PENGARUH ATMOSFER TOKO, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT MODULAR KULINER INDONESIA JAKARTA

research
  • 08 Oct
  • 2024

PENGARUH ATMOSFER TOKO, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT MODULAR KULINER INDONESIA JAKARTA

Studi ini menguji bagaimana dampak atmosfer toko, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Hot Side Story dari PT Modular Kuliner Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisa regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji determinasi dengan menggunakkan alat bantu perhitungan SPSS versi 26 dan sig 0,05, ditemukan bahwa melalui ketiga variabel menghasilkan dampak positif serta mencapai signifikansi untuk keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil uji F, variabel harga, kualitas produk, serta atmosfer toko bersamaan (simultan) berpengaruh positif dan memiliki signifikansi terhadap keputusan pembelian konsumen. Perolehan hasil uji determinasi menyatakan variabel atmosfer toko, harga, dan kualitas produk mampu mempengaruhi sebesar 68,3% variasi keputusan pembelian konsumen, dan sisanya sebesar 31,7% dijelaskan variabel luar selain yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini memberikan tiga faktor yang menggerakan pada keputusan pembelian konsumen pada produk Hot Side Story dari PT Modular Kuliner Indonesia. Sehingga, perusahaan masih perlu terus mengevaluasi suasana toko, harga yang kompetitif dan meningkatkan kualitas produk untuk mendorong keputusan pembelian konsumen.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari., M. E. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif (Issue May).

Aditia, M., & Heriyanto, M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen. E-Co-Buss, 6, 1289–1299. https://doi.org/2622-4305

Aditya, G., Hesti, R., Kusmanto, & Rubiyati. (2019). Jurnal Bingkai Ekonomi. Jurnal Bingkai Ekonomi, 7, 1–15. http://www.itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33 e-Mail: [email protected]%0APengaruh

Agustina Rennie, Hinggo Tachta Hichmaed, & Zaki Hammam. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 1–11.

Astuti, R., Ardila, I., Rahman Lubis, R., Ekonomi dan Bisnis, F., & Muhammadiyah Sumatera Utara Jl Kapten Muktar Basri No, U. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes (Vol. 2, Issue 2).

Bappenas, K. P. (2023). PERKEMBANGAN EKONOMI INDONESIA DAN DUNIA.

Elliyana, E. dkk. (2022). Dasar-dasar Pemasaran ELA ELLIYANA LIDIANA TRI SIWI AGUSTINA YENI SEDYONINGSIH HABIBIE KADIR ABDUROHIM BAYU IMANUDDIN E. ELIA ARDYAN YULIANI LILI MARLINAH H. MOHDARI H. GAZALI FEBRISI DWITA SISWATI RACHMAN NIA KURNIATI BACHTIAR Penerbit: AHLIMEDIA PRESS (Vol. 1). www.ahlimediapress.com

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 26 Ed 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

GPR. (2023). Kontribusi Industri Makanan dan Minuman Tembus 37,77 Persen. https://www.kominfo.go.id/content/detail/48088/siap-tampil-di-hm-2023-industri-mamin-akan-pamerkan-teknologi-industri-40/0/artikel_gpr

Harjadi, D., & Arraniri, I. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan.

Hertina, D., & Wulandari, D. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Indrasari, M. (2019a). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press. https://books.google.co.id/books?id=PYfCDwAAQBAJ

Indrasari, M. (2019b). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.pdf.

Islamiah, F., Harmayanto, H., & Jayanti, R. D. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Merek Teh Pucuk Harum Pada Toko Dhea Sembako Di Tanah Grogot. Gajah Putih Journal of Economics Review, 1(1), 001–008. https://doi.org/10.55542/gpjer.v1i1.376

Janah, D., Muslihudin, M., Nurhuda, A., & Nurdiyanto, N. (2023). the Influence of Product Quality, Price, and Store Atmosphere on Consumer Purchasing Decisions. Jurnal Ekonomi LLDIKTI Wilayah 1 (JUKET), 3(2), 68–78. https://doi.org/10.54076/juket.v3i2.402

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2019). Principles of Marketing. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=neksEAAAQBAJ

Krisna, I. P. G. H., Suartina, I. W., & Abiyoga, N. L. A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk,dan Harga Terhadap Keputusan PembelianPada Art ShopSurya Silver. Jurnal Managemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 593–599.

Kurniawan, P., Ali Jufri, Santika Gumilang, & Tedi Kustandi. (2022). Purchase Decision: the Role of Store Atmosphere and Product Quality. Dinasti International Journal of Management Science, 3(6), 1096–1105. https://doi.org/10.31933/dijms.v3i6.1309

Mantara, M. A., Telagawathi, N. L. W. S. T., & Yulianthini, N. N. (2022). Faktor-Faktor Yang Menentukan Keputusan Pembelian Secara Online Di Bukalapak Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha. JEMBA : Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Bisnis, Akuntansi, 2(1), 18–28. https://doi.org/10.52300/jemba.v2i1.3529

Pratiwi, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2450–2466. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2338

Rihayana, I., Salain, P., Rismawan, P., & Antari, N. (2021). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASE DECISION. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(06), 342–350. https://doi.org/10.35409/IJBMER.2021.3345

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); 1st ed.). CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D / Sugiyono. Bandung: Alfabeta.

Yuliacipta, A., Dwi Warsitasari, W., Syariah, M. B., Ekonomi, F., Islam, B., Islam, U., Sayyid, N., & Tulungagung, A. R. (2023). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk, Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Ruang Luang Coffee Trenggalek. 4(2).