Perundungan atau bullying di sekolah merupakan salah satu masalah serius yang dapat berdampak negatif terhadap perkembangan psikologis, akademik, dan sosial siswa. Komunikasi interpersonal membantu siswa membangun hubungan lebih baik, memahami perasaan dan perspektif orang lain, serta mengembangkan empati dan rasa hormat. Interaksi positif mengajarkan siswa menyelesaikan konflik secara damai dan menghindari perilaku agresif yang memicu perundungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran komunikasi interpersonal dalam upaya mencegah perundungan di SMK Muhammadiyah 1 Tangerang. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini akan mengidentifikasi dan menganalisis berbagai aspek komunikasi interpersonal yang berkontribusi terhadap pencegahan perundungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan interpersonal yang meliputi empati, kesetaraan, keterbukaan dan sikap mendukung di antara siswa secara signifikan mengurangi insiden perundungan, meningkatkan kesejahteraan emosional, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan inklusif.
Komunikasi Interpersonal Dalam Upaya Mencegah Perundungan di Sekolah
Komunikasi Interpersonal Dalam Upaya Mencegah Perundungan di Sekolah
Adi Putra, M Sholihin, Qalka Sandi, Asmuni (2023). Dampak Kekerasan dan Perundungan (Bullying) di Lembaga Pendidikan serta Pencegahannya. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman dan PendidikanVolume 10. No. 2. DOI: 10.12065/al-hikmah.v10i2.5
Afroz, M. S., Scholar, J. M. P., & Husain, S. (2015). Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN (Vol. 6, Issue 19). Online. www.iiste.org
American Psychological Association. (2016). Policy brief: Bullying prevention is a top APA priority. https://www.apa.org/monitor/2016/11/policy-brief
Arina Mufrihah (2016). Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. Jurnal Psikologi Volume 43, Nomor 2, 2016: 135 – 153
Cindy Mutia Annur (2024). Proporsi Kasus Perundungan di Sekolah Indonesia Berdasarkan Jenjang (2023). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/20/ada-30-kasus-bullying-sepanjang-2023-mayoritas-terjadi-di-smp
Laudy Gracivia. (2019). Kenali Ciri-ciri Pelaku Bullying. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170723030357-258-229702/kenali-ciri-ciri-pelaku-bullying
Rendhy Setiyawa (2022). Perundungan Sesama Siswa Di Sekolah.
Zakiyah, E. Z., Fedryansyah, M., & Gutama, A. S. (2019). Dampak Bullying Pada Tugas Perkembangan Remaja Korban Bullying. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 265. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20502