Perancangan Animasi Interaktif Mengenal Kerjaaan Hindu Budha Di Indonesia Untuk Siswa Siswi Kelas 1 Sampai 6 Pada Sd Islam Al-Amal Di Bekasi

research
  • 02 Sep
  • 2024

Perancangan Animasi Interaktif Mengenal Kerjaaan Hindu Budha Di Indonesia Untuk Siswa Siswi Kelas 1 Sampai 6 Pada Sd Islam Al-Amal Di Bekasi

Pengembangan media pembelajaran memiliki dampak signifikan pada bidang pendidikan. Pada

pembelajaran di SD Islam Al-Amal, penulis menyusun skripsi mengenai perancangan animasi

interaktif sejarah kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Pembuatan animasi interaktif ini

menggunakan metode waterfall dan bahasa pemrograman Action Script 3. Dalam game animasi

interaktif ini, terdapat menu belajar, bermain, dan puzzle. Game animasi interaktif ini dapat

dimainkan oleh siswa-siswi menggunakan laptop atau komputer, memudahkan mereka untuk

belajar sejarah secara menyenangkan dan interaktif. Dengan demikian, diharapkan dapat

meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa terhadap sejarah nasional, khususnya kerajaan

Hindu-Buddha di Indonesia.

Katakunci: Pengembangan media pembelajaran, Waterfall, Sejarah kerajaan hindu budha,Action script 3

Unduhan

 

REFERENSI

Fidya, Ihfanti, Romdanih, and Eva

Oktaviana. 2021. “Peningkatan Hasil

Belajar IPS Melalui Media Game

Interaktif Wordwall.”

Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan STKIP

Kusuma Negara III SEMNARA 219–

  1.  

Haryadi, Rudi, Hanifa Nuraini, and Al

Kansaa. 2021. “Pengaruh Media

Pembelajaran E-Learning Terhadap

Hasil Belajar Siswa.” AtTàlim : Jurnal

Pendidikan 7(1):2548–4419.

Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat,

HarahapTuti Khairani, and Tasdin

Tahrim. 2021. Media Pembelajaran.

Meol, Emanuel Yohanes, Darsono Nababan,

and Yoseph P. K. Kelen. 2024. “Sistem

Informasi Penjualan Ikan Pada

Kefamenanu Berbasis Android

Menggunakan Metode Waterfall.”

Jurnal Krisnadana 3(2):78–89. doi:

10.58982/krisnadana.v3i2.527.

Rahmi, Chusnur, Maisarah, and Cut Rika

Ramadhani. 2023. “Educator

Development Journal.”

Educator

Development

Journa

l 1(September):126–40.

Rame, I. Nyoman. 2022. “Jurnal Ilmu

Pendidikan- Nyoman Rame.” 7(2).

Setyowahyudi, Rendy, Luh Ayu Tirtayani,

and Nurul Indana. 2023. “Pengaruh

Games Interaktif Wordwall Terhadap

Kemampuan Mengenal Budaya Bali

Anak Usia Taman Kanak Kanak.”

Early Childhood Research Journal

(ECRJ) 6(1):46–54.

doi:

10.23917/ecrj.v6i1.22968.

Solehudin, Al-Ayufi, Nurul Fariz, Nur

Wahyu, Rizki Fauzi Permana, and

Aries Saifudin. 2023. “Rancang

Bangun Digitalisasi Persediaan Barang

Berbasis Web Menggunakan Metode

Waterfall.” LOGIC : Jurnal Ilmu

Komputer Dan Pendidikan 1(4):1000–

  1.  

Ujud, Sartika, Taslim D. Nur, Yusmar

Yusuf, Ningsi Saibi, and Muhammad

Riswan Ramli. 2023. “Penerapan

Model Pembelajaran Discovery

Learning Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota

Ternate Kelas X Pada Materi

Pencemaran Lingkungan.” Jurnal

Bioedukasi 6(2):337–47.

doi:

10.33387/bioedu.v6i2.7305.

Wahyuning, Sri. 2022. “Pembelajaran Ipa

Interaktif Dengan Game Based

Learning.” Jurnal Sains Edukatika

Indonesia (JSEI) 4(2):1–5.