Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketersediaan barang dan kualitas
layanan terhadap ulasan pembeli pada platform e-commerce TokoteknoPro. Dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 80
responden yang dipilih menggunakan rumus Slovin. Kuesioner disusun dengan skala
Likert lima poin untuk mengukur persepsi terhadap ketersediaan barang dan kualitas
layanan. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda serta meliputi
uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji T (parsial), dan uji F (simultan). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan barang dan kualitas layanan berpengaruh
signifikan terhadap ulasan pembeli, dengan ketersediaan barang menyumbang 54%
dan kualitas layanan 31% dari variabilitas ulasan. Secara simultan, kedua variabel ini
menjelaskan 85% variabilitas ulasan pembeli, menegaskan pentingnya fokus pada
ketersediaan barang dan kualitas layanan dalam strategi bisnis e-commerce. Temuan
ini memberikan panduan bagi TokoteknoPro untuk meningkatkan reputasi platform
dengan mengoptimalkan ketersediaan barang dan meningkatkan kualitas layanan.
Unduhan
-
Terakhir download 14 May 2025 17:05
Skripsi
-
diunduh 11x |
Ukuran 22,697 KB
-
Terakhir download 15 May 2025 16:05
Turnitin
-
diunduh 11x |
Ukuran 14,302,838
Adam, N., & Soedarmanto, D. (2022). Komunikasi Pengembangan Sumber Daya
Manusia. Media Yayasan Kita Menulis.
Adi, S. D. N., & Nuvriasari, A. (2021). Pengaruh kepercayaan, promosi, dan ulasan
produk terhadap keputusan pembelian produk akomodasi di aplikasi
Traveloka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1), 178–193.
Ardianti, A. N., & Widiartanto. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online
Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 1(1), 1-11.
Cicik, I., & Djamaludin, M. (2018). The Effect Of Service Quality, Price And Trust
To Customer Satisfaction Users Of Transportation Services Online Ojek
(Study on Customers of Gojek in Semarang City). Jurnal of Management, 4(4).
ISSN: 2502-7689
Destiana, N. (2020). 7 Prinsip Dasar Customer Service yang Perlu Kamu Ketahui.
Majoo.id. Retrieved from https://majoo.id/blog/detail/7-prinsip-dasar-
customer-service-yang-perlu-kamu-ketahui.
Fadhlillah, M., & Hidayati, N. (2022). Analisis Pengaruh Ulasan Pelanggan, Citra
Merk, dan Intensitas Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris).
Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–13. Retrieved from
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/36590
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian (Cetakan 1).
Yogyakarta: Penerbit Andi.
Firatmadi, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap
kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Journal of
Business Studies, 2(2), 80–105.
Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi
Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris (2nd ed.).
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Himma, F. (2023). Yuk, Optimalkan Persediaan dengan Buku Stok Barang! Majoo.id.
Retrieved from https://majoo.id/blog/detail/yuk-optimalkan-persediaan-
dengan-buku-stok-barang.
Kumalasari, R. (2022). Definisi, Metode, serta Indikator Kepuasan Pelanggan.
Majoo.id. Retrieved from https://majoo.id/blog/detail/definisi-metode-serta-
indikator-kepuasan-pelanggan.
Latief, F., & Ayustira, R. (2020). Pengaruh Online Customer Review Dan Customer
Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal
Mirai Management, 5(3), 139-154.
Lestari, S., et al. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak (Tax Planning), Kualitas Audit
dan Kepemilikan Institusional Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi,
7(1), 98–111. https://doi.org/10.24964/ja.v7i1.686
Mukarromah, D. (2023). Analisis layanan RF Mobile menggunakan COBIT Domain
Deliver and Support (DS). Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social
and Technology, 1(2), 141–145. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.140
Prasad, R., et al. (2019). Purchase decision of generation Y in an online environment.
Marketing Intelligence and Planning, 37(4), 372–385.
https://doi.org/10.1108/MIP-02-2018-0070
Putra, A., et al. (2019). Perancangan sistem informasi akademik menggunakan bahasa
pemograman PHP dan database MySQL (studi kasus PAUD Terpadu
Bissmillah Kota Bukittinggi). Jurnal Teknologi, 9(1), 26–40.
Riley, J. M., & Klein, R. (2021). How logistics capabilities offered by retailers
influence millennials’ online purchasing attitudes and intentions. Young
Consumers, 22(1), 131-151.
Setiyanto, B. (2019). Perancangan sistem informasi akademik menggunakan bahasa
pemograman PHP dan database MySQL (studi kasus PAUD Terpadu
Bissmillah Kota Bukittinggi). Jurnal Teknologi, 9(1), 26–40.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sukhairi, T. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dalam Meningkatkan Nilai
Tambah Melalui Inovasi Mesin Pengering Ikan dan Pemasaran Secara Online
di Desa Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. AJAD: Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 161–169.
https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.189
Tata, M. (2020). An examination of the role of review valence and review source in
varying consumption contexts on purchase decision. Journal of Retailing and
Consumer Services, 52(December 2018), 101734.
https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.01.003
Teoh, C., et al. (2014). Factors affecting consumers’ perception of electronic payment:
an empirical analysis. Internet Research, 23(4), 465-485.
Wijonarko, R. (2021). Branding & Inovasi: Studi Kasus Teh Sosro. Retrieved from
https://pelakubisnis.com/2018/05/branding-inovasi-studi-kasus-teh-sosro/
Wulandari, S., & Sari, N. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada
Marketplace Shopee). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(1).