Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Tenaga Teknis Badan Peradilan Umum

research
  • 27 Sep
  • 2024

Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Tenaga Teknis Badan Peradilan Umum

Hendar Diki Saputro (64200443), Pengaruh Beban Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum.

Hasil survei yang dilakukan oleh kurios dari katadata Insight Center (KIC) menyatakan beban kerja yang melewati batas salah satu factor pegawai tidak bahagia.Populasi dalam penelitian adalah pegawai didalam instansi terkait. Keseluruhan populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel dikarenakan menggunakan sampel jenuh dimana total sampe sebanyak 45. Dalam melakukan uji asumsi klasik disini peneliti menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan secara parsial beban kerja X1 tidak memliki pengaruh terhadap kinerja Ho diterima dan Ha ditolak ( tidak berpengaruh), sedangkan stres kerja X2 secara parsial memiliki pengaruh secara negatif dengan hasil -3,417<-1,682, dan nilai sig

,001<0,05 Maka H0 ditolak dan Ha diterima (berpengaruh). Disisi lain beban kerja dan stres kerja secara simultan atau bersamaan berpengaruh terhadap kinerja pegawai dengan hasil uji F yang didapat sebesar F hitung 5,928 > 3,220 dan diiringi dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05.

Kata Kunci : Beban Kerja, Stres Kerja, Kinerja Pegawai

 

Unduhan

 

REFERENSI

Abdullah, P. M. (2015). Living in the world that is fit for habitation : CCI’s ecumenical and religious relationships. In Aswaja Pressindo.

Ahdiat, A. (2023). Skor Daya Saing SDM Indonesia menurut IMD World Talent Ranking (2019-2023). Institute for Management Development (IMD). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/26/ini-perkembangan-daya- saing-sdm-indonesia-5-tahun-terakhir

 

Ahmad, Y., Tewal, B., Taroreh, R. N., Ekonomi, F., Manajemen, J., & Ratulangi, U. S. (2019).

PENGARUH STRES KERJA , BEBAN KERJA , DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT . FIF GROUP MANADO THE EFFECT OF WORK STRESS , WORKLOAD , AND WORK ENVIRONMENT ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT . FIF

GROUP MANADO Rivai ( 2008 : 309 ) mendefinisikan. 7(3), 2811–2820.

 

Angriani, M. A. (2019). Melan-Angriani-Asnawi-Buku-Kinerja-Karyawan-Perseroan- Terbatas-Studi-Kasus-Atas-Pengruh-Fasilitas-Kerja-Dan-Karakteristik-Pekerjaan.pdf. CV. ATHRA SAMUDRA.

 

Aniar. (2020). Metode Penelitian. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1. (n.d.). 1– 109.

Dianti, Y. (2017). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Fauzi, A., & dkk. (2022). Metodologi Penelitian. In Suparyanto dan Rosad (2015.

Ghozali. (2019). Analisis Pengaruh current ratio, debt to equity ratio,total asset turn over, dan return on equity terhadap harga saham. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 9(2), 179–198.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., & Fardani, R. A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In Metode Penelitian Kualitatif&Kuantitaif (Vol. 1, Issue 1).

Herrera Villanueva, E. Y. (2020). PENGARUH STRES KERJA, DAN BEBAN KERJA, TERHADAP KINERJA KARYAWAN. 2017(1), 1–9.

http://190.119.145.154/handle/20.500.12773/11756

Issalillah, F., & Wahyuni, S. (2021). Analisis Hubungan Stres Kerja Dan Kinerja Karyawan. In Jurnal Ilmu Manajemen (BION) (Vol. 1, pp. 1–8). https://bion.thejurnals.com/index.php/bion/article/view/1

Kepuasan, P., Dan, K., & Organisasi, K. (2020). Jurnalmuhammadiyah manajemenbisnis.

1(2), 93–102.

 

Kerja, P. S., Kerja, B., & Motivasi, D. A. N. (2022). Ignatius Soni Kurniawan dan Fahmi Al Rizki Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Indonesia Diterima : Abstrak Direvisi :

Disetujui : Kata kunci : Beban kerja , Kinerja Karyawan , Motivasi Kerja , Stres Kerja

 

Abstract Pengaruh Stres Kerja , Beban Kerja Da. 2, 104–110.

Makawimbang, C. J. N., Dotulong, L. O. H., Uhing, Y., Kualitatif, K., & Yang, T. F. (2023).

KINERJA KARYAWAN CV . KHARISMA INDAH LESTARI MOKUPA QUALITATIVE STUDY OF INFLUENCING FACTORS EMPLOYEE PERFORMANCE AT CV . 11(3), 1337–1346.

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan , Motivasi , Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai PENDAHULUAN Semua perusahaan pasti memerlukan manajemen yang berkaitan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan tertentu bagi perusahaan tersebut . Tidak hanya pada sektor swasta , . 2(1), 129–147.

 

Pelayanan, K., Pt, D. I., Putra, J., & Bengkulu, C. (2019). PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJAMEN TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI PT. JASARAHARJA PUTRA CABANG BENGKULU Oleh: 6(1), 42–60.

Prof. Dr. Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF (26th ed.).

ALFABETA, CV.

Rindorindo, R. P., Murni, S., Trang, I., Kerja, P. B., Kerja, S., Kepuasan, D. A. N., Terhadap, K., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2019). KINERJA KARYAWAN HOTEL GRAN PURI THE EFFECT OF WORKLOAD , JOB STRESS AND JOB SATISFACTION ON EMPLOYEE PERFOMANCE AT GRAN PURI HOTEL. 7(4), 5953–5962.

 

Riznanda, W. M. (2023). Hubungan Beban Kerja dengan Stres Kerja pada Karyawan Divisi Produksi PT . X The Relationship between Workload and Work Stress in Production Division Employees of PT . X Abstrak. 10(03), 792–804.

Safitri, H. U. (2020). Hubungan Beban Kerja Dengan Stres Kerja. 8(2), 174–179.

Santika, E. F. (n.d.). Kurang Diakui hingga Beban Kerja Berlebih, Ini Alasan Warga RI Tak Bahagia dengan Pekerjaannya. Kurious. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/09/kurang-diakui-hingga- beban-kerja-berlebih-ini-alasan-warga-ri-tak-bahagia-dengan-pekerjaannya

 

Saputra, S., Studi, P., & Bisnis, D. M. (2019). Jurnal Bisnis dan Pemasaran Volume 9 , Nomor 2 , September 2019 ISSN : 2087-3077 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP

KEPUASAN PELANGGAN DI GRAND SETIABUDI HOTEL & APARTMENT Email :

[email protected] Email : [email protected] Jurna. 9(September), 21–31.

Setiyo Utomo. (2019). Pengaruh Beban Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mega Auto Central Finance Cabang Di Langsa. Parameter, 4(2), 670–678. https://doi.org/10.37751/parameter.v4i2.37

Setyawati, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen.

INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 19(1), 57–63. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI/article/view/12660/2345

Sulistiawan, A., Yuliasesti, E., Sari, D., & Situmorang, N. Z. (2020). Validity and Reliability of Organizational Commitment using Confirmatory Factor Analysis ( CFA ) Validitas dan Reliabilitas Komitmen Organisasi Menggunakan Confirmatory Analisis Faktor ( CFA ). 17(2), 134–144.

 

Suryani, N. K. (2021). Beban kerja dan kinerja sumber daya manusia (Issue July).

 

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian.