Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan persepsi mahasiswa atas pembelajaran 16 tenses bahasa inggris dalam 15 menit dengan metode kinaesthetic. Materi 16 tenses bahasa inggris merupakan materi pembelajaran yang sering menjadi momok bagi pembelajar bahasa inggris. Setiap orang belajar dengan cara yang berbeda-beda. Untuk melihat apakah metode ini efektif, maka dilakukan uji persepsi dengan memberikan kuesioner kepada 58 mahasiswa dari 2 kelas belajar non jurusan bahasa inggris. Terdapat 10 pertanyaan yang diuji persepsikan dan diperoleh hasil yang sangat bagus. Setelah pembelajaran, sekitar 24,7% yang mampu menguasai sampai 12 tenses, dan 20,7% mampu mempraktekkan kembali 16 tenses. Sekitar 51% mahasiswa mampu membedakan pola kalimat dalam 16 tenses. Untuk mempraktekkan 16 tenses, sebanyak 29,1% mahasiswa mampu mempraktekkan gerakan tubuh dan membuat kalimat dengan tenses yang berbeda-beda. Metode belajar 16 tenses ini dipersepsikan sebagai metode yang sangat efektif oleh 53,4% mahasiswa dan 43,1% mempersepsikan cukup efektif dan terkesan belajar jadi lebih menarik, tidak monoton.
Kata kunci: kinaesthetic, tenses, persepsi, pembelajaran, pembelajar
Sertifikat Penulis Jurnal JMP 2324(2)
Jurnal JMP 2324(2)
Surat Ijin Jurnal JMP
Surat Keterangan Penulis Jurnal JM 2324(2)
ST Jurnal 2324(2)
Boser, Ulrich. 2018. Learning Is a Learned Behavior. Here’s How to Get Better at It. https://hbr.org/2018/05/learning-is-a-learned-behavior-heres-how-to-get-better- at-it
Gardner, Howard. 1983. Gardner's Theory of Multiple Intelligences. https://www.verywellmind.com/gardners-theory-of-multiple-intelligences- 2795161
Hilary Altman & Alex Mata. Basic Components of the Perception Process. ASCCC Open Educational Resources Initiative (OERI). https://socialsci.libretexts.org/Bookshelves/Communication/Interpersonal_Communication/Interpersonal_Communication%3A_Context_and_Connection_(ASCCC_OERI)/03%3A_Perception_and_Communication/3.02%3A_Perception_Process_Part_I_(Selection_and_Organization)#:~:text=The%20first%20step%20in%20t he,pay%20attention%20to%20and%20when
Kinaesthetic Learning. https://www.twinkl.co.id/teaching-wiki/kinaesthetic-learning
Knudsen, et al., 2021 in Hilary Altman & Alex Mata “Basic Components of the Perception Process.” ASCCC Open Educational Resources Initiative (OERI).
Malec, Melissa. 2022. Why is Learning Important? A Deep Dive Into the Benefits of Being a Lifelong Learner. https://www.learnerbly.com/articles/why-is-learning- important
Neuroscience and Biobehavioral Psychology 2023. https://www.sciencedirect.com/topics/medicine-and-dentistry/perception-test.
Prozesky, Detlef R. 2000. Teaching and Learning. Community Eye Health. 2000; 13(36): 60–61. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1705985/
Zohrabi, M. 2013. Mixed Method Research: Instruments, Validity, Reliability and Reporting Findings. Theory and Practice in Language Studies, 3(2), 254–262.
https://www.youtube.com/watch?v=AeP4hX43fak www.wilenglish.com Tabel 16 Tenses Bahasa Inggris”.
https://docs.google.com/forms/d/1UDXyfsXtCnXJXTBkp4CIskztiGQGYx5gS9GAbUOJILM/edit#responses