Pengembangan media pembelajaran memiliki dampak signifikan pada bidang pendidikan. Pada
pembelajaran di SD Islam Al-Amal, penulis menyusun skripsi mengenai perancangan animasi
interaktif sejarah kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Pembuatan animasi interaktif ini
menggunakan metode waterfall dan bahasa pemrograman Action Script 3. Dalam game animasi
interaktif ini, terdapat menu belajar, bermain, dan puzzle. Game animasi interaktif ini dapat
dimainkan oleh siswa-siswi menggunakan laptop atau komputer, memudahkan mereka untuk
belajar sejarah secara menyenangkan dan interaktif. Dengan demikian, diharapkan dapat
meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa terhadap sejarah nasional, khususnya kerajaan
Hindu-Buddha di Indonesia.
Katakunci: Pengembangan media pembelajaran, Waterfall, Sejarah kerajaan hindu budha,Action script 3
JURNAL ANGGI FEBRIANINGRUM
Fidya, Ihfanti, Romdanih, and Eva
Oktaviana. 2021. “Peningkatan Hasil
Belajar IPS Melalui Media Game
Interaktif Wordwall.”
Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan STKIP
Kusuma Negara III SEMNARA 219–
Haryadi, Rudi, Hanifa Nuraini, and Al
Kansaa. 2021. “Pengaruh Media
Pembelajaran E-Learning Terhadap
Hasil Belajar Siswa.” AtTàlim : Jurnal
Pendidikan 7(1):2548–4419.
Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat,
HarahapTuti Khairani, and Tasdin
Tahrim. 2021. Media Pembelajaran.
Meol, Emanuel Yohanes, Darsono Nababan,
and Yoseph P. K. Kelen. 2024. “Sistem
Informasi Penjualan Ikan Pada
Kefamenanu Berbasis Android
Menggunakan Metode Waterfall.”
Jurnal Krisnadana 3(2):78–89. doi:
10.58982/krisnadana.v3i2.527.
Rahmi, Chusnur, Maisarah, and Cut Rika
Ramadhani. 2023. “Educator
Development Journal.”
Educator
Development
Journa
l 1(September):126–40.
Rame, I. Nyoman. 2022. “Jurnal Ilmu
Pendidikan- Nyoman Rame.” 7(2).
Setyowahyudi, Rendy, Luh Ayu Tirtayani,
and Nurul Indana. 2023. “Pengaruh
Games Interaktif Wordwall Terhadap
Kemampuan Mengenal Budaya Bali
Anak Usia Taman Kanak Kanak.”
Early Childhood Research Journal
(ECRJ) 6(1):46–54.
doi:
10.23917/ecrj.v6i1.22968.
Solehudin, Al-Ayufi, Nurul Fariz, Nur
Wahyu, Rizki Fauzi Permana, and
Aries Saifudin. 2023. “Rancang
Bangun Digitalisasi Persediaan Barang
Berbasis Web Menggunakan Metode
Waterfall.” LOGIC : Jurnal Ilmu
Komputer Dan Pendidikan 1(4):1000–
Ujud, Sartika, Taslim D. Nur, Yusmar
Yusuf, Ningsi Saibi, and Muhammad
Riswan Ramli. 2023. “Penerapan
Model Pembelajaran Discovery
Learning Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota
Ternate Kelas X Pada Materi
Pencemaran Lingkungan.” Jurnal
Bioedukasi 6(2):337–47.
doi:
10.33387/bioedu.v6i2.7305.
Wahyuning, Sri. 2022. “Pembelajaran Ipa
Interaktif Dengan Game Based
Learning.” Jurnal Sains Edukatika
Indonesia (JSEI) 4(2):1–5.