ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN BAHASA PADA DUOLINGO MENGGUNAKAN METODE PIECES FRAMEWORK

research
  • 08 Oct
  • 2024

ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN BAHASA PADA DUOLINGO MENGGUNAKAN METODE PIECES FRAMEWORK

Di era digital saat ini, teknologi telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Duolingo adalah salah satu aplikasi yang memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran bahasa asing dan terkenal karena metode interaktifnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna Duolingo terhadap keberhasilan pembelajaran bahasa asing dengan menggunakan metode PIECES
Framework, yang mengevaluasi enam aspek utama: Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, dan Service. Metode ini dipilih karena kemampuannya dalam memberikan analisis komprehensif mengenai berbagai aspek yang memengaruhi kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator
Performance memperoleh nilai rata-rata 4,395 (Sangat Puas), Information and Data 4,270 (Sangat Puas), Economic 4,156 (Puas), Control 4,067 (Puas), Efficiency 4,343 (Sangat Puas), dan Service 4,211 (Sangat Puas). Berdasarkan analisis menggunakan metode PIECES Framework mendapatkan skor rata-rata keseluruhan adalah 4,240, yang menunjukkan bahwa kepuasan pengguna terhadap aplikasi Duolingo secara keseluruhan berada dalam kategori "Sangat Puas". Ini mengindikasikan tingkat kepuasan pengguna dan keberhasilan pembelajaran bahasa yang sangat tinggi melalui aplikasi Duolingo.

Unduhan

 

REFERENSI

Aditya, N. M. B., & Jaya, J. N. U. (2022). Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(3), 325. https://doi.org/10.30865/json.v3i3.3964


Al Kaafi, A., & Rachmi, H. (2023). Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Tokopedia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(2), 119–128. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse


Ananda Cindy, Mulyanto Widodo, & Diana Rosita. (2019). Aplikasi Duolingo dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Siswa Kelas X SMAN 9 Bandarlampung. FKIP Universitas Lampung, 2(2), 1–12.


Bicknell, K., Brust, C., & Settles, B. (2023, February 5). HOW DUOLINGO’S AI LEARNS WHAT YOU NEED TO LEARN. IEEE Spectrum. https://spectrum.ieee.org/duolingo


Chairunnisa, T. L. T., Rosmika, E., & Azulaidin, A. (2021). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi SiBisa dengan Pendekatan TAM. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 174–180. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1117


Curry, D. (2024, May 2). Duolingo Revenue and Usage Statistics (2024). Bussiness of Apps. https://www.businessofapps.com/data/duolingo-statistics/


Darwi, M., Islamiyah, & Jundillah, M. L. (2023). Penerapan Metode PIECES Framework Sebagai Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 2(1), 59–70. https://doi.org/10.30872/atasi.v2i1.459


Evitria, D., Utamajaya, J. N., & Hermawansyah, A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Layanan GOFOOD Menggunakan Metode PIECES Framework. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(3), 522–527. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i3.4100


Hamidah, N. S., & Hakim, R. J. (2023). PERAN SOSIAL MEDIA ATAS
PERILAKU KONSUMTIF BELANJA BAGI IBU RUMAH TANGGA DI DESA LEBAKSARI KEC.PARAKANSALAK. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 682–686. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.618