APLIKASI BARONG (JUAL BELI BARANG RONGSOK) UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN DAN PENDAPATAN

research
  • 07 Oct
  • 2024

APLIKASI BARONG (JUAL BELI BARANG RONGSOK) UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN DAN PENDAPATAN

Peningkatan akumulasi limbah yang dapat didaur ulang di rumah tangga menimbulkan tantangan baik dari sisi lingkungan maupun ekonomi. Untuk mengatasi masalah ini, aplikasi "Barong" dikembangkan guna meningkatkan aksesibilitas pengepul rongsok terhadap masyarakat, memungkinkan transaksi jual beli barang rongsok dilakukan dengan lebih mudah dan efisien. Aplikasi ini menyediakan platform ramah pengguna bagi masyarakat untuk menjual barang rongsok yang menumpuk, sekaligus memberikan pengepul jangkauan yang lebih luas dan potensi peningkatan pendapatan. Sistem ini dikembangkan menggunakan metodologi Waterfall, yang memastikan proses pengembangan yang terstruktur dan sistematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui observasi, wawancara, dan studi literatur untuk mengumpulkan data dan memvalidasi efektivitas sistem. Fitur unggulan yang disediakan oleh aplikasi "Barong" meliputi tracking map untuk memantau lokasi pengepul secara real-time, chat real-time antara pengguna dan pengepul, push notifikasi untuk memudahkan komunikasi transaksi, serta perhitungan otomatis yang memudahkan proses penentuan harga dan volume barang rongsok. Dengan fitur-fitur tersebut, aplikasi ini bertujuan untuk memperlancar transaksi dan meningkatkan kenyamanan pengguna. "Barong" tidak hanya membantu mengurangi pencemaran lingkungan akibat pembuangan limbah, tetapi juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Aplikasi ini diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan industri pengepul rongsok dengan meningkatkan akses dan menyediakan solusi yang lebih berkelanjutan dalam pengelolaan limbah

Unduhan

  • TA_12210939.pdf

    APLIKASI BARONG (JUAL BELI BARANG RONGSOK) UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN DAN PENDAPATAN

    •   diunduh 13x | Ukuran 6,498 KB

 

REFERENSI

Arianti, T., Fa’izi, A., Adam, S., & Wulandari, M. (2022). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language). Jurnal Ilmiah Komputer Terapan Dan Informasi, 1(1), 19–25.

Harimurti, S. M., Rahayu, E. D., Yuriandala, Y., Koeswandana, N. A., Sugiyanto, R. A. L., Perdana, M. P. G. P., Sari, A. W., Putri, N. A., Putri, L. T., & Sari, C. G.(2020). Pengolahan Sampah Anorganik: Pengabdian Masyarakat Mahasiswa pada Era Tatanan Kehidupan Baru. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 565–572. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.883

Helda, N., & Suryadi. (2023). Koneksi Tanpa Batas: Membangun Portfolio WebInteraktif dengan Vue, Nuxt, Dan API. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), Article 1.https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12892

Herlina, H. (2022). PERAN DAN STRATEGI USAHA PENAMPUNGAN BARANG BEKAS KELILING TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PENGEPUL DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Desa Bonde). Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1), Article 1.

Ismanto, B., & Amalia, N. (2024). Analisis Pemanfaatan Aplikasi E-Rongsok Berbasis Android menggunakan Fitur Lokasi Terdekat dan Notifikasi Realtime dalam Proses Jual Beli Rongsokan. Journal of Information System Research (JOSH), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.47065/josh.v5i2.4502

Kesuma, C., & Kholifah, D. N. (2019). SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA LKP REJEKI CILACAP. EVOLUSI : Jurnal Sains dan Manajemen, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31294/evolusi.v7i1.5026

Kristina, H. J., Kosasih, W., & Salomon, L. L. (2020). MODEL SOSIAL BISNIS PAGUYUBANPENGEPUL SAMPAH MANDIRI TANGERANG SELATAN DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI PARTISIPASI. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v8i3.6694

Oktavianto, R. N., Jalil2, A., Amsyah3, A., Julianto, B. D., Ramdhani, D. S., Saputra, E. P., Kurnianto, E., Subhan, F., Ardiansyah, M. V., & Oktavianto10, R. N. (2022). PENGENALAN SERTA PELATIHAN BAHASA DASAR PEMOGRAMAN WEB (HTML DAN CSS) KEPADA KARANG TARUNA KEL.KEDAUNG KALIANGKE, CENGKARENG, JAKBAR: PENGENALAN SERTA PELATIHAN BAHASA DASAR PEMOGRAMAN WEB (HTML DAN CSS) KEPADA KARANG TARUNA KEL.KEDAUNG KALIANGKE, CENGKARENG, JAKBAR. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01), Article 01.

Pengembangan Dan Implementasi Frontend Dan Backend Website Perpustakaan Di SMA Maitreyawira Batam Menggunakan Model Addie | National Conference for Community Service Project (NaCosPro). (2022). https://ojs.digitalartisan.co.id/index.php/nacospro/article/view/7076

Prasetiyo, S. M., Nugroho, M. I. P., Putri, R. L., & Fauzi, O. (2022). Pembahasan Mengenai Front-End Web Developer dalam Ruang Lingkup Web

Pratama, N. F., LuqmanulHakim, H., Nugroho, D. S., Putra, A. A., Saputra, B. A., & Alit, R. (2024). Inovasi Pembaruan Desain Website Penyederhana Link Unesa Menggunakan Typescript Dan Node.js. TEKTONIK : Jurnal Ilmu Teknik, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62017/tektonik.v1i2.202

Prayitno, A., Hariyanto, E., & Suheri. (2023). Perancangan Aplikasi Pengelolaan Keuangan Menggunakan Metode Progressive Web Apps (Studi Kasus: SDIT Zahra Asy Syifa Patumbak Deli Serdang). Bulletin of Information Technology (BIT), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47065/bit.v4i1.452

Pricillia, T., & Zulfachmi. (2021). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD). Jurnal Bangkit Indonesia, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v10i1.153

Pulungan, S. M., Febrianti, R., Lestari, T., Gurning, N., & Fitriana, N. (2023). Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram Dalam Perancangan Database. Jurnal Ekonomi Manajemen
Dan Bisnis (JEMB), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47233/jemb.v1i2.533

Ramadhan, A., Hamdi, M. N., Madina, M., & Samsoni. (2023). SISTEM INFORMASI ABSENSI DAN PENGGAJIAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE BERBASIS WEB. Jubitek: JURNAL BIG DATA DAN TEKNOLOGI INFORMASI, 1(3), Article 3.

Rizky, R. M., & Santoso, N. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Katering (Studi Kasus: Catering Jasmine Koperasi Wanita Patra Kota Dumai). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(6), Article6.

Romero, A. V., Kusnadi, K., & Fahrudin, R. (2023). MEMBANGUN
MARKETPLACE UNTUK PENJUALAN PRODUK KREATIF MAHASISWA BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE FDD. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(6), Article 6.
https://doi.org/10.36040/jati.v7i6.7278

Supardiyono, D., Windasari, I. P., & Eridani, D. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Barang Bagi Pengepul Rongsok Berbasis Web Menggunakan Kerangka Kerja CodeIgniter. Jurnal Teknik Komputer, 1(3), Article 3.

Syahputri, K., & Nasution, M. I. P. (2023). Peran Database Dalam Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 1(2), Article 2.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi.

Yuwamahendra, K. A. (2021). Sistem Informasi Pemanggil Pengepul Berbasis Mobile (Go-sok) [Thesis, Universitas Islam Indonesia].
https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/45603