Hal yang harus dilakukan untuk dapat meningkatkan CRM, perusahaan tidak segan melakukaninvestasi yang cukup mahal dan teknologi canggih yang mampu memberikanlayanan yang maksimal bagi pelanggan. Di sisi lain banyak perusahaan softwareyang menjual dan menawarkan aplikasi sistem ini Web applications seperti e-mailmarketing dan the dot-coms. Menurut Costanzo (2003), CRM merujuk padasoftware system yang membantu perusahaan memperoleh dan menyimpan datapelanggannya serta melakukan hubungan dua arah. Tetapi saat ini CRM lebihmenekankan pada perubahan kebijakan dan prosedur yang didesain untukmeningkatkan sales dan customer retention di berbagai lini perusahaan.PT. Suzuki Indomobil Motormerupakan salah satu perusahaan yangbergerak dalam bidang otomotif yang mendapatkan pengakuan resmi olehpemerintahan Indonesia sebagai agen tunggal dalam penjualan bermotor dalammerek Suzuki seluruh wilayah Indonesia.
Untuk dapat mengembangkan dan menjaga pelayanan yang baik makadiperlukan suatu manajemen pengaturan hubungan antar perusahaan denganpelanggan atau Customer Relationship Management (CRM). Penerapan CRMyang baik dan tepat dapat membawa dampak positif kepada perusahaan. Hal inidapat membuat pelanggan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan merasapuas dan akhirnya tercipta loyalitas pada perusahaan. Hal ini akan memberikan keuntungan yang lebih kepada nilai pelanggan. Sependapat dengan Buttle (2006),dimana dinyatakan bahwa CRM merupakan upaya menciptakan,mengembangkan, dan mewujudkan hubungan saling menguntungkan denganpelanggan dalam jangka panjang, khususnya terhadap pelanggan potensial, alamupaya memaksimalkan customer value (nilai pelanggan) dan corporateprofitability (keuntungan perusahaan).
NMI akan mengembangkan fitur tambahan ke dalam sistem CRM,sehingga bisa melakukan cross-selling dan upselling. NMI ingin melakukanpengembangan sistem CRM ini hingga ke daerah di luar jabodetabek. Crossselling yang dapat dilakukan dengan menawarkan berbagai aksesori bilapelanggan menelpon ke bengkel untuk menanyakan status mobilnya yang sedangdibengkel. Mereka akan mencoba untuk melakukan upselling denganmenawarkan tipe mobil yang baru setelah memiliki mobil 3 -5 tahun sehinggamereka dapat menjadi pelanggan yang setia, dan di keunikan dengan CRM datadapat diketahui oleh semua cabang NMI di seluruh IndonesiaSuzukiJakarta menerapkan strategi persaingan bisnisnya pada kekuatan pemasaran dan customer relation yang baik.
Kata Kunci : Aktivitas, Konsumen, Loyalitas
AKTIVITAS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS CUSTOMER PADA PT. SUZUKI INDOMOBIL JAKARTA
What must be done to improve CRM, companies do not hesitate to make quite expensive investments and sophisticated technology that is able to provide maximum service to customers. On the other hand, many software companies sell and offer these system applications to Web applications such as e-mail marketing and the dot-coms. According to Costanzo (2003), CRM refers to a software system that helps companies obtain and store customer data and carry out two-way relationships. But currently CRM places more emphasis on changing policies and procedures designed to increase sales and customer retention in various lines of the company. PT. Suzuki Indomobil Motor is one of the companies operating in the automotive sector that has received official recognition by the Indonesian government as the sole agent for selling motorbikes under the Suzuki brand throughout Indonesia.
To be able to develop and maintain good service, management of relationships between companies and customers or Customer Relationship Management (CRM) is needed. Good and appropriate implementation of CRM can have a positive impact on the company. This can make customers feel cared for, so that they will feel satisfied and ultimately create loyalty to the company. This will provide more benefits to customer value. In agreement with Buttle (2006), where it is stated that CRM is an effort to create, develop and realize mutually beneficial relationships with customers in the long term, especially with potential customers, in an effort to maximize customer value (customer value) and corporate profitability (company profits).
NMI will develop additional features into the CRM system, so that it can carry out cross-selling and upselling. NMI wants to develop this CRM system to areas outside Jabodetabek. Cross-selling can be done by offering various accessories when customers call the repair shop to ask about the status of their car being repaired. They will try to upsell by offering a new type of car after having owned the car for 3-5 years so that they can become loyal customers, and uniquely with CRM data, it can be known by all NMI branches throughout Indonesia. Suzuki Jakarta applies its business competition strategy to the strength of marketing and customer relations. Good.
Keywords: Activities, Consumers, Loyalty