Industri kecantikan di Indonesia berkembang sangat pesat lantaran meningkatnya gaya hidup dan kesadaran
masyarakat guna mempercantik diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemasaran Media Sosial
dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian produk Skintific pada TikTok Shop. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh
dengan melakukan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Skintific. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling.
Jumlah sampel yang didapatkan berdasarkan perhitungan rumus Lemeshow yaitu sebanyak 96 responden. Hasil
penelitian yang didapatkan dengan menggunakan uji T dan uji F menunjukkan bahwa Pemasaran Media Sosial
dan Kualitas Produk secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan
Pembelian. Hasil uji Koefisien determinasi diketahui 46,8% Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh Pemasaran
Media Sosial dan Kualitas Produk, sedangkan sisanya sebesar 53,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar
penelitian ini.
Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran
Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 10(2).
https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.73923
Efendi, F. B., & Aminah, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk
Skincare Skintific (Studi pada Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan
Sains), 8(1), 762. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1055
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian
Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17.
https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN
INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS
PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6741–6761.
https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p18
Inang, S. (2024). Industri Kosmetik Nasional Tumbuh Fenomenal, Pemerintah Dorong Hasilkan Produk Berdaya
Saing Global. Kompas. https://money.kompas.com/read/2024/02/20/211327326/industri-kosmetik-
nasional-tumbuh-fenomenal-pemerintah-dorong-hasilkan-produk
Leviana, T. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Willingness To Pay Premium Price melalui Brand
Equity pada Konsumen Estee Lauder. Agora, 7(1), 1–6. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-
bisnis/article/view/8157
Nabilah, A., & Wardhana, A. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Tiktok dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah,
6(4), 4644–4656. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i4.1025
Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). PENGARUH FLASH SALE, LIVE SHOPPING, DAN
ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND
SKINTIFIC DI SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10),
2740–2755. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.897
Tranggono, D., Nidita Putri, A., & Juwito, J. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Nacific di Instagram terhadap
Keputusan Pembelian Produk Nacific pada Followers Akun @nacificofficial.id. Jurnal Ilmu Komunikasi,
10(2), 141–155. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.141-155
Ulya, W. (2023). Perlindungan Hukum Bagi Pelaku Usaha Pada Transaksi Bisnis Social Commerce Tiktok Shop
(Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Islam). Journal of Indonesian Comparative of Syari’ah Law, 6(1),
18–34. https://doi.org/10.21111/jicl.v6i1.9746
Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER
ENGAGEMENT DAN LOYALITAS MEREK PADA AKUN INSTAGRAM TOKOPEDIA under a
Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA) 4.0 license CORE View metadata, citation and similar
papers at core.ac.uk provided by Electro. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi
UNIAT, 5(2), 185–198.