Nindia Fatma Dewi (64200119) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD Bayu Buana Gas.
Gas industri telah mengalami perubahan yang sangat signifikan seiring dengan era globalisasi. Gas industri seperti oksigen, nitrogen, argon, acetylene, dan CO2 banyak digunakan untuk jasa febrikasi pembuatan instalasi medis maupun industri. Untuk menjaga eksistensinya, UD Bayu Buana Gas harus mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di UD Bayu Buana Gas secara parsial maupun simultan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan UD Bayu Buana Gas dan sampel yang digunakan sebanyak 53 pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji T dan uji F, serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, secara parsial variabel Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif dan Harga (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) UD Bayu Buana Gas. Secara simultan variabel independen (Kualitas Pelayanan dan Harga) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Kualitas Pelayanan) pada UD Bayu Buana Gas.
Kata Kunci : Harga, Kepuasan pelanggan, dan Kualitas Pelayanan.
Skripsi_64200119_Nindia Fatma Dewi
Jurnal_64200119_Nindia Fatma Dewi
Turnitin_64200119_Nindia Fatma Dewi
Ahmad Zikri, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.
Alfajar, F., Mustainah, Tawil, M., & Polii, J. J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Makassar Jeans House Kota Palu. Jurnal Administration and Management Public Literation, 1(1), 37–50.
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.
Amalia, E., & Wibowo, T. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Karakteristik Pelayanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Surabaya Pusat. Journal of Sustainability Business Research, 2(2), 286–293. https://www.jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jsbr/article/view/4067/3041
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Apriasty, I., & Simbolon, M. E. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga (literature strategic marketing management). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 135–145. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1%0Ahttps://greenpub.org/JIM/article/view/21
Ariyanti, N., Marleni, & Prasrihamni, M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1450–1455. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5462
Cahyadi, universitas buddhi dharma. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baja Ringan Di Pt Arthanindo Cemerlang. Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1, 60–73.
Dewi, K. I. L., Yulianthini, N. N., & ... (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bpjs Kesehatan Di Kota Singaraja. Bisma: Jurnal …, 5(2), 82–92. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/BISMA-JM/article/view/22011
Eriswanto, E., & Kartini, T. (2019). Pengaruh Penetapan Harga Jual Terhadap Penjualan Pada PT. Liza Christina Garment Industry. Jurnal Ummi, Vol. 13(2), 103–112. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/ummi/article/view/537/241
Gumilar, M. F., Terapan, F. I., Telkom, U., Yusiana, R., Terapan, F. I., & Layanan, K. (2023). Analisis Service Quality Dengan Menggunakan Metode IPA Pada Bungsu Tour & Travel. 9(6), 2826–2830.
Herudiansyah, G., Fitantina, F., & Suandini, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Reliability, Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah. Motivasi, 8(1), 9. https://doi.org/10.32502/mti.v8i1.5663
Kevin, M., & Nofrizal, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Go-Jek Indonesia, Cabang Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 9(2), 462–468. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v9i2.1305
Lesmana, H. (2021). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Di Kelurahan Pasarbatang. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA), 1(1), 29–37. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jasika
Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727–737. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.375
Mustika Sari, R., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.
Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen, 7(2), 155–167. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.4139
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Putri, A. N., Arafat, Y., N, H. S., & Ariesta, W. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Se-Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(1), 179–208. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara
Rachmawansyah, R., Bambang, M., & Rohman, S. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Daerah Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 469–481. https://doi.org/10.5281/zenodo.7785344
Rahmah, C. A. (2020). , Dengan Jumlah Sampel Yaitu 87 Orang. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 30–44.
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sukma., & Murwanto. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN CV. Syailendra Elektronik”. Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang, Semarang, Indonesia, 21(3), 713–722.