Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk bullying , faktor penyebab terjadinya bullying serta strategikomunikasi orang tua dengan anak dalam mengatasi bullying di lingkungan SMP PGRI 7 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa bullying verbal merupakan bentuk bullying yang paling sering terjadi di SMP PGRI 7 Jakarta. Faktor yang menyebabkan terjadinya bullying yaitu faktor keluarga, teman sebaya dan media sosial. Strategi komunikasi orang tua dalam mengatasi bullying yaitu dengan memahami ciri-ciri anak yang terlibat bullying, memberikan pemahaman tentang akibat bullying danbagaimana anak menyikapinya serta menciptakan suasana rumah yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
STRATEGI KOMUNIKASI ORANG TUA DENGANANAK DALAM MENGATASI BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH PGRI 7 JAKARTA
Adi Putra, M Sholihin, Qalka Sandi, Asmuni (2023). Dampak Kekerasan dan Perundungan (Bullying) di Lembaga Pendidikan serta Pencegahannya. Al- Hikmah Jurnal Studi Keislaman dan PendidikanVolume 10. No. 2. DOI: 10.12065/al-hikmah.v10i2.5
Aristiani,N., Kanzunnudin,M., & Fajrie, N. (2021). Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Gribig, Kudus. Jurnal PrakarsaPaedagogia, 4(2).
Aziz,A., & Suratno, S. (2023). The Relevance Of Prophetic Social Concept According To Kuntowijoyo In Islamic Education To Prevent Bullying. Edusoshum: Journal of Islamic Education and Social Humanities, 3(1), 8– 19.
Fikriyah, S., Mayasari,A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran orang tuaterhadap pembentukan karakteranak dalam menyikapi bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.
Filosofianita, A., Supriatna, M., & Nadhirah, N. A. (2023). Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Perundungan (Bullying). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 92– 101.
Firdaus, A. (2023). Strategi Komunikasi Persuasif Pencegahan Bullying Pada Siswa di SMK Pesantren TerpaduMojokerto. Philosophiamundi, 1(1).
Hajar, S. A., & Anshori, M. S. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif Farah Qoonita Dalam Menyampaikan Dakwah Melalui New Media. Aksiologi: Jurnal PendidikanDan Ilmu Sosial, 1(2), 62–66.
Hamidah, M. (2020). Religiusitas dan perilaku bullying pada santri di pondok pesantren. Psycho Holistic, 2(1), 141– 151.
Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Umsida Press, 1– 119.
Krisnana, I., Rachmawati, P. D., Arief, Y. S., Kurnia, I. D., Nastiti, A. A., Safitri, I. F. N., & Putri,A. T. K. (2021). Adolescent characteristics and parenting style as the determinant factors of bullying in Indonesia: A cross-sectional study. International Journal ofAdolescent Medicine and Health, 33(5), 20190019.
Mardiah,A. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individual Rational Emotif Behaviour Therapy Teknik Home Work Assigment Pada Siswa Kelas Vii a Smp Negeri 1 Amuntai Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. SENTRI: Jurnal RisetIlmiah, 2(1), 184–204.
Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.39-46
Nur Hakim, Ririn Nurlafika Dewi, Nur Luthfi Rizqa Herianingtyas (2023). Hubungan Orang Tua Dan Guru Dalam Mencegah Bullying. Awwaliyah: Jurnal PGMIVolume 6 Nomor 2 Tahun 2023p-ISSN: 2621-5446 e-ISSN: 2656-7296
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 29–37.
Puspa Maulidia Mahardika, Apriadi,Ofi Hidayat (2021). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling dalam Membangun Karakter Siswa Pelaku Perundungan(Studi Kasus SMA/SMK Sederajat di Kecamatan Alas). http://jurnal.uts.ac.id/index.php/KAGANGA
Puspitasari (2023). Mengembangkan Kesadaran Diri Pada Siswa Untuk Mencegah Tindak Perundungan Di Sekolah Dasar. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journalE-ISSN :2722-7839, P-ISSN : 2746-7732Vol. 4 No. 1. 16-22
Rahman, D., & Yasya, W. (2020). Komunikasi Persuasif Dalam Penghimpunan Dana Zakat Di Lembaga Amil Zakat Darussalam Kota Wisata Cibubur. Perspektif Komunikasi: JurnalIlmuKomunikasi Politik DanKomunikasiBisnis, 4(1), 1– 10.
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573.
Ridma Diana (2023) Tindak Perundungan: Bullying di Sekolah Dasar dan Peran Guru
Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah dan Mengatasinya. ILMA (Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keagamaan). ISSN 2963 – 8488Vol 2 No 1.
Rika Saraswati, Venatius Hadiyono (2020). Pencegahan Perundungan/Bullying di Institusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku. Jurnal Hukum Politik Dan Kekuasaan ISSN: 2722-970X | Vol. 1 | No. 1.
Rulyansah,A., Budiarti, R. P. N., Pratiwi, E. Y. R., Hartatik, S., & Rihlah, J. (2022). Penghentian Bullying Pada Siswa Jenjang Sekolah Dasar Melalui Penggunaan
Gambar Terintegrasi Dengan Cooperative Learning. Indonesia Berdaya, 3(3), 471–478.
Safaat, R. A. (2023). Tindakan Bullying di Lingkungan Sekolah yang Dilakukan Para Remaja. Jurnal Global Ilmiah, 1(2), 97– 100.
Salsabila, A. (2022). Pola Komunikasi Guru Terhadap Siswa Tunarungu. ARKANA: Jurnal KomunikasiDan Media, 1(01), 12–21.
Sama', S., & Khotimah, H. (2024). Implementasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Upaya Pencegahan Perundungan (Bullying) Di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar.
Sari, H. N., Pebriyani, P., Nurfarida, S., Suryanto, M. F., Suri, P. A. A., & Nugraha, R. G. (2022). Perilaku Bullying Yang Menyimpang Dari Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2095–2102.
Sigalingging, O. P., & Gultom, M. (2023). Peranan Orang Tua Dalam Mengatasi Perundungan (Bullying) Pada Anak. Jpm-Unita (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(1), 26–32.
Sigurdson, J. F. (2019). Long-term effects of bullying in adolescence: Mental health and social adaptation in adulthood.
Tobing, J. A. D. E., & Lestari, T. (2021). Pengaruh mental anak terhadap terjadinya peristiwa bullying. JurnalPendidikan Tambusai, 5(1), 1882– 1889.
Trimardhani, V., Rachmawati, D., & Yulma, Y. (2021). Strategi Komunikasi Persuasi
untuk Pencegahan Aksi Bullying di SMP Negeri 85 Jakarta. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 4(1), 60–71.
Yunere, F., Angraini, M., & Zenita, Z. (2024). Hubungan Pola Asuh Dan Sikap Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja Di SMKN 1. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 5122–5129.
Zakiyah, E. Z., Fedryansyah, M., & Gutama, A. S. (2019). Dampak Bullying Pada Tugas Perkembangan Remaja Korban Bullying. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 265. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20502