Fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa meskipun pertumbuhan jumlah pelanggan terus meningkat, hal ini tidak selalu diiringi dengan peningkatan kepuasan pelanggan. Beberapa keluhan terkait kualitas pelayanan dan manfaat yang dirasakan menunjukkan adanya celah dalam menjaga kualitas layanan yang optimal. Meskipun promosi yang dilakukan berhasil menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan, masalah muncul ketika pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan harapan, yang pada akhirnya menurunkan loyalitas pelanggan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara parsial dan simultan terhadap penjualan Diusaha dagang Terapi Sehat Alami Ala Cipanas Kota Bekasi secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Penjualan berdasarkan hasil uji t diperoleh 2.046 >1.991 dengan nilai signifikansi 0.044> 0.05 yang berarti bahwa H0 diterima dan Ha ditolak., kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan berdasarkan hasil uji t diperoleh 6.577 > 1.991 dengan nilai signifikansi 0.000 > 0.05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dan secara simultan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan Terapi Sehat Alami Ala Cipanas Kota Bekasi berdasarkan uji f diperoleh 39.351 > 3.12 sebagai f hitung dan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05.
64200590_Alisah Hasna Azizah
Anser, M. K., Yousaf, Z., Usman, M., & Younis, S. (2021). Exploring the effects of e-service quality and e-trust on consumers' e-satisfaction and e-loyalty: Insights from online shoppers in Pakistan. Journal of Retailing and Consumer Services, 61, 102513. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102513
Apriansyah. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi terhadap Peningkatan volume penjualan. Manajemen Dan Bisnis, 7(02), 37–45.
Bagi, P., Amelia, P., Sari, K., & Hermawan, S. (2022). 3) 1,2,3. 2(11), 3557–3566.
Chriswardana. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta). Perspektif, 16(Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta)), 1–6.
Diniyah, N. S. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI KLINIK TRIAS MEDIKA Study Kasus klinik Trias Medika. Jurnal Kewirausahaan Bukit …, 21–44.
Fransiskho, G., Goh, T. S., & Julitawaty, W. (2021). Pengaruh kepuasan konsumen dan diskon terhadap volume penjualan pt. atmindo tbk tanjung morawa. Jurnal Bisnis Kolega, 7(2), 20–29.
Frieldren, G., & Megawati. (2024). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon Kecantikan Ali Tattoo Sulam Di Palembang. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 5(2), 176–186.
Gomez, M., McLaughlin, E., & Wittink, D. (2023). Customer satisfaction and retail sales performance: An empirical investigation. Journal of Retailing, 99(3), 265-278. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2023.10.003
Gusrizaldi, R., & Komalasari, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Valuta, 2(2), 286–303.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2023). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). Sage Publications.
Handayani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Strategi Produk Terhadap Tingkat Penjualan. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(1), 73. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i1.313
Martinus Hia, A., Hapzi Ali, & Fransiskus Dwikotjo Sri Sumartyo. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan: Analisis Kualitas Pelayanan, Inovasi Produk dan Kepuasan Konsumen (Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 368–379. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.48
Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7–8.
S.Kom, Ridwan Iskandar, pengertian penjualan). (1991). Pengertian Penjualan. Skripsi Pengertian Penjualan, XVI(1), 40.
Sibarani, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Prosiding, 3(4), 10–17. https://doi.org/10.59134/prosidng.v3i.288
Soesana, A., Subakti, H., Salamun, S., Tasrim, I. W., Karwanto, K., Falani, I., Bukidz, D. P., & Pasaribu, A. N. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Supiyani, R., & Afridola, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science, 11(01), 19–31. https://doi.org/10.52657/jiem.v11i01.1192
Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS