Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak integrasi data persetujuan desain pelanggan dalam proses produksi karton box di PT. Karya Indah Cavital Karton. Dalam industri kemasan, kepuasan pelanggan menjadi kunci keberhasilan. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah ketepatan desain produk sesuai dengan permintaan.Penelitian ini secara mendalam menyelidiki bagaimana proses integrasi data persetujuan desain pelanggan dapat dioptimalkan dalam lingkungan produksi karton box. Dengan mengintegrasikan data persetujuan desain pelanggan secara real-time ke dalam sistem produksi, perusahaan dapat memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang telah disetujui oleh pelanggan. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi produksi dengan meminimalkan kesalahan desain yang berulang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi kasus pada PT. Karya Indah Cavital Karton. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pihak manajemen produksi, analisis dokumen, dan observasi langsung terhadap proses produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi data persetujuan desain pelanggan dapat memberikan manfaat yang signifikan, seperti pengurangan waktu siklus produksi, peningkatan akurasi desain, dan minimisasi revisi desain.
Kata Kunci: Integrasi data, efesiansi produk, karton box
JURNAL
Candra Bayu Suwito, C. B., & DA Arisanti, D. (2023). ANALISA SISTEM INFORMASI CENTRA PADA MANAJEMEN PT. BERKAH INDUSTRI MESIN ANGKAT. STIA Manajemen dan Kepelabuhan Barunawati Surabaya.
Haines, S. (2022). Workflow orchestration with apache airflow. In Modern Data Engineering with Apache Spark: A Hands-On Guide for Building Mission-Critical Streaming Applications (pp. 255–295). Springer.
Harenslak, B. P., & de Ruiter, J. (2021). Data pipelines with apache airflow. Simon and Schuster.
NURAZIZI, M. A. (2023). ANALISIS CACAT PRODUK TEPUNG TAPIOKA DENGAN METODE DEFINE-MEASURE-ANALYZE-IMPROVE-CONTROL (DMAIC) DAN FAILURE MODES AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) UNTUK MENGURANGI DEFFECT (Studi Kasus Pada CV Harum Mekar). Universitas Islam Sultan Agung.
Prasetia, I. P. W., & Kurniawan, I. N. H. (2021). Data Warehouse Implementasi ETL (Extract, Transform, Load) pada Data warehouse Penjualan Menggunakan Tools Pentaho. TIERS Information Technology Journal, 2(1).
Purwana, I. K. E. D. (2022). Analisis Penerapan Standardisasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 pada Perusahaan Kontraktor di Kabupaten Karangasem (Studi Kasus: PT. Arsa Buana Manunggal dan PT. Dharma Buana Karya). Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan analisis konten dan analisis tematik. Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 19, 68.
Sugiarsi, S. (2020). Instrumen Dan Analisis Data Penelitian Rekam Medis & Manajemen Informasi Kesehatan. Instrumen Dan Analisis Data Penelitian Rekam Medis & Manajemen Informasi Kesehatan.
Suwarni, E., Sedyastuti, K., & Mirza, A. H. (2019). Peluang dan hambatan pengembangan usaha mikro pada era ekonomi digital. IKRAITH-EKONOMIKA, 2(2), 29–34.