SISTEM INFORMASI IMPLEMENTASI DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH BERBASIS WEB PADA PT. RESTU MANDE DI BANDUNG

research
  • 18 Sep
  • 2024

SISTEM INFORMASI IMPLEMENTASI DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH BERBASIS WEB PADA PT. RESTU MANDE DI BANDUNG

ZIDAN ADITYA (19200926), MAULIDIYANA SALSABILA (19200825), SISTEM INFORMASI IMPLEMENTASI DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH BERBASIS WEB PADA PT. RESTU MANDE DI BANDUNG

 

Perkembangan teknologi membuat persaingan industri semakin ketat khususnya pada industri ekonomi digital yang berhubungan dengan kebutuhan hidup seperti penjualan makanan dan minuman. Dalam hal ini pemanfaatan E-Commerce, Marketplace, serta media sosial berperan penting dalam memperebutkan pangsa pasar yang lebih luas. Dalam pembangunan sistem market basket analysis, topik ini menggunakan association rule untuk mencari suatu relasi antara 2 item dalam suatu dataset dengan menggunakan algoritme FP-Growth. Algoritme frequent pattern growth (FP-Growth) merupakan salah satu algoritme alternatif yang umum digunakan pada metode asosiasi dan memiliki tujuan untuk menentukan kumpulan data yang sering muncul (Frequent itemsets). Algoritme frequent pattern growth (FP-Growth) merupakan salah satu algoritme alternatif yang umum digunakan pada metode asosiasi dan memiliki tujuan untuk menentukan kumpulan data yang sering muncul (Frequent itemsets). Pada data transaksi Restu Mande sehingga dapat mengetahui pola penjualan produk yang sering dibeli secara bersamaan serta membantu strategi penjualan khususnya untuk promo bundling Restu Mande. Dalam proses pengujian terhadap 50 total data dengan minimum support 2% dan minimum confidence 7% didapatkan 4 rule dengan nilai pengujian lift ratio diatas 1.

 

KATA KUNCI: Association Rule, FP-Growth, Data mining, Market Basket Analysis

Unduhan

  • 19200825_Maulidiyana Salsabila.pdf

    SISTEM INFORMASI IMPLEMENTASI DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH BERBASIS WEB PADA PT. RESTU MANDE DI BANDUNG

    •   diunduh 13x | Ukuran 4,774 KB
  • Gambar WhatsApp 2024-10-24 pukul 17.20.36_f4ced3e6.jpg

    SISTEM INFORMASI IMPLEMENTASI DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH BERBASIS WEB PADA PT. RESTU MANDE DI BANDUNG

    •   diunduh 50x | Ukuran 66 KB

 

REFERENSI

Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Delima Sikumbang Komputerisasi Akuntansi AMIK BSI Jakarta Jl Fatmawati No & Labu Jakarta Selatan, 2018)

Perancangan sistem informasi inventarisasi aset berbasis web menggunakan metode waterfall (Usnaini dkk., 2021)

KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer) PENERAPAN CLUSTERING PADA PENDUDUK YANG MEMPUNYAI KELssUHAN KESEHATAN DENGAN DATAMINING K-MEANS (Rofiqo dkk., t.t.)

IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN KORAN DENGAN METODE C4.5 (STUDI KASUS : PT. MEDIA MASSA CAHAYA PEMBAHARUAN) (Pramadani dkk., 2018)

ALGORITMA FP-GROWTH DALAM PENEMPATAN LOKASI BARANG DI GUDANG PT. XYZ (Rusdiaman & Setiyono, t.t.)

Jurnal Edik Informatika Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi (Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika dkk., t.t.)

APLIKASI DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENEMUKAN POLA PEMBELIAN DI SWALAYAN SURYA MEDAN (Siregar, t.t.)

Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis untuk Menemukan Pola Pembelian di Toko Metro Utama Balikpapan Application of Data Mining Market Basket Analysis to DeterminePurchase Pattern at Toko Metro Utama Balikpapan (Rahmawati dkk., 2017)

ANALISA DAN IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH DALAM SELEKSI PEMBELIAN TANAH LIAT (STUDI KASUS DI PT. ANVEVE ISMI BERJAYA) (Mulya, 2019)

Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori (Paga Tana dkk., 2018)

PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA SIMULASI PREDIKSI HUJAN WILAYAH KOTA BANDUNG (Fauzy dkk., 2016)

IMPLEMENTASI ALGORITME FP-GROWTH UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS DALAM MENENTUKAN PRODUCT BUNDLING (Purba, t.t.)

Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan (Amin Effendy & Sunarsi, 2020)

Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten) Irwanto (Sultan & Tirtayasa, 2021)

PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK MONITORING WELLIES DENGAN METODE WATERFALL MODEL (Tujni dkk., 2020)

RANCANG BANGUN APLIKASI WEB SEKOLAH MENGGUNAKAN UML (UNIFIED MODELING LANGUAGE) DAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP (PHP HYPERTEXT PREPROCESSOR) BERORIENTASI OBJEK  (Mubarak dkk., 2019)