Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada TikTok Shop

research
  • 18 Sep
  • 2024

Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada TikTok Shop

Industri kecantikan di Indonesia berkembang sangat pesat lantaran meningkatnya gaya
hidup dan kesadaran masyarakat guna mempercantik diri. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Kualitas Produk terhadap
Keputusan Pembelian produk Skintific pada TikTok Shop. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data
primer yang diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner. Populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen Skintific. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah Nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Jumlah sampel
yang didapatkan berdasarkan perhitungan rumus Lemeshow yaitu sebanyak 96
responden. Hasil penelitian yang didapatkan dengan menggunakan uji T dan uji F
menunjukkan bahwa Pemasaran Media Sosial dan Kualitas Produk secara parsial dan
simultan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Hasil uji Koefisien determinasi diketahui 46,8% Keputusan Pembelian dipengaruhi
oleh Pemasaran Media Sosial dan Kualitas Produk, sedangkan sisanya sebesar 53,2%
dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Unduhan

 

REFERENSI

Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran
Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 10(2).
https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.73923
Efendi, F. B., & Aminah, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk
Skincare Skintific (Studi pada Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan
Sains), 8(1), 762. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1055
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian
Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17.
https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN
INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS
PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6741–6761.
https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p18
Inang, S. (2024). Industri Kosmetik Nasional Tumbuh Fenomenal, Pemerintah Dorong Hasilkan Produk Berdaya

Saing Global. Kompas. https://money.kompas.com/read/2024/02/20/211327326/industri-kosmetik-
nasional-tumbuh-fenomenal-pemerintah-dorong-hasilkan-produk

Leviana, T. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Willingness To Pay Premium Price melalui Brand

Equity pada Konsumen Estee Lauder. Agora, 7(1), 1–6. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-
bisnis/article/view/8157

Nabilah, A., & Wardhana, A. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Tiktok dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah,
6(4), 4644–4656. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i4.1025
Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). PENGARUH FLASH SALE, LIVE SHOPPING, DAN
ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND
SKINTIFIC DI SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10),
2740–2755. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.897
Tranggono, D., Nidita Putri, A., & Juwito, J. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Nacific di Instagram terhadap
Keputusan Pembelian Produk Nacific pada Followers Akun @nacificofficial.id. Jurnal Ilmu Komunikasi,
10(2), 141–155. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.141-155
Ulya, W. (2023). Perlindungan Hukum Bagi Pelaku Usaha Pada Transaksi Bisnis Social Commerce Tiktok Shop
(Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Islam). Journal of Indonesian Comparative of Syari’ah Law, 6(1),
18–34. https://doi.org/10.21111/jicl.v6i1.9746
Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER
ENGAGEMENT DAN LOYALITAS MEREK PADA AKUN INSTAGRAM TOKOPEDIA under a
Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA) 4.0 license CORE View metadata, citation and similar
papers at core.ac.uk provided by Electro. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi
UNIAT, 5(2), 185–198.