: Nigeria.
Anwari. 2013. Tindak Tutur Direktif pada Proses Pembelajaran Bahasa
Indonesia di Kelas X MAN 2 Bandar Lampung.Skripsi Mahasiswa FKIP,
Unila. Bandarlampung: FKIP Unila.
Arsjad, Maidar G. dan Mukti, U.S. (1993). Pembinaan Kemampuan Berbicara
Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
Emike, Acheoah John. 2013. The Illocutionary Frames Principle. Internasional
Journal of Human Social Science. Vol. 13 Issue 13 Version 1.0 Year
2013:USA.
Grice,H.P 1975. Logic and Conversation Syntax and Semantics, Speech Act,3.
New York: Academic Press.
Hasan, M Iqbal. 2002. Pokok-pokokMateri Metodologi Penelitian dan
Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ibrahim, Syukur Abd. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya:Usaha Nasional.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Terjemahan oleh Oka,
M.D.D.Jakarta :Universitas Indonesia. Levinson, Stephen C. 1983. Pragmatics. Britain: CambridgeUniversity Press.
Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Terjemahan oleh Oka,
M.D.D.Jakarta :Universitas Indonesia. Levinson, Stephen C. 1983. Pragmatics. Britain: CambridgeUniversity Press.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta.
Moleong, J.L. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja
Rosdakarya.
Paris, Siska Amelia. 2012. TindakTutur Memerintah Siswa TK Dharma Wanita
Unila dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di TK. Skripsi Mahasiswa FKIP, Unila. Bandarlampung: FKIP Unila.
Rahardi, R Kunjana . 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa
Indonesia.Jakarta: Erlangga.
Rakhmat, Jalaludin. 1992. Psikologi Komunikasi. Bandung:PT Remaja
Rosdakarya.
Rusminto. 2012. Analisis Wacana Sebuah Kajian Teoritis dan Praktis (Buku
Ajar).Universitas Lampung: Lampung. Rusminto, N.E. dan Sumarti. 2006. Analisis Waacana Bahasa Indonesia (Buku
Ajar). Universitas Lampung: Lampung.
Rustono. 1998. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang. Schiffrin, Deborah. 2007. Ancangan Kajian Wacana. Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Searle, John R. 1969. Speech Acts An Essay in The Philosophy of Language. London:. Cambridge University. Sugiono.2010. Metode Penelitan Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Suparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Jakarta: Bumi Aksara. Suyono. 1990. Pragmatik: Dasar-Dasat dan Pengajaran. Malang: YA3.