Fernando Filipus (51220072), Studi Menu Alacarte Dengan Metode Menu Engineering di Hotel Sheraton Grand Jakarta
Menu yang memiliki tingkat popularitas dan profitabilitas merupakan menu yang baik bagi pihak manajemen. Untuk menentukan menu yang memiliki tingakat popularitas dan profitabilitas yang tinggi dapat menggunakan metode menu engineering. Menu engineering adalah serangkaian kegiatan yang dapat dilakukan pihak manajemen restoran untuk mengevaluasi harga, desain, dan komposisi menu. Menu engineering bertujuan untuk meningkatkan popularitas dan profitabilitas pada Hotel Sheraton Grand Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat popularitas dan profitabiltas pada menu yaitu kualitas makanan, harga, promosi, kualitas layanan, dan lokasi. Menurut history of sales di Anigre Restaurant dapat dilakukan evaluasi untuk menentukan strategi yang dapat dllakukan. Hasil dari analisis menu engineering di Anigre Restaurant pada Hotel Sheraton Grand Jakarta terdapat 8 kategori star, 11 kategori plowhorse, 12 kategori puzzle, dan 10 kategori dog. Strategi yang dapat dilakukan seperti mempertahankan menu pada kategori star, melakukan pengawasan food cost pada menu kategori plowhorse, melakukan promosi dengan menunjukkan keunikan yang terdapat di makanan pada menu kategori puzzle dan mengganti menu dengan menu baru pada kategori dog.
Kata Kunci : Menu Engineering, Menu, Restoran
Tugas Akhir
Andina, S. A., & Aliyah, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Dalam Mengunjungi Wisata Budaya Candi Borobudur. 22(3), 27–38.
Atun,Ani,Fathurrahman,Wisnu. (2021). Pengendalian Biaya Untuk Hotel dan Restoran. expert.
Aulia Firmansyah, & Yana Destira. (2023). Usaha Food and Beverage Product Dalam Meningkatkan Penggunaan Bahan Baku Secara Efisien : Studi Kasus Pada Hotel Prima In Yogyakarta. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(5), 410–426. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i5.1750
Dania, Y. (2011). Menu Engineering Sebagai Langkah Penetapan Produk Makanan Di Restoran Onang-Onang Pada Inna Parapat Hotel. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 235–236. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).
Hasan, H. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada STMIK Tidore Mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer), 2(1), 23–29. http://ejournal.stmik-tm.ac.id/index.php/jurasik/article/view/32
Hernowo, A., & Hernowo, A. (n.d.). REKAYASA MENU DI KATUMIRI COFFEE SHOP THE TRAVELHOTEL CIPAGANTI BANDUNG.
Kadek, I., Jaya, S. A., Lukitasari, R., Luh, D., & Damayanti, S. (2022). Strategi Meningkatkan Penjualan Makanan Melalui Analisis Menu Engineering Di Dome Garden Cafe. 5(2), 53–63.
Kotschevar, Lendal H., & Withrow, D. (2007). Study Guide to Accompany Management by Menu. John Wiley & Sons.
Kurniawati, a, & Hennigusnia, H. (2019). Implementasi Kebijakan Pengupahan Di Industri Perhotelan. Jurnal Ketenagakerjaan, 14(2), 126–137. http://journals.kemnaker.go.id/index.php/naker/article/view/60
Kusumastuti, Adhi ; Khoiron, M. A. (2019). Metode Penlitian Kualitatif. Metode Penelitian Kualitatif, 4(1), 161.
Lianawati, R. (2024). Dampak Hospitality Terhadap Kepuasan. 2(1), 76–84.
Prasetyo., & Widyaningsih. (2018). Manajemen dan Bisnis Perhotelan. explore.
Pujaastwa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. 1–11.
Putu, B., Nirmala, W., Agung, P., & Sari, P. (2023). Perancangan Sistem Informasi Reservasi Berbasis Website Pada Hotel di Nusa Penida. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 9(3), 356–365.
Saputra, I. G. N. A. O., Amir, F. L., & Suwintari, I. G. A. E. (2023). Analisis Menu A’la Carte di Mase Uma Kitchen & Bar Umalas Seminyak Bali. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(3), 661–671. https://doi.org/10.22334/paris.v2i3.348
Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Peneltian. Literasi Media Publishing.
Solihin, Damayanti, I. A. K. W., & Suardani, M. (2021). Pengantar Hotel dan Restoran. Pengantar Hotel Dan Restoran, 1–109.
Suarthana, P. H. J., Osin, F. R., & Anggayana, A. W. I. (2020). Analisis Menu Serta Kaitannya Dengan Strategi Bauran Pemasaran Pada Loloan Restaurant Kuta-Bali. Jurnal Manjemen Pelayanan Hotel, 4(1), 12–18. https://mapindo.ejurnal.info/index.php/manajemen_pelayanan_hotel/article/view/66
Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. ALFABETA.
Sutaguna, I. N. T. (2017). Analisis Menu Dalam Menentukan Bauran Pemasaran Pada Mawar Restaurant Di Puri Sharon Resort Seminyak Kuta Bali. 1–106.