Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian sebagian atau bersamaan pada produk DRW Skincare di Kota Bekasi, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Nonprobability Sampling dengan teknik porpusive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 96 responden yang ditentukan melalui rumus Lameshow. Hasil data yang diperoleh dari data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui google from dan data sekunder dari berbagai sumber. Hasil penelitian yang diperoleh sebagian variabel Electronic Word of Mouth mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai t sebesar 2,619 dan variabel citra merek mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 3,661. Sementara itu, secara bersamaan Electronic Word of Mouth dan citra merek memengaruhi keputusan pembelian dengan memperoleh hitungan t 19.894.
64200857_Dini Nurlaela_Jurnal
Anang, MF (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Dalam Q. Media (Ed.), Qiara Media (Vol. 7, Edisi 2). CV. Penerbit Qiara Media.
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, JLA (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.
APJII. (2024). APJII: Pengguna Internet Indoensia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Calista, P., Yones, P., & Muthaiyah, S. (2023). eWOM melalui aplikasi TikTok dan itu sesuai dengan niat membeli beberapa produk. Tinjauan Manajemen Asia Pasifik, 28(2), 174–184. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2022.07.007
Charviandi, A., Noviany, H., Suhartini, Y., Wijaya, A., & Abdullah, MAF (2023). Manajemen Pemasaran (Perspektif Digital Marketing) (Fachrurazi & I. K. E. Mulyanan (eds.)). Eureka Media Aksara.
Damayanti, Y. (2020). Kajian Literatur Efektivitas Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Sosial Media. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 2(1), 31–45. https://doi.org/10.15642/manova.v2i1.354
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Guepedia/Br (ed.)). Guepedia.
Fauzan, R., Daga, R., Sudirjo, F., & Soputra, J. (2023). Produk Dan Merek. Global Eksekutif Teknologi.
Fitriah, S., Dharmawan, B., & Nurdiani, U. (2021). Studi tentang Faktor Pembentuk Electronic Word of Mouth (EWOM) dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Produk Buah di Kojama Shop. Habitat, 32(3), 119–129. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2021.032.3.14
Ismagilova, E., Dwivedi, YK, Slade, E., & Williams, MD (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) dalam Konteks Pemasaran. Di SpringerBriefs dalam Bisnis. Springer.
Junaedi, F., & Sukmono, FG (2019). Komunikasi Dalam Media Digital (J. Fajar & F. G. Sukmono (eds.)). Bulu Litera.
Kaban, AR, & Dewi, CK (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Compass Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Pada Keputusan Pembelian Sepatu Compass. E-Prosiding Manajemen, 10(3), 1650–1659.
Laksono, AW, & Suryadi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Jurnal Holistik Penelitian Manajemen, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.33019/hjmr.v3i1.1804
Septyansyah, I., & Abadi, F. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Café Kekinian di Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11343–11353.
Surya, E. D. (2021). Manajemen Merek: Membangun & Mengembangkan Merek (F. Ario (ed.)). CV. Andalan Bintang Ghonim. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=uwMPEAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PR13%5C&dq=manajemen+kinerja+di+industri%5C&ots=QrKJzauPZj%5C&sig=dZM53mexKZAZ6B7f8cnqR9jv5Fk
Tanady, ES, & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663
Weitzl, W. (2014). Mengukur efektivitas dari mulut ke mulut elektronik. Springer Gabler.
Wibowo, A. (2020). Perilaku Konsumen & Hubungan Masyarakat. Dalam W. Susanto (Ed.), Yayasan Prima Agus Teknik (Edisi Juni). https://www.academia.edu/37610166/PERILAKU_KONSUMEN_PERILAKU_KONSUMEN_MAKALAH_PERILAKU_KONSUMEN
Winasis, CLR, Widianti, HS, & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 452–462.