Geri Nugroho. 44200248. Komunikasi Interpersonal Barista untuk
meningkatkan penjualan di Sagi Creative Space Grand Wisata Bekasi
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam mebangun kedekatan antara
barista dengan pelanggan sehingga adaptasi antara barista dedngan pelanggan
berjalan dengan kondusif. Peran penting di pegang oleh barista karena barista yang
memegang tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekataj
antara barista dengan pelanggan untuk meningkatkan penjualan. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Social Penetration Theory. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan teknik penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menyatakan bahwa Barista harus memberikan pelayanan terbaik terhadap
pelanggan dengan cara meningkatkat kualitas berkomunikasi dengan baik kepada
pelanggan. Barista harus aktif berkomunikasi ketika mendapatkan pelanggan yang
kurang komunikatif, komunikasi berperan sangat penting dalam proses ini. Karena
dari adanya komunikasi yang aktif akan membangun kedekatan kepada pelanggan
terutama yang memiliki sifat tidak komunikatif. Pelayanan barista terhadap
pelanggan mempengaruhi tingkat kenyamanan pelanggan sehingga dengan itu
pelanggan merasa puas atas pelayan barista sehingga hal tersebut yang
menyebabkan pelanggan akan datang kembali.
Kata Kunci : Barista, Komunikasi interpersonal, Penjuala
Skripsi
Arfiawati, F., & Pasim, U. N. (2019). Universitas Nasional Pasim. 1, 72–77.
Aufa, N. H., & Sidik, A. P. (2021). Pola Komunikasi Barista Dengan Costumer Di
Coffe Shop Coconude Beverages Sweetened Bandung. 186–194.
https://doi.org/10.32897/sobat3.2021.17
Mulyana, deddy. (2001). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosda
Karya.
Mulyana, D. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Ilmu Komunikasi,
Ilmu Sosial Lainnya. Remaja Rosdakarya.
Ranti, K. S. (2020). Analisis komunikasi antar pribadi barista dan konsumen dalam
menciptakan kepuasan (studi pada barista coffee shop piacevole di medan).
Jimsipol, 1(2), 1–85.
Santoso, G. A. (2021). Komunikasi interpersonal Barista dengan konsumHen dalam
pelayanan jasa di Niti Samasta Coffeshop. 1–21.
Sari, N. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Interpersonal Barista Coffee Shop
Space Roastery di Yogyakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Surahman, M. A. D., & Yuningsih, A. (2022). Penerapan Komunikasi Antarpribadi
Barista Contou Coffee Bandung dengan Konsumen dalam Membangun Brand
Value. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2).
https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3434
Wulandari, T. (2013). Memahami Pengembangan Hubungan Antarpribadi Melalui
Teori Penetrasi Sosial. Majalah Ilmiah UNIKOM, 11(1), Wulandari, Tine. 2013.
“Memahami Pengembangan Hubu