Pengukuran kinerja adalah pengawasan berkelanjutan terhadap pencapaian suatu program di PT Alesha Berkah Utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan usulan pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Metode ini dirancang untuk memungkinkan perusahaan mereview secara menyeluruh parameter yang perlu diperbaiki atau disempurnakan. Sebuah strategi manajemen kinerja yang dikenal sebagai Balanced Scorecard menggunakan sistem pengukuran yang dibagi menjadi empat perspektif: keuangan bertujuan meningkatkan pendapatan dengan target 20% dan mengurangi efisiensi biaya waktu pengiriman dengan target 5%, perspektif pelanggan bertujuan market share dengan target 15% dan meningkatkan kepuasan pelanggan menjadi 10%, perspektif proses bisnis internal bertujuan mempercepat waktu pengiriman sebesar 15% dan meningkatkan absensi karyawan sebesar 10%, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan bertujuan mengurangi tingkat turnover karyawan sebesar 10% dan meningkatkan engagement level karyawan sebesar 15%. Metode ini membantu dalam mengukur dan mengelola kinerja perusahaan secara lebih menyeluruh. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data melalui berbagai metode, termasuk survei kepada pelanggan dan karyawan untuk memahami persepsi dan kepuasan mereka terhadap kinerja perusahaan. Selain itu, wawancara dilakukan dengan atasan perusahaan untuk mendapatkan wawasan tentang tantangan yang dihadapi dalam pengukuran kinerja saat ini. Peneliti juga mengadakan forum saran dan masukan dari karyawan untuk mengumpulkan ide-ide dan rekomendasi yang dapat digunakan dalam pengembangan perusahaan dari hasil data yang didapat, dapat disimpulkan hal yang paling disukai dari PT Alesha Berkah utama adalah lingkungan kerja yang baik dan feedback perusahaan yang baik, hal yang dapat ditingkatkan adalah disiplin dan management waktu, adanya dana lemburan. Hasil penelitian ini untuk mengenalkan metode Balanced Scorecard untuk meningkatkan kualitas perusahaan.
Skripsi_Anisa Nur Syifa_Usulan Pengukuran Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard Pada PT. Alesha Berkah Utama
Anggi Mayasari Lubis, Dini Azlina Pane, & Putria Nurjanah. (2022). ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT Toyota Astra Motor). Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 209–228. https://doi.org/10.30640/trending.v1i1.516
Dzahabiyyah, Z., Zunaidah, Z., & Farla, W. (2022). Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Muara Dua Palembang. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 19(1), 69–84. https://doi.org/10.29259/jmbt.v19i1.17006
Eka Putra, A. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Integritas Terhadap Kinerja Perangkat Desa. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 24. https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.314
Fitriani, R., Putri, A. R., Pratama, I. A., & Yaqin, M. A. (2021). Pengukuran Kinerja Manajemen Proyek Menggunakan Balance Scorecard. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 3(3), 285–303. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v3i3.320
Harahap, I., & Dobson, D. (2022). Analisa Kinerja Keuangan Koperasi Dengan Pendekatan Laporan Keuangan Pada Koperasi Budi Luhur Di Ngaglik. Jurnal Dimensi. Jilid 9. Terbitan 1. Halaman 135-162. Jesya, 5(2), 2261–2273. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.766
Kaburu, G., & Nzulwa, J. (2020). International Research Journal Of Business And Strategic Management, 1(1), 37–47.
https://irjp.org/index.php/irjbsm/article/view/6
Kairupan, D. (2021). Kinerja Karyawan (Tinjauan Teori Dan Praktis). In News.Ge (Issue July).
Kuspriyono, T. (2020). Strategi Pemasaran Komunitas Pedagang Berbasis Online Dan Personalisasi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 99–106. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8420
novia, diana. (2021). Kinerja Karyawan www.penerbitwidina.com. mei, 2021.
Oemar, M. S. H., & Windasari, V. (2021). Meningkatkan Produktivitas Team Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Organisasi Dengan Penerapan Penilaian Kinerja Berbasis Balance Scorecard di BUMD Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 112–120. https://doi.org/10.31294/jab.v1i2.677
OKTAVINI, R. W., ANIMAH, A., & MARIADI, Y. (2024). Keberhasilan Usaha Ditinjau Dari Balance Scorecard. Ganec Swara, 18(1), 229. https://doi.org/10.35327/gara.v18i1.754
Oscar, A. W. (2023). Pengukuran Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Di PT. Nusantara Batulicin. Brahmana : Jurnal Penerapan Kecerdasan Buatan, 4(2), 233–238. https://tunasbangsa.ac.id/pkm/index.php/brahmana/article/view/229%0Afiles/5240/Oscar - 2023 - Pengukuran Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Bal.pdf
Satria, K. H. A., Wati, L. N., & Oktavia, O. (2022). Balanced Scorecard Sebagai Sistem Pengukuran Kinerja Strategis Di Pt Hutama Karya Persero. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 12(1), 15–32. https://doi.org/10.37932/j.e.v12i1.507
Setyo Widodo, D., & Yandi, A. (2022). Model Kinerja Karyawan: Kompetensi, Kompensasi dan Motivasi, (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.1
Shabrina, N., Darmadi, D., & Sari, R. (2020). Pengaruh Motivasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Muslim Galeri Indonesia. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(2), 164–173. https://doi.org/10.33753/madani.v3i2.108
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.