Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran dan pengelolaan website. Pelatihan dan pendampingan ini dilakukan sebagai respons terhadap tantangan era digital yang semakin berkembang, di mana pemasaran konvensional tidak lagi cukup untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan lebih beragam. Pelatihan difokuskan pada dua aspek utama: pertama, strategi pemasaran digital yang mencakup penggunaan media sosial, email marketing, SEO (Search Engine Optimization), dan iklan berbayar di platform digital. Kedua, pengelolaan website yang meliputi pembuatan dan pemeliharaan situs web, konten yang menarik, serta analitik untuk memantau kinerja situs web. Metodologi yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif, dimana peserta diberikan materi pelatihan secara teori dan praktis. Selain itu, dilakukan juga sesi pendampingan intensif untuk membantu peserta menerapkan ilmu yang telah didapatkan ke dalam praktik nyata di bisnis mereka. Kegiatan ini secara signifikan meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam pemasaran digital dan pengelolaan website. Peserta mampu mengelola situs web mereka, serta merancang dan menjalankan kampanye pemasaran digital yang efektif. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha kecil menengah di era digital.
JURNAL PM Genap 2023/2024
Surat Tugas Jurnal PM Genap 2023/2024
Aisa, S., & Piu, S. W. (2019). Sistem Pelayanan Restoran Berbasis Android dan Web pada Ammatoa Resort Tanjung Bira. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi Dan Informatika #3 Tahun, 2019, 105–110.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy and Implementation (Seventh ed). Pearson Education Limited.
Data E-commerce Indonesia 2022 (2 Tahun Pandemi). (2022). https://grahanurdian.com/data-e-commerce-indonesia-2022/
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Hamzah, R. E., Citra, D., & Putri, E. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117–120. https://journal.unnes.ac.id/nju/abdimas/article/view/17880%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/nju/abdimas/article/viewFile/17880/8902
Jasri, J., Arfan, N., Hasanudin, H., & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Jasri, J., Said, S., & Amiruddin, K. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Etnis Tionghoa Menggunakan Jasa Bank Syariah. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v7i1.2915
Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital Marketing: A framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006
Kingsnorth, S. (2019). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing. Kogan Page Publishers.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2020). E-Commerce 2020-2021: Business, Technology and Society, Global Edition. Pearson Education.
Oktarina, N., Widodo, J., & Fachrurrozie. (2019). Penguatan UMKM Melalui Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Jangkauan Pemasaran di Kecamatan Toroh purwodadi. Jurnal Abdimas, 23(2), 170–174.
Pham, A. (2023). Food & Beverage Marketing: 10 Best Strategies To Promote Your Business. Https://Www.Ryviu.Com/. https://www.ryviu.com/blog/food-and-beverage-marketing#:~:text=Visual appeal is paramount in the food and,including your website%2C social media%2C and promotional materials.
Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Abdimas BSI, 2(1), 137–142.
Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534
Smith, P. R., & Zook, Z. (2019). Marketing Communications: Integrating Offline and Online with Social Media (Fifth edit). Kogan Page Publishers.
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Sutanto, F. A., Supriyanto, A., & Purwatiningtyas. (2015). Penerapan E-Commerce Berbasis CMS dan SEO untuk Toko On-Line UMKM. Abdimas, 19(2), 91–100. www.diskopumkm.semarangkota.
Syaifullah, S., Maulana, A., Karnadi, V., & Tantowi, R. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Batu Aji Kota Batam. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.