Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Populasidalam penelitian ini adalah konsumen dari toko-toko yang menjadi pelanggan tetap perusahaan ini, dan menggunakan sampel sebanyak 30
orang. Teknik penelitian ini menggunakan sampel purposive sampling dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) variabel harga produk (X1) 2,573 (t hitung) > 2,052 (t tabel), variabel kualitas produk (X2) 2,239 (t hitung) > 2,052 (t tabel), maka kualitas produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan statistik dengan analisa regresi berganda yaitu Y=1,397+0,397X1+0,513X2 dimana Y=Keputusan pembelian, X1=Harga Produk, X2=Kualitas Produk. Dari persamaan regresi tersebut diketahui bahwa harga produk dan kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Dimana hasil Uji F (simultan) dengan tingkat signifkan 0,05, F hitung 16,354 > F tabel (3,350), menunjukan bahwa kualitas produk merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil perhitungan R2 sebesar 0,514 menjelaskan bahwa harga produk dan kualitas produk mampu menjelaskan keputusan pembelian sebesar 51,4%. Sedangkan sisanya 48,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dipenelitian ini.
Jurnal
Skripsi
Bukti Submit Jurnal
Turnitin
Abu Bakar, R. (2021). Pengantar Metodoogi Penelitian. (Cetakan 1). Yogyakarta: SUKA-Press UIN SUNAN KALIJAGA.
Asti, E. G., & Ayuningtyas, E. A. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.” EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis 1(01): 1–14. doi:10.37366/ekomabis.v1i01.2.
Basuki, (2021) Metode Penelitian Kuantitatif. Media Sains Indonesia,
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Ujian Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
Darmansah, A., and Yosepha, S. Y. (2020). “Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya 1(1): 15–30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS (Cetakan 1). Deepublish.
Firmansyah, F., & Haryanto, R. (2019). Manajemen Kualitas Jasa: Peningkatan Kepuasan & Loyalitas Pelanggan. Madura, Jawa Timur: Duta Media.
Ghozali, Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. 10 Semarang: Universitas Diponegoro.
Haque, M. G. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Berlian Multitama Di Jakarta.” E-MABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis 21(1): 31–38.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Juliandi, A, Irfan, Saprinal M. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis: KOnsep dan Aplikasi. UMSU PRESS.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Cetakan 1. Depok: Khalifah Mediatama.
Prasetya, S. H. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian.” Majalah Bisnis & IPTEK 15(2): 144–55. doi:10.55208/bistek.v15i2.269.
Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2021). “Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Rown Division Surakarta).” Excellent 7(2): 143–52. doi:10.36587/exc.v7i2.793.
Rahayu, E. (2020). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia.” Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis 3(1): 1–10. doi:10.36407/jmsab.v3i1.114.
Rinaldi, S. F., & Mujianto, B. (2019). Metodologi Penelitian dan Statistik (Cetakan 1). Kementerian Kesehatan RI.
Rufliansah, F. F.,, & Seno, A. H. D.. (2020). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Rainbow Creative Semarang).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 9(4): 389–401. doi:10.14710/jiab.2020.28226.
Saleh, M. Y., & Said, M. (2019).. Konsep Dan Strategi Pemasaran. Cetakan 1. ed.Sobirin. Makassar: CV SAH MEDIA.
Sari, R. M., & Prihartono. (2021). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise).” Jurnal Ilmiah
MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi) 5(3): 1171–84. doi:10.31955/mea.v5i3.1573.
Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint." CiDEA Journal 2(1): 24–37. doi:10.56444/cideajournal.v2i2.775.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Edisi 2 Ce.Bandung: Alphabeta.
Suhairi, D. (2019). “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pt. Honda Autobest Bandung.” Jurnal Manajemen 14(3): 2539–48.
Suhardi, Y., Zulkarnaini Z, Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal STEI Ekonomi 31(02): 31–41. doi:10.36406/jemi.v31i02.718.