Pengaruh Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Waskita Wedding Organizer

research
  • 29 Sep
  • 2024

Pengaruh Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Waskita Wedding Organizer

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan Jasa dan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Waskita Wedding Organizer. Penelitian ini adalah Konsumen dan jumlah sampel yang didapat sebanyak 51 responden. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode observasi dan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji instrument, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan penggunakan SPSS 25. Tidak terdapat pengaruh signifikan antara Pelayanan Jasa (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Waskita Wedding Organizer. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai t hitung 1,904 < t tabel 2,010 dengan tingkat signifikansi 0,063 > 0,05, yang menunjukkan bahwa pelayanan jasa (X1) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen (Y).Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara produk (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Waskita Wedding Organizer. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai t hitung 2,921 > t tabel 2,010 dengan tingkat signifikansi 0,005 < 0,05, yang menunjukkan bahwa produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen (Y). Secara simultan, terdapat pengaruh signifikan antara pelayanan jasa (X1) dan produk (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Waskita Wedding Organizer. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai F hitung 6,406 > F tabel 3,19 dengan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05, yang menunjukkan bahwa secara bersama-sama, pelayanan jasa (X1) dan produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). pelayanan jasa dan produk secara parsial mampu menjelaskan 21,1% variasi pada kepuasan konsumen, sedangkan secara simultan mampu menjelaskan 17,8% variasi pada kepuasan konsumen.

Unduhan

 

REFERENSI

Anisa Fitri, Q., Studi Sistem Informasi, P., & Studi Ilmu Komputer, P. (n.d.). SISTEM INFORMASI WEDDING PADA ANITA WEDDING ORGANIZER BERBASIS WEB.

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.

Bansaleng, J. M., Sepang, J. L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu Xl Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3).

Dan, K. (n.d.). METODE PENELITIAN KUANTITATIF.

Dhita Tresiya; Djunaidi; Heri Subagyo 2018. (n.d.).

Haryoko, U. B., Pasaribu, V. L. D., & Ardiyansyah, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1).

Herce, M., & Roni, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6268–6276.

Ikhsan Syukri Amri, A. (2023). PEMBERIAN KUALITAS PELAYANAN JASA DAN PENETAPAN HARGA YANG DILAKUKAN PT. ROMI TOUR AND TRAVEL DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu, 12(01).

Sahroma, K. S. P., & Anasrulloh, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(2), 57–62.

Satrya Pratama, C., & Nyoman Yulianthini, N. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI AIR KEMASAN MEREK YEH BULELENG DI KOTA SINGARAJA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2).

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114–126.