Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pesan tentang mencintai diri sendiri yang terkandung dalam lirik dan visual musik dari lagu BTS “Answer: Love Myself”. Tiga tingkat makna (denotatif, konotatif, dan mitologis) adalah fokus analisis semiotika Roland Barthes. Data dikumpulkan dari lirik lagu, video musik, serta interpretasi dari para anggota BTS dalam wawancara terkait. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa lagu ini mengandung pesan kuat tentang pentingnya self-love dan self-acceptance dalam menghadapi tantangan hidup, serta bagaimana pesan tersebut disampaikan melalui simbol-simbol visuaisasi dan naratif dalam produksi musik. Analisis ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana BTS menggunakan medium mereka untuk menyampaikan pesan positif kepada pendengarnya, terutama generasi muda yang sering kali mengalami tekanan sosial dan ekspektasi yang tinggi dalam kehidupan modern saat ini.
Skripsi Indah Khairinnisa
(Fitri & Kusuma, 2021)
(sakinah, 2020)
(Muhbid, 2004)
(Miftahurrezki & Anshori, 2021)
(Lincoln&Guba, 1985)
(Puspita, 2023)
(Kurniawati, 2017)
(Qadaruddin, 2013)
Fitri, A. B. N., & Kusuma, A. (2021). Girl crush dalam budaya pop korea: Analisis semiotika mv dalla dalla dan wannabe dari itzy. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 204–217. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/view/1455
Kurniawati, P. (2017). EKSPRESI FANATISME ARMY PENGGEMAR BTS (PEREMPUAN) DI INDONESIA DALAM INSTAGRAM. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.
Lincoln&Guba. (1985). Kepemimpinan kepala Madrasah dan manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah aliyah, Studi multi situs pada Madrasah Aliyah Wali Songo dan Madrasah Aliyah Daarul Khair kotabumi lampung utara. Repository.Radenintan.Ac.Id, 119. http://repository.radenintan.ac.id/4250/5/disetasi perbaikan Muhammad M Ali BAB III.pdf
Miftahurrezki, M., & Anshori, M. S. (2021). Analisis Makna Pesan Motivasi dalam Lirik Lagu Kpop Bts Answer: Love Myself. KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 3(1), 69–81. https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v3i1.1061
Muhbid. (2004). Daftar Pustaka Daftar Pustaka. Pemikiran Islam Di Malaysia: Sejarah Dan Aliran, 20(5), 40–43. https://books.google.co.id/books?id=D9_YDwAAQBAJ&pg=PA369&lpg=PA369&dq=Prawirohardjo,+Sarwono.+2010.+Buku+Acuan+Nasional+Pelayanan+Kesehatan++Maternal+dan+Neonatal.+Jakarta+:+PT+Bina+Pustaka+Sarwono+Prawirohardjo.&source=bl&ots=riWNmMFyEq&sig=ACfU3U0HyN3I
Puspita, D. A. (2023). SIMBOL METAFORA DALAM LIRIK LAGU BTS PADA ALBUM BTS, THE BEST (Kajian Semiotik). Jhp17, 8(1), 20–25. https://doi.org/10.30996/jhp17.v8i1.8255
Qadaruddin, M. (2013). Teori komunikasi media massa. Teori Komunikasi Media Massa, 1996, 1. http://repository.iainpare.ac.id/1170/1/TEORI KOMUNIKASI MEDIA MASSA .pdf
sakinah, bunga. (2020). Perilaku Agresi Online Terhadap Selebriti K-Pop Ditinjau Dari Moral Disengagement Dan Perceived Anonymity Pada Penggemar Musik Kpop Di Indonesia. 1–18. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98734
https://id.wikipedia.org/wiki/BTS
https://lirik.kapanlagi.com/artis/bts/answer-love-myself/#div-gpt-ad-kapanlagi-skinad-oop