Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk
dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pabrik Kertas Noree Indonesia secara parsial dan
simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah marketing PT. Pabrik Kertas Noree Indonesia. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah 62 responden. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji
Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Pengolahan data dalam penelitian
ini menggunakan program software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara
parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar sebesar
0,000 < 0,05 dan dengan hasil perhitungan koefisien determinasi parsial dengan R Square sebesar 0,508.
Kemudian harga berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,032 < 0,05 dan dengan hasil perhitungan
koefisien determinasi parsial dengan R Square sebesar 0,354. Kemudian secara simultan kualitas produk
dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,000 < 0,05 dan
berdasarkan uji koefisien determinasi (R Square) secara simultan menunjukkan bahwa variabel
kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan harga sebesar 54,5% terhadap
kepuasan pelanggan.
Jurnal_Inna Khoirin Hamdiyah_64200567
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan
Konsumen. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.
Https://Doi.Org/10.37366/Ekomabis.V1i01.2
Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. Jurnal
Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14.
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap
Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.
Sujarweni. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan
Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen,
5(1), 67. Https://Doi.Org/10.33603/Jibm.V5i1.4929