Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses penagihan hutang adalah kemampuan komunikasi dan negosiasi yang efektif. Komunikasi yang baik antara pihak penagih dan debitur dapat menciptakan suasana yang lebih kooperatif dan mengurangi ketegangan yang sering kali muncul dalam proses ini. Selain itu, kemampuan negosiasi yang baik memungkinkan perusahaan untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, sehingga meningkatkan kemungkinan pembayaran hutang. Deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Konstruktivis digunakan dalam penelitian ini untuk mengkonstruksi Komunikasi dan Negosiasi dalam Proses Penagihan Hutang Kepada Debitur. Hasil dari penelitian terbukti komunikasi sangat penting dalam Desk Collection, untuk dapat membaca karakter konsumen dan memahami keadaan debitur, bukan hanya sekedar menagih namun agen juga memberikan empati kepada debitur yang sedang terkena masalah.
Komunikasi dan Negosiasi dalam Proses Penagihan Hutang Kepada Debitur
Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Research Design Fifth Edition.
Chatrin Tiara Salma Azzawa (2023). Taktik Negosiasi yang Efektif untuk Mencapai Kesuksesan dalam Negosiasi.
Hertoni, Yuda. (2018). Pola Komunikasi Branch Collection Dalam Proses Penagihan
Pembiayaan Bermasalah Kepada Debitur/Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia, TBK Cabang Banjarmasin. Banjarmasin. Jurnal Komunikasi Bisnis dan Manajemen.
Lew, S., Yang, A. H., & Harklau, L. (2018). Qualitative Methodology. In The Palgrave Handbook of Applied Linguistics Research Methodology (pp. 79–101). Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59900-1_4
Miles MB, Huberman M, S. J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Third Edition. SAGE Publications, Inc.
Oktavionarti, Della. (2016). Pola Komunikasi Debt Collector Dalam Proses Penagihan Kredit
Ziat Hasan, Noval Sufriyanto Talani, Yowan Tamu (2023). Perilaku Komunikasi Collector Dalam Proses Penagihan Kepada Debitur Di Pt. Nusantara Sakti Ciptadana Finance (Nsc). Jurnal Jambura Ilmu Komunikasi Volume 1 No.1 | Mei 2023 (17-24) | 9