Tindak perundungan yang sering terjadi di sekolah merupakan hal serius yang harus diatasi karena merugikan korban terkait ancaman, penginaan hingga tindakan fisik. Komunikasi interpersonal memungkinkan siswa untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan teman-temannya, memahami perasaan dan perspektif orang lain, serta mengembangkan empati dan rasa saling menghormati. Peneliti ini akan memfokuskan pada bagaimana “Peran Komunikasi Interpersonal Antarsiswa Dalam Upaya Mencegah Tindak Perundungan di SMK Muhammadiyah 1 Tangerang”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi interpersonal. antarsiswa memainkan peran sentral dalam upaya mencegah perundungan di SMK Muhammadiyah 1 Tangerang. Dengan memperkuat empati, kesetaraan, keterbukaan, dan sikap mendukung, siswa tidak hanya meningkatkan kesadaran akan dampak negatif perundungan tetapi juga membangun solidaritas yang membawa perubahan positif dalam budaya sekolah.
PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARSISWA DALAM UPAYA MENCEGAH TINDAK PERUNDUNGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TANGERANG (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 1 Tangerang)
Adin, Z., & Izzati, I. H. Y. (2023). Dasar-dasar Komunikasi Bisnis. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(1), 33–42.
Adiyanto, Y., Fatah, A., & Supriyatna, Y. (2022). Efektivitas Komunikasi Organisasi dan Loyalitas Kerja Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kinerja Pegawai di Terminal Terpadu Merak. Jurnal Akuntansi Manajem, 1(1), 18–35.
Anastasya, R. (2021). MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI SARANA MENGAKSES INFORMASI PELECEHAN SEKSUAL ( Studi Netnografi Thread Korban Pelecehan “ Fetish Kain Bungkus ”) SKRIPSI OLEH : FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN INFORMASI PELECEHAN SEKSUAL ( S. 26–27.
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multi Disiplin Dehasen, 1(3), 337–342.
Annur, C. M. (2024). Proporsi Kasus Perundungan di Sekolah Indonesia Berdasarkan Jenjang . Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2024/02/20/Ada-30-Kasus-Bullying-Sepanjang-2023-Mayoritas-Terjadi-Di-Smp.
Buana, B. L. (2019). Presentasi Diri Lady Fighter One Pride Mix Martial Arts (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Lady Fighter pada Program TV “One Pride MMA”). Universitas Komputer Indonesia.
Efendi, J., & Rijadi, P. (2022). Metode Penelitian Hukum. Kencana.
Erika, A. A., & Eriend, D. (2024). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru BimbinganKonseling (BK) dalam Menangani Kenakalan Siswa SMK Negeri 8 Padang. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 4(1), 228–234.
Fahrurrozi, & Wicaksono, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Penerbit Garudhawaca.
Fairus. (2020). ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS SISTEM DAN PROSEDUR PENGGAJIAN DALAM USAHA MENDUKUNG EFISIENSI BIAYA TENAGA KERJA PADA PT PANCARAN SAMUDERA TRANSPORT, JAKARTA. In STIE Indonesia Jakarta. https://doi.org/10.1093/gao/9781884446054.article.t057475
Fauzan, I. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dosen dan Mahasiswa Terhadap Prestasi Akademik (Studi Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar) Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Makassar.
Harmiasih, S., Kumari, R., & Watini, S. (2023). Dampak Bullying Terhadap Sosial Emosional Korban. Dampak Bullying Terhadap Sosial Emosional Korban. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(11), 8703–8708.
Hasanah, N. (2020). Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Bullying Melalui Penanaman Nilai Keislaman di Madrasah Tsanawiyah Nuruliman Ulu Gedong Seberang Kota Jambi. Engineering, Construction and Architectural Management, 25(1).
Helaludin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.
Mahardika, P. M., Apriadi, & Hidayat, O. (2021). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling dalam Membangun Karakter Siswa Pelaku Perundungan. KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 3(1), 40–51.
Miftah, M. (2019). Strategi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 2(12), 84–94.
Mufrihah, A. (2016). Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. Jurnal Psikologi, 43(2), 135–153.
Nisa Nadillah, N. (2021). Komunikasi Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Dalam Meningkatkan Kesetaraan Gender Bagi Atlet Perempuan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Bung Karno.
Pratiwi, S. W., & Sukma, D. (2013). Komunikasi Interpersonal Antar Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 324–329.
Putra, A., Sholihin, M., Sandi, Q., & Asmuni. (2023). Dampak Kekerasan dan Perundungan (Bullying) di Lembaga Pendidikan serta Pencegahannya. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman Dan Pendidikan, 10(2), 16–30.
Putra, W. (2022). Kasus Bully Siswa di SMP Bandung, Polisi Periksa Sejumlah Saksi. Detik Jabar.
Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV. Jejak.
Raharjo, S. B. (2019). Pola Komunikasi Pelatih Renang Penyandang Tunarungu dengan Atlet Disabilitas. Universitas Komputer Indonesia.
Ramadani, A. (2020). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Indah Logistik Pekanbaru. Universitas Islam Riau.
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. CV. Jakad Media Publishing.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT. Kanisius.
Sasmoko, M. A. (2019). Studi Kasus Korban Pelaku Bullying verbal kelas XI SMAN 3 Kediri. Jurnal Simki UNP Kediri, 3(1).
Sekarningtyas, P., & Sunarto. (2019). Pengaruh Intensitas Bullying Terhadap Pola Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa FISIP UNDIP Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2017. Interaksi Online, 7(2), 17–20.
Setiyawan, R. (2022). Perundungan Sesama Siswa Di Sekolah.
Sidharta, V., Lubis, D. P., Sarwoprasodjo, S., & Seminar, K. B. (2024). Sensemaking of Stakeholder Identity Construction in Determining Potential Social Assistance Recipients. Nyimak Journal of Communication, 8(1).
Sinaga, C. P., & Prasetyo, I. J. (2020). Komunikasi Interpersonal Antara Pelatih Dengan Murid Beladiri Jujitsu Indonesia di Dojo Wijaya Putra Surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(1).
Sukmawati, R., & Aliyyah, R. R. (2023). Strategi Guru dalam Mengatasi Perundungan di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 2870–2890.
Tamimi, M., Masriadi, & Muchlis. (2024). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kenakalan Siswa SMK Muhammadiyah 10 Kisaran. Kultura: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(5), 221–234.
Viviani, A. S., Hairunisa, & Kristanto, A. A. (2018). Peran Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa (Studi Kasus di SMP N 25 Samarinda). E-Journal Komunikasi, 6(3), 70–81.
Widiatmoko, T. F., & Dirgantoro, K. P. S. (2022). Pentingnya Peran Guru sebagai Pembimbing dalam Mengatasi Perilaku Perundungan di Kelas [The Importance of The Teacher’s Role as a Guide in Overcoming Bullying in The Classroom]. JOHME: Journal of Holicstic Mathematics Education, 6(2), 238–250.
Yolanda, S., & Yuniarti, Y. (2024). Mencegah Perundungan di Sekolah Dasar dengan Meningkatkan Kompetensi Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1).
Yuliani, M. (2023). Hubungan Motivasi Mahasiswa dan Komunikasi Interpersonal dalam Peningkatan Prestasi. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 11–17.