Analisis New Media Channel YouTube Edutainment Trans 7 Official Pada Program Acara Si Bolang

research
  • 23 Sep
  • 2024

Analisis New Media Channel YouTube Edutainment Trans 7 Official Pada Program Acara Si Bolang

Penilitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan teori Robert V Kozinets (Netnografi). Untuk mengetahui unsur dan pesan budaya, untuk mengetahui fungsi kualitas media baru seperti YouTube dalam menyampaikan informasi. Peneliti juga menganalisa unsur-unsur budaya pada pada channel YouTube Edutainment Trans 7 yang menampilkan program acara Si Bolang. Analisis ini bertujuan untuk menambah edukasi dan wawasan penonton, terutama anak-anak tentang keunikan budaya yang ada indonesia, dan juga sebagai motivasi supaya generasi bangsa lebih menjaga kelestarian budaya nya sendiri. Peneliti juga mengkonfirmasi apakah informasi tersebut benar dan sesuai dengan fakta yang beredar.

Unduhan

 

REFERENSI

Dewandaru, R., Nurhayati, R., & Nofri, V. S. (2023). Analisis Pendidikan Budaya Dalam Acara Televisi “ Si Bolang ” Pada Episode “ Bolang Dan Perayaan. 225–231.

Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 12–24. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5188

Erlangga, R. A. (2022). iainsalatigaTV: Youtube TV as an Islamic Communication and Broadcasting Students Practicum Facility. Social Science Studies, 2(6), 538–551. https://doi.org/10.47153/sss26.5662022

Indirwan, S. F. (2021). Analisis Isi Pesan Program “ Jangan Baper ” Di Mnc Tv Analysis of the Contents of the “ Do Not Baper ” Program Message on Mnc Tv.

Marliana, D., & Syahputra, M. I. (2024). Etika Komunikasi dalam Penyiaran Konten Selebritis di Program Insert Trans TV di Era Digital. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 29–40. https://doi.org/10.54082/jupin.256

Nuraeni, M., Pratama, M. I. F., & Ananda, R. (2022). Pengaruh Perbedaan Budaya Terhadap Perilaku Komunikasi Mahasiswa. KAMPRET Journal, 1(3), 55–59. https://plus62.isha.or.id/index.php/kampret/article/view/22

Oftaviani, S., & Negoro, N. B. (2022). Tingkat Pengetahuan Agama Penonton Tayangan Buya Yahya Menjawab Pada Channel Youtube Al-Bahjah Tv Di Masa Pandemi Covid-19. Azhar, 9(2), 121–146.

Pransiska, Y., Duku, S., & Pohan, H. A. (2023). Strategi Gatra Sumbagsel Dalam Mempertahankan Eksistensi Media Informasi Di Era New Media. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(2), 421–429. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i2.689

Pratama, R., & Widiastuti, N. (2021). Pemanfaatan Media Streaming Youtube Oleh ARS TV Sebagai Media Informasi. Jurnal Petik, 7(2), 144–153. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i2.1237

Wijaya, E. (2022). Analisis Persepsi Program “Tonight Show Premiere” Di Youtube. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 7(3), 369–380. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i3.1921

 Luik, J. E. (2020). Media Baru: Sebuah Pengantar. Media Baru: Sebuah Pengantar.

Silvia, I., Mustofa, M. B., & Basyori, A. (2021). Proses Komunikasi Interpersonal Dalam Lingkup Perpustakaan Melalui Model Konseling Layanan Pemustaka. Jurnal El-Pustaka, 02(01), 35–43. https://doi.org/10.24042/el-pustaka.v2i1.8769

Steeve, A. J., Tangkudung, J. P., & Lotulung, L. J. (2021). STUDI NETNOGRAFI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. ACTA DIURNA KOMUNIKASI3(4).

Wazis, K. (2022). Komunikasi Massa: Kajian Teoritis dan Empiris. In Jurnal Ilmu Komunikasi. UIN KHAS Press.