Strategi Pemasaran Dalam Menentukan Keputusan Konsumen Untuk Pengajuan Peminjaman Dana Tunai Pada PT. Modalin Dinamika Mandiri

research
  • 23 Sep
  • 2024

Strategi Pemasaran Dalam Menentukan Keputusan Konsumen Untuk Pengajuan Peminjaman Dana Tunai Pada PT. Modalin Dinamika Mandiri

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Modalin Dinamika Mandiri dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengajukan pinjaman dana tunai. Dengan menggunakan analisis SWOT, penelitian ini menganalisis berbagai faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi efektivitas strategi pemasaran perusahaan. Sampel penelitian ini terdiri dari 5 orang yang diwawancarai mengenai SWOT, yang dipilih untuk memberikan wawasan mendalam tentang strategi pemasaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi produk yang ditawarkan memiliki keunggulan yang signifikan, sementara strategi harga sangat berperan dalam meningkatkan pertumbuhan produk perusahaan. Selain itu, strategi tempat dan promosi, termasuk periklanan dan promosi penjualan, menjadi alat penting untuk menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada. Temuan ini menekankan pentingnya pengembangan strategi pemasaran yang komprehensif dan adaptif untuk mendorong keputusan konsumen dalam konteks persaingan yang semakin ketat di industri keuangan. Dengan demikian, PT Modalin Dinamika Mandiri diharapkan terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya untuk mempertahankan daya saingnya di pasar.

Unduhan

 

REFERENSI

 

Agustian, H., & Purwitasari, I. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Pembiayaan Multiguna BESS FINANCE Di Kota Baturaja. 7(2). http://ejurnal.stisipolcandradimuka.ac.id/index.php/JurnalPublisitas/

Alberta, H., & Wijaya, L. S. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Penjualan dan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 2(1), 1.

Andriani, A. D., & Kamaruddin, S. A. (t.t.). PEMASARAN. Dalam Inovasi dan Kreativitas dalam Ekonomi (Vol. 7, Nomor 1).

Anggraini, T., Yoga, M., & Harahap, P. (t.t.). STRATEGI PEMASARAN BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP PADANG BULAN DALAM MEMASARKAN PRODUK PEMBIAYAAN CICILAN KENDARAAN KEPADA NASABAHNYA. https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21511

BUKU REFERENSI STRATEGI PEMASARAN 5.0. (t.t.).

Dr.H.Zuchri Abdussamad, S. I. K. , M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Dalam SE. ,M. S. Dr.Patta Rapanna (Ed.), Metode Penelitian Kualitatif (hlm. 88).

Hidayat, R. (2019). Document Analysis in Qualitative Research: A Comprehensive Approach. Journal of Social Research Documentation.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian (1 ed.). rajawali pers.

Kotler, M., & Armstrong, D. (2019). BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1. Landasan Teori 2.1.1. Pemasaran.

Maulana Arif, H. (t.t.). A022211005_tesis_06-02-2023 bab 1-2.

Mayang, A., Astuti, I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2).

Mukhlasin, A., & Pasaribu, M. H. (2020). ANALISIS SWOT DALAM MEMBUAT KEPUTUSAN DAN MENGAMBIL KEBIJAKAN YANG TEPAT. Dalam Journal Research and Education Studies (Vol. 1, Nomor 1).

Ngurah, G., Wiswasta, A., Ayu, G., Agung, A., & Made Tamba, I. (2018). Analisis SWOT (Kajian Perencanaan Model, Strategi, Dan Pengembangan Usaha). www.unmas.ac.id

Ningsih, D. D. S., & Maika, M. R. (2020). Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 693. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1464

Nuraeni, E., & DNovita, M. (t.t.). STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB Strategi Pemasaran Terintegrasi dalam Pengambilan Keputusan Pengajuan Kredit. https://journal.staidk.ac.id/index.php/manajemenbudaya

Nurjannah, D. (2020). ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), 97–112. https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jps

PerilakuKonsumen. (t.t.).

Rahmat, A. (2021). The Importance of Qualitative Research in Exploring Perspectives. Journal of Qualitative Research Methods.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, R. F., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.364

Teknologi, S.-J., Bangsa, P., & Makmun, M. (2021). SISTEM INFORMASI PINJAMAN DANA TUNAI BERBASIS WEB DENGAN MENGGGUNAKAN DATABASE MySQL. 12(2). www.mysql.com.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 5(1), 2579–9312. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm