GAYA KOMUNIKASI OZA RANGKUTI PADA AKUN @PODCASTKESELAJE DI MEDIA TIKTOK

research
  • 09 Sep
  • 2024

GAYA KOMUNIKASI OZA RANGKUTI PADA AKUN @PODCASTKESELAJE DI MEDIA TIKTOK

Di era digital, platform seperti TikTok memungkinkan ekspresi diri melalui konten singkat. Oza Rangkuti, seorang komika, menggunakan gaya komunikasi agresif dan sarkastik di TikTok untuk mengkritik Generasi Z, menciptakan kontroversi. Penelitian ini mengeksplorasi gaya komunikasinya di akun @podcastkeselaje. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam gaya komunikasi Oza Rangkuti pada akun @podcastkeselaje di TikTok. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana gaya komuniakasi yang mengandung sarkasme dengan dibalut komedi  dalam mempengaruhi penonton dan interaksi sosial di platform tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk memahami gaya komunikasi Oza Rangkuti di akun TikTok @podcastkeselaje. Studi ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, berfokus pada analisis mendalam terhadap konten dan interaksi sosial yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan gaya komunikasi Oza Rangkuti di akun TikTok @podcastkeselaje mencakup dominan, animasi ekspresif, argumentasi/kontroversial, dan meninggalkan kesan. Gaya ini dipengaruhi oleh keresahan sosial pribadi Oza, menggunakan sarkasme dan humor untuk menyampaikan pesan yang kontroversial namun berani dan mengesankan.

Kata Kunci: Tiktok, Gaya Komunikasi, Studi Kasus, Sarkasme.

Unduhan

  • Skripsi Final Revisi.docx

    Gaya Komunikasi Oza Rangkuti Pada Akun @Podcastkeselaje di Media Tiktok

    •   diunduh 3x | Ukuran 4,523 KB

 

REFERENSI

Amelia, R., Agustang, A., & Putra Agustang, A. D. M. (2022). Perempuan Dan Tiktok: Studi Tentang Eksistensi Diri Dan Tubuh Sebagai Konsumsi Publik Perempuan Milenial Mahasiswi FIS-H Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(3), 159. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.37108

Ardianto, E. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.

Ariestuti, N. K. M., Purnawan, N. L. R., & Pradipta, A. D. (2023). Pemanfaatan Tren Tagar Welcome to Indonesia pada TikTok sebagai Sarana Kritik Sosial Generasi Y dan Z. Medium, 3(2), 168–181. https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/89291

Cholid Narbuko & H. Abu Achmadi. (2005). Metodologi penelitian. Bumi Aksara.

Dalman. (2015). Ketrampilan Menulis. Raja Grafindo Persada.

Dianne Hofner Saphiere, Barbara Kappler Mikk, B. I. D. (2005). Communication Highwire: Leveraging the Power of Diverse Communication Styles. Intercultural Press.

Evelyn, E., & Tamburian, H. H. D. (2019). Gaya Komunikasi Pemilik Restoran Vegetus Vegetarian dalam Membangun Motivasi Kerja Karyawan. Koneksi, 2(2), 329. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3903

Fadhila, M. A., Damastuti, R., Komunikasi, I., Yogyakarta, U. A., Komunikasi, G., Kuantitatif, A. I., Tengah, G. J., & Praowo, G. (2023). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Melalui Tiktok Quantitative Content Analysis of Communication Styles Governor of Central Java Ganjar Pranowo Through Tiktok @ Ganjarpranowofc. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, VI(I), 16–31.

Fanny Aggriawan. (2017). Gaya Komunikasi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Pt. Perusahaan Listrik Negara (Pln) Persero Area Pelayanan Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi , 5(4), 260–274.

Feny Rita Fiantika et all. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Juarsa, E. (2016). Gaya Komunikasi Pemimpin Divisi MIS PT. Trias Sentosa Tbk Krian. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya, 4(1), 2–9.

Kosasih, E., Raharusun, A. S., Dalimunthe , R. P., & Kodir, A. A. (2020). Literasi media sosial dalam pemasyarakatan moderasi beragama dalam situasi pandemi Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kurniasih. (2021). Teknik Analisa. Alfabeta Bandung, 1–119.

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.

Luh Putu Ary Sri Tjahyanti. (2020). PENDETEKSIAN BAHASA KASAR (ABUSIVE LANGUAGE) DAN UJARAN KEBENCIAN (HATE SPEECH) DARI KOMENTAR DI JEJARING SOSIAL. 7 No.2.

Malik Fajar. (2022). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA TIKTOK DIKALANGAN REMAJA DI KECAMATAN MATTIROBULU KABUPATEN PINRANG. Science, 7(1), 1–8. http://link.springer.com/10.1007/s00232-014-9701-9%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00232-014-9700-x%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmr.2008.11.017%0Ahttp://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1090780708003674%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/1191

Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.

Matthew McKay, Martha Davis, P. F. (2009). Messages: The Communication Skills Book (p. 128). New Harbinger Publications.

Mizda Bella Silvia. (2022). Fenomena Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Siswa SMPN 4 Langgam. Universitas Islam Riau. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Moleong, L. . (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja.

Morrisan. (2013). Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa. Kencana.

Muh. Fitrah & Luthfiyah. (2017). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak.

Nana Sudjana dan Ahwal Kusuma. (2002). Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi. Sinar Baru Argasindo.

Norton, R. (1983). Communicator Style Theory, Applications, and Measures (Sage Publications (ed.)).

Oktaheriyani, D., Wafa, M. A., & Shadiqien, S. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial TikToK (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin). EPRINTS UNISKA, 1–62. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/3504

Pratiwi, B. N. (2017). Analisis Gaya Komunikasi Ahmad Faiz Zainuddin. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(3), 2502–2597. www.jurnalweb.com,

Prof. Dr. Alo Liliweri, M. . (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana.

Puspitasari, L. E., & Fatikh, A. (2021). Gaya Komunikasi Najwa Shihab Dalam Acara Mata Najwa. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.31538/altsiq.v6i2.1519

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406

Robert K. Yin. (2014). Studi kasus : Desain & Metode. Raja Grafindo Perkasa.

Rulli Nasrullah. (2017). Media sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Stillman, David. Stillman, J. (2017). Gen Z work : how the next generation is transforming the workplace. NY : Harper Business, an imprint of Harper Collins.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantit atif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Utami, R. I. P., Muslim, F. L., & Supriatna, E. (2018). Menemukan pemerolehan bahasa kasar pada anak usia 4 tahun di Kampung Cihanjawar Purwakarta.  Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(6), 879–888.

Widjaja, A. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Rineka Cipta.

Young, Kimberly S. Abreu, C. N. de. (2017). Kecanduan Internet : Panduan Konseling dan Petunjuk untuk Evaluasi dan Penanganan. Pustaka Pelajar.