SKRIPSI 2024

research
  • 01 Oct
  • 2024

SKRIPSI 2024

Aplikasi TIX.ID merupakan Aplikasi Tiket Bioskop Online yang dirilis pada tanggal 21 Maret 2018, kemunculan Aplikasi ini memang masih sangat baru namun TIX.ID sangat inovatif dalam strategi komunikasi pemasaran nya. berdasarkan feedback dari para pengguna yang ada di Play Store dan App Store banyak pengguna yang belum merasa puas terhadap aplikasi TIX.ID. Penelitian ini di harapkan dapat mengetahui tingkat Kepuasan Pengguna terhadap Aplikasi TIX.ID, dalam penelitian ini dilakukan  pengukuran kepuasan pengguna dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS), Metode EUCS mempunyai 5 Variabel yaitu Content (isi),  Accuracy (keakuratan),  Format (Tampilan),  Ease Of Use (kemudahan pengguna) dan  Timelines (ketepatan). Untuk Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data hasil Penyebaran kuesioner yang memperoleh 387 Responden, Data yang sudah di peroleh akan dilakukan Analisis Statistik menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan nilai sig pada variabel isi (0,002), keakuratan (0,010), tampilan(0,001) dan kemudahan pengguna(0,000) yang dimana nilai sig nya kurang dari 0,05 yang artinya variabel tersebut berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sedangkan pada variabel keteratan waktu nilai sig yang di dapat 0,274 dimana lebih besar dari 0,05 maka pada varibael ketepatan waktu tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.

 

Kata kunci: TIX.ID, Metode EUCS dan Kepuasan

Unduhan

 

REFERENSI

Adha Oktarini Saputri, N. (2020). Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna pada Portal Program Studi Sistem Informasi Bina Darma Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1). http://journal-isi.org/index.php/isi

Amalia, N., Saut, J., Hapsoro, W., Widya, S., Pekalongan, P., Patriot, J., 25 Pekalongan, N., & Tengah, J. (2021). Analisa Pengaruh Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode EUCS (End User Computing Statisfaction). XVI(1). http://ejournal.stmik-wp.ac.id

Dwike Ayu Rinjani, A., Rahman Prehanto, D., Surabaya, N., Lidah Wetan, J., Wetan, L., & Lakarsantri, K. (n.d.). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BIBIT REKSADANA MENGGUNAKAN METODE EUCS DAN IPA.

Fajri Dwi Latifatul. (2022, June 28). Kuesioner Adalah Metode Pengumpulan Data, Berikut Jenis dan Contohnya. Katadata.Co.Id .

Kristi, R. A., Alifian, M. Z., Lailatul, S., Nisak, Z., Abidah, S., & Dewi, K. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (SITASI) 2022 USER EXPERIENCE ANALYSIS OF TIX.ID APPLICATION USING HEART FRAMEWORK. http://sitasi.upnjatim.ac.id/|103

Lukman Pondaag, A., Rifai Katili, M., & Zakaria, A. (2023). EVALUASI PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI UNIVERSITAS GORONTALO. 3(2).

Lwanga, S. K., & Lemeshow, S. (n.d.). Sample size determination in health studies : a practical manual.

Nasriah Husnun. (2023). Fungsi SPSS untuk Penelitian, Begini Ulasan Sederhananya. Ebizmark.Id.

Noor, A., & Hadisaputro, E. L. (2022). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), 672–677. https://doi.org/10.47065/josh.v3i4.1881

Purwandani, I. (n.d.-a). Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS dan Model Delone and McLean.

Purwandani, I. (n.d.-b). Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS dan Model Delone and McLean.

Pusparisa, Y. D. R. (2024, February 6). Industri Film Indonesia Akan Makin Atraktif pada 2024. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2024/02/06/triliunan-rupiah-prediksi-perputaran-ekonomi-industri-perfilman-indonesia-pascapandemi

Ramadhayanti, F. N., Mulyadi, & Rasywir, E. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(1), 143–151. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.792

Rifa’i Khamdan, S. E. , M. S. (2023). KEPUASAN KONSUMEN (S. IP. , M. A. M Hamdi HS, Ed.; cetakan 1). UIN KHAS Press.

Riyanto Slamet, & Hatmawan Aglis Andita. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Ayu Ghofur Dyah, Ed.). Deepublish Publisher.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; kedua). ALFABETA,cv.

Suryabrata Sumadi. (2021). Metodelogi Penelitian (2nd ed.). PT. RajaGrafindo Persada.

TIX.ID. (2024). BEHIND TIX EVENTS.

Yana, E., Yunika Hardiyanti, D., Rifai, A., Sistem Informasi, P., Ilmu Komputer, F., Sriwijaya, U., & Komputerisasi Akuntansi, P. (2023). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI DANA MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 7(2), 265–275.

Yazid, M. A., Hadi Wijoyo, S., & Rokhmawati, R. I. (2019). Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analysis) (Vol. 3, Issue 9). http://j-ptiik.ub.ac.id

Yusra, Y. (2022, June 14). Bertahan di Tengah Pandemi, TIX ID Kembali dengan Produktivitas yang Semakin Baik. Dailysocial.Id.