PENGARUH DISKON FLASH SALE DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA KONSUMEN SHOPEE DI CENGKARENG

research
  • 08 Oct
  • 2024

PENGARUH DISKON FLASH SALE DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA KONSUMEN SHOPEE DI CENGKARENG

Perkembangan marketplace telah mengubah drastis cara orang berbelanja. Konsumen kini semakin mengandalkan teknologi digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Adanya strategi diskon flash sale dan gratis ongkir di Shopee, promosi ini menarik minat konsumen, termasuk di Cengkareng, untuk memanfaatkan penawaran dan melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon flash sale dan gratis ongkir terhadap keputusan pembelian produk fashion pada konsumen shopee di cengkareng. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian kauntitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Dan Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diskon flash sale berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion pada konsumen Shopee di Cengkareng. Gratis ongkir juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion pada konsumen Shopee di Cengkareng. Selain itu, diskon flash sale dan gratis ongkir berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk fashion pada konsumen Shopee di Cengkareng.

Unduhan

 

REFERENSI

Alfitroch, U. A., Farida, E., & Rahman, F. (2022). Pengaruh Iklan, Promo Gratis Ongkos Kirim, dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Belanja Online (Studi Kasus pada Warga RT 8 Kelurahan Karangbesuki Kota Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(14).

Alghifari, A. Y., & Rahayu, T. S. M. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Derivatif: Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.

Antara. (2023, December 21). Pertumbuhan E-Commerce dan Harapan Bisnis Digital Tahun 2024. Timesindonesia.Co.Ic.

Basalamah, M. R., & Millaningtyas, R. (2021). Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(15).

Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Darwipat, D., & Syam, A. (2020). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(2), 58–64.

Dr. Hj. Rahmawati, S. E. M. M. C. P. S. C. M. A., & Mulawarman, U. (2022). Apa Saja Variabel Penelitian dalam Bidang Marketing ??? (Panduan bagi Peneliti Pemula). Universitas Mulawarman. https://books.google.co.id/books?id=-3KcEAAAQBAJ

Efendi, F. (2024). Tingkat Belanja Online Flash Sale Di Kalangan Guru MTsN 11 Pesisir Selatan Analisis Etika Bisnis Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 717. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.11488

Hantono, H. G. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Konsep Dasar dan Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur dengan SPSS). Penerbit Mitra Grup. https://books.google.co.id/books?id=zD4CEAAAQBAJ

Haryani, H., Salsabila, C., Cahayati, N., Studi Akutansi, P., & Raharja, U. (2023). Pengaruh Diskon Flash Sale Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Customer Dalam Melakukan Pembelian Marketplace Shopee. Indonesian Journal Accounting (IJAcc), 4(2).

Husniyyah, T., Pantjolo, D. S. W., & Pitoyo, B. S. (2024). Pengaruh Diskon, Flash Sale, dan Live Shopping terhadap Keputusan Pembelian pada Brand The Originote di Shopee (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). JURNAL ECONOMINA, 3(2), 314–328.

Irawati, R. (2024). PENGARUH HARGA, VOUCHER DISKON DAN GRATIS ONGKIR DI APLIKASI SHOPEE FOOD TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIXUE MALANG. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 5(2), 354–359.

Iskandar, A., M, A. R. J., Fitriani, R., Ida, N., & Sitompul, P. H. S. (2023). Dasar Metode Penelitian. Yayasan Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=dMnfEAAAQBAJ

Ivan Fanani Qomusuddin, M. P. M. T., & Siti Romlah, M. A. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=P3tmEAAAQBAJ

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(13).

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=yz8KEAAAQBAJ

Kementrian Perdagangan RI. (2024). Kemendeg Ramal Transaksi E-Commerce di RI Tembus Rp533 Trilliun. Kemendag.Go.Id.

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda [canarium indicum l.]). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.

Pratiwi, V. J., Efendi, F., Fariz, M., Zikrinawati, K., & Fahmy, Z. (2023). Pengaruh Voucer Diskon Belanja Pada Live Streaming Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Implusive Buying Dikalangan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 391–400.

Putri, A. N., Arafat, Y., & Ariesta, W. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Se-Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(1), 179–208.

Putri, G. E. (2021). Faktor-Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Melalui E-Commerce. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1).

Ramadhanti, S., & Prastyatini, S. L. Y. (2023). Pengaruh Diskon Flash Sale Dan Biaya Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Moderasi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 14(04), 1030–1039.

Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). PENGARUH PROMOSI DISKON DAN GRATIS ONGKIR SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482–491. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.132

Risno, S. J. (2023). Rumus lemeshow, lengkap dengan pengertian dan cara menghitungnya. Brillio.Net. brillio.net/ragam/rumus-lemeshow-lengkap-dengan-pengertian-dan-cara-menghitungnya-231030e.html

Salmaa. (2022). Variabel Penelitian: Pengertian, Macam-Macam, dan Cara Menentukannya. Penerbitdeepublish.Com. penerbitdeepublish.com/variabel-penelitian/

Sandrawati, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Gratis Ongkos Kirim dan Flash Sale Tanggal Cantik Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang.

Saputri, R., Ramdan, A. M., & Norisanti, N. (2020). Peran flash sale dalam memediasi hubungan sales promotion terhadap keputusan belanja online. Syntax Idea, 2(6).

Sawitri, P. K., Nurhajati, N., & Basalamah, M. R. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Flash Sale 12.12, dan Tagline Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Barang Di Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEB Unisma Angkatan 2019). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(01).

similiarweb. (2024, May 1). Top Website Ranking Most Visited Marketplace Websites in Indonesia. Similiarweb.Com.

Siregar, I. N. P., Selvy, S., Gurning, H. R., & Angga, E. (2019). Pengaruh Rekrutmen Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawa Pada PT. Budi Raya Perkasa. Jurnal Manajemen, 5(1), 71–80.

Suastrini, F., & Sejati, K. R. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Prilaku Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sabun Mandi Di Masa COVID-19. Society, 11(2), 107–123.

Widjanarko, W., Saputra, F., & Hadita, H. (2023). Analisis Keputusan Pembelian dan Loyalitas Pelanggan terhadap Voucher Gratis Ongkos Kirim E-Commerce Shopee Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(5), 678–685.