TUGAS ASKHIR

research
  • 19 Apr
  • 2024

TUGAS ASKHIR

ABSTRAK

 

 

 

Cecilya Evelyne Ayunita Sefira (12201369), Perancangan Aplikasi Antrian Pada Bank Mandiri Sudirman Kota Sukabumi

 

Bank Mandiri Sudirman hadir untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia terutama di kota Sukabumi. Cabang ini memiliki fasilitas serta staf yang profesional dan berpengalaman untuk memberikan solusi keuangan terbaik bagi nasabah. Akan tetapi, Bank Mandiri Sudirman belum menerapkan sistem antrian dalam pelayanan kepada customer dalam antrian teller. Hal tersebut menyebabkan kurang teraturnya pelayanan yang diberikan, sehingga akan berdampak pada kurang nyamannya pelayanan yang diterima oleh customer. Selain itu, pihak Bank Mandiri Sudirman Sukabumi tidak bisa memantau secara langsung antrian yang sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan agar antrian dapat lebih teratur dan membuat nasabah menjadi lebih nyaman dan pihak bank dapat memantau antrian secara langsung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan diantaranya dengan melakukan wawancara, pengamatan dan studi Pustaka. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan sebuah perancangan aplikasi antrian ini adalah dengan metode prototyping. Dengan adanya perancangan aplikasi antrian pada Bank Mandiri Sudirman Kota Sukabumi dapat menjadikan antrian lebih teratur dan membuat nasabah menjadi lebih nyaman dan pihak bank dapat memantau antrian secara langsung.

 

Kata Kunci: Perancangan, Aplikasi, Antrian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

 

Cecilya Evelyne Ayunita Sefira (12201369), Queue Application Design at Bank Mandiri Sudirman, Sukabumi City

Bank Mandiri Sudirman is here to provide the best service for the people of Indonesia, especially in the city of Sukabumi. This branch has professional and experienced facilities and staff to provide the best financial solutions for customers. However, Bank Mandiri Sudirman has not implemented a queuing system in serving customers in teller queues. This causes the lack of regularity of the services provided, so that it will have an impact on the inconvenience of the services received by the customer. In addition, Bank Mandiri Sudirman Sukabumi could not directly monitor the ongoing queue. This research aims to make queues more orderly and make customers more comfortable and the bank can monitor queues directly. Data collection techniques carried out include conducting interviews, observations and literature studies. The research method used in making a queue application design is the prototyping method. With the design of a queuing application at Bank Mandiri Sudirman, Sukabumi City, it can make queues more orderly and make customers more comfortable and the bank can monitor queues directly.

Keywords: Design, Application, Queue.

 

 

 

 

 

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Aprillia, C. A., Astuti, E. S., & Dewantara, R. Y. (2017). Analisis sistem informasi reservasi hotel (studi pada sistem informasi reservasi dewarna hotel letjen sutoyo malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Dadan, & Kerendi. (2015). Membuat CMS Multifitur. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

EMS, T. (2016). PHP 5 dari Nol. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hakim, L., & Mustaqiem, M. (2018). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Pada SMA Negeri 2 Sampit Berbasis Desktop. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA)5(2).

Hanief, S., & Pramana, D. (2018). Pengembangan Bisnis Pariwisata dengan Media Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Harani, N. H., & Sunandhar, A. F. (2020). Aplikasi Prospek Sales Menggunakan Codeigniter. Kreatif.

Indra, E., Aminatunnisa, S., Sembiring, D. M. S., Gultom, Y., & Matondang, E. (2019). Penerapan Metode Monte Carlo Untuk Simulasi Sistem Antrian Service Sepeda Motor Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA)2(2), 77-84.

Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified modelling language (uml) dalam perancangan sistem informasi permohonan pembayaran restitusi sppd. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang7(1), 32-39.

 

Prayudi, Y. (2016). Kolaborasi SQL & ERD Dalam Implementasi Database. Yogyakarta: Andi.

Rizal, M. A., & Misriati, T. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web Pada Toko Uj Outlet. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer)7(1), 9-15.

Rizal, C., Supiyandi, S., Zen, M., & Eka, M. (2022). Perancangan Server Kantor Desa Tomuan Holbung Berbasis Client Server. Bulletin of Information Technology (BIT)3(1), 27-33.

Rosa, A.S. dan M. Shalahuddin. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

 

Sallaby, A. F., & Kanedi, I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Media Infotama, 16(1), 48–53.

Sitohang, H. T. (2018). Sistem informasi pengagendaan surat berbasis web pada pengadilan tinggi medan. Yogyakarta.

Sucipto, S. (2017). Pengembangan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan strategi metakognitif model pembelajaran problem based learning. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik2(1), 77-85.

Spriritnews.com. Mengetahui Lebih Dekat Bank Mandiri Sukabumi Sudirman. (2023, 04 01). Retrieved from spiritkawanuanews.com: https://www.spiritkawanuanews.com/2023/04/01/bank-mandiri-sukabumi-sudirman-solusi-keuangan-untuk-sobat-spirit-kawanua/

Susliansyah, & Handayanna, F. (2018). Aplikasi Monitoring Proses Distribusi Makanan Beku Untuk Informasi Secara Realtime. J-Sakti, 2.

Wibowo, Hamid Sakti. Desain Interaktif dengan Figma Panduan Praktis untuk Pemula dan Profesional. (2023). (n.p.): Tiram Media.