MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN MELALUI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI (Studi Kasus di PT DS Solutions Internasional)

research
  • 31 Aug
  • 2024

MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN MELALUI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI (Studi Kasus di PT DS Solutions Internasional)

Seringkali permasalahan didalam organisasi terjadi dikarenakan proses komunikasi tidak berjalan dengan baik sehingga informasi dari atasan kepada karyawan dapatmenimbulkan suatu kesalapahaman. Kinerja karyawan adalah elemen kunci dalam kesuksesan organisasi. Komunikasi antar pribadi m emainkan peran penting dalam lingkungan kerja. Komunikasi yang efektif antara atasan dan bawahan, serta antar rekan kerja, dapat membentuk hubungan yang kuat, meningkatkan kepercayaan, dan memfasilitasi kolaborasi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh DS Solutions Internasional dalam meningkatkan kinerja karyawan. Metode dalam penelitian ini menggunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis dan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan, PT DS Solutions International menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui strategi komunikasi dengan menerapkan strategi komunikasi interaktif, komunikasi tatap muka, pola komunikasi melalui gaya kepemimpinan yang memotivasi.

Unduhan

 

REFERENSI

Agung Budiarto (2021). Pola Komunikasi Organisasi Pegawai Sekretariat DPRD

Kabupaten Ponorogo Pada Bagian Persidangan dan Risalah. Jurnal Ji@p

Vol.10 No.1 ISSN 2355-4223

Anestesia et al (2023). Pola Komunikasi Kepemimpinan di PT Trisesa Ozora Steelindo

Dalam Membangun Kinerja Karyawan. Jurnal Public Relations-JPR Vol 4

No.2 ISSN:2774-7670 Hal.74-79

Anggit Pamungkas & Khusnul Khotimah (2022). Komunikasi Interpersonal Dalam

Peningkatan Kinerja ASN BKPSDM Kabupaten Banyumas. Jurnal

Komunikasi dan Media. Vol.1 No.02 ISSN 2962-1917 ISSN (online): 2962-

  1. DOI: 10.62022/arkana.v1i02.3627

Amaluddin, L. O. (2022). Identifikasi potensi obyek wisata pantai bungin pinungan.

7(3), 91–96.

Cica Alif Sukma Sri Agustik & Roziana Ainul Hidayati (2023). Hambatan Downward

Communication Pada PT Xyz Di Kabupaten Gresik. Digital Bisnis: Jurnal

Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce. Vol. 2, No. 1. e-ISSN: 2962-

0821; p-ISSN: 2964-5298, Hal 35-49

Creswell, J., & Plano-Clark, V. (2017). Chapter 1 The Nature of Mixed Methods

Research. Designing and Conducting Mixed Methods Research, 31(4), 388–

  1.  

Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative,

Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Research Design Fifth

Edition.

Devi & Lubis (2020). Komunikasi Antarpribadi Pimpinan Dengan Karyawan Dalam

Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Kentucky Friend Chicken (KFC) Cabang

Titi Kuning Medan. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Sistem Informasi Vol.7

No.1

Didi Wandi (2022) Pengaruh Komunikasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja

Pegawai.

Jurnal Integrasi Sumber Daya Manusia. DOI:

10.56721/jisdm.v1i1.35

Dimas Okta Ardiansyah (2016). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan

Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja (Studi Pada Bagian Produksi Pabrik

Kertas PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung). Jurnal Bisnis dan

Manajemen Vol. 3 No.1.

Eni Karlina Siregar (2019). Komunikasi Antarpribadi Antar Karyawan Dalam

Meningkatkan Kualitas Kerja Divisi Humas Pt Perkebunan Nusantara V

Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 6: Edisi I Januari – Juni 2019

Evi Zahara (2018). Peranan Komunikasi Organisasi Bagi Pimpinan Organisasi. Jurnal

Warta 56. ISSN: 1829-7463

Frida Florencia (2022). Peranan Ilmu Komunikasi dan Penerapannya Dalam

Pelaksanaan Pekabaran Injil Di Ladang. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama

Kristen Vol.4 No.1 49-59 ISSN 2088-8368

Hasan Sazali, Harry Pratama Putra Siregar (2021). Komunikasi Interpersonal Dalam

Peningkatan Kinerja Pegawai di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi

Sumatera Utara (Studi Gender). TIN: Terapan Informatika Nusantara. Vol 1,

No 8, Januari 2021, Hal 413-417 ISSN 2722-7987 (Media Online). Website

https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin58

Hj. Ilah Holilah,S.Ag.,M.Si. (2020). Teori Teori Komunikasi. Pusat Penelitian dan

Penerbitan (Puslitpen). Banten.

Irwanda Ardhi Wijaya, Rosida Apriliana Shahirah, Margartha Evi Yuliana

(2022). Analisis Pengaruh Komunikasi Dan Kerjasamatim Terhadap

Peningkatan Kinerja Karyawan. CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin

IndonesiaVol 2, No. DOI: 10.53866/jimi.v2i1.109

Ispawati Asri (2022). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Semangat

Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementrian Agama RI. Jurnal

Ilmu Komunikasi Vol.27 No.3 ISSN: 1978-6972

Junaidi, Lidia Waningsih Zaluhku (2021). Peran Komunikasi Antar Pribadi Pimpinan

Dan Bawahan Dalam Peningkatan Produktivitas Kerja Selama Pandemi. Jurnal

Network MediaVol: 4 No.2 ISSN (P) : 2569 – 6446 | ISSN (E) : 2722-9319

Lew, S., Yang, A. H., & Harklau, L. (2018). Qualitative Methodology. In The

Palgrave Handbook of Applied Linguistics Research Methodology (pp. 79–

101). Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59900-1_4

Miles MB, Huberman M SJ. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook.

Third Edition. SAGE Publications, Inc.

Mochamad Taufiq Hidayat (2022). Pola Komunikasi Organisasi Berbasis Digital Pada

Perusahaan Nasional Dan Multinasional Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu

Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol.6 No.2 P-ISSN 2549-0613

Morgan, D. L. (2014). Pragmatism as a Paradigm for Social Research. Qualitative

Inquiry, 20(8), 1045–1053. https://doi.org/10.1177/1077800413513733

Musirin & Irwansyah (2019). Komunikasi Interpersonal dan Budaya Kerja pada

Kinerja Pegawai pada Lembaga Pemerintahan. Jurnal Komunikasi Vol.4 No.2

Nanlohy & Siahaan (2021). Peran Komunikasi dalam suatu Organisasi (The Role of

Communication in an Organization) Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial

Vol. 1 No. 2

Profil Perusahaan | PT DS Solutions Internasional. Copyright (2022), from

https://www.solutions-ds.com/

Reihan Arya Winata, Muhammad Irwan Padli Nasution (2023). Peran Komunikasi

Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. Bandar Sumatra Indonesia.

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol 9 No18, 635-642. DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.8323410

Sembada et al (2022) Hambatan Komunikasi Organisasi Mahasiswa Selama Masa

Pembelajaran Jarak Jauh pada Perguruan Tinggi di Jakarta. Jurnal Pustaka

Komunikasi Vol 5 No.2

Scholl, A. (2015). Qualitative Methodology. In The International Encyclopedia

ofCommunication, First Edition. Edited byWolfgang Donsbach. John Wiley &

Sons, Ltd. https://doi.org/10.1002/9781405186407.wbiecq001.pub2

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D / Sugiyono.

Alfabeta.

Sugiono (2020). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis dan Disertai. Penerbit

Alfabeta, Bandung.

Sugiono, Lestari (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan

Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional) Penerbit: Alfabeta

Bandung.59

Tahir et al (2021). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Peningkatan Standar

Pelayanan Minimal Di Kantor Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kabupaten

Enrekang. Jurnal Unismuh Vol.2 No.4

Tiara Zagia & Putri Maulina (2021). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Meningkatkan

Kinerja Pemanen Pt. Agro Sinergi Nusantara (Asn) Unit Kebut Ujung Lamie.

JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi Vol.1 No.2 ISSN 2807-9345

ISSN 2801-7989 http://jurnal.utu.ac.id/JIMSI

Utami et al (2020). Analisis Hambatan Komunikasi Karyawan lokal di Kalimantan

Bara. Jurnal Vol. 18 (02) 2020 . 194-206

Puryana & Fauziah (2019). Meningkatkan Kinerja Karyawan Kelurahan Batununggal

Melalui Komunikasi Interpersonal. Jurnal Manajemen FRIMA-2019 ISSN:

2614 – 6681

Venter, E. (2019). Challenges for meaningful interpersonal communication in a digital

era. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 75(1).

doi:10.4102/hts.v75i1.5339

Veranus Sidharta et al (2024). Sensemaking of Stakeholder Identity Construction in

Determining Potential Social Assistance Recipients. Nyimak Journal of

Communication Vol.8, No.1 ISSN 2580-3808 E-ISSN 2580-3832

Wardhani et al (2023). Peran Komunikasi Interpersonal Antara Pimpinan dan

Karyawan Guna Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Assyifa Farma Group

Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik (JISIP). ISSN 2442-6962 Vol.12 No.1

https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/2602

Yesi Andriani & Nada Arina Romli (2022). Komunikasi Antarpribadi Orang Tua

dengan Anak HUMBLEBRAG di Media Sosial. Jurnal Common Vol.6 No.1

https://doi.org/10.34010/common

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. Sixth

Edition. In SAGE Publications (Vol. 53, Issue 5).

https://doi.org/10.1177/109634809702100108

Yusri & Andi Syadaruddin (2023). Optimalisasi Komunikasi Antarpribadi Pimpinan

Dan Karyawan Dalammeningkatkan Kinerja Di Amik Luwuk Banggai. Jurnal

Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi). Vo.6 No.1 p-ISSN:2621-4547 e

ISSN:2723-7478 DOI: 10.57093/metansi.v6i1.186

Zagia & Maulina (2021). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Meningkatkan Kinerja

Pemanen PT. Agro Sinergi Nusantara (ASN) Unit Kebut Ujung Lamie. Jurnal

Ilmiah Mahasiswa Komunikasi Vol.1 No.2

Zidnal Falah (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Lingkungan Kerja

Terhadap Kinerja Karyawan CV Syntax Corporation Indonesia. Equivalent :

Jurnal Sosial Teknik Vol. 2 No.1