Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM Desa Pangebatan

research
  • 13 Mar
  • 2024

Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM Desa Pangebatan

Kegiatan pengabdian pada masyarakat Pelatihan  Digital Marketing ini bertujuan sebagai berikut untuk : meningkatkan jumlah wirausaha yg berkualitas, membudayakan semangat, sikap,perilaku dan kemampuan kewirausahaan yg handal dan unggul di kalangan masyarakat, pengenalan proses pemasaran yang ada saat ini, Pelatihan  Digital Marketing via Google Bisnisku. Materi  Digital Marketing penggunaan Google bisnisku (Google My Business) diharapkan konsumen akan mudah menemukan toko kita sehingga pemasaran produk memiliki jangkauan lebih luas dan berdampak meningkatnya penjualan. Hasil akhir yang diharapkan, peserta dapat memanfaatkan aplikasi Google bisnisku (Google My Business) sebagai media pemasaran produk jualan mereka. Dalam pengelolaan Google bisnisku (Google My Business), ulasan yang menarik, jujur dan terpercaya akan menjadi faktor peringkat yang digunakan Google untuk menampilkan bisnis kita di hasil pencarian. Oleh karena itu, kita perlu memberikan produk dan pelayanan yang berkualitas agar kita bisa mendapatkan banyak ulasan yang baik. Dengan begitu, peluang bisnis kita muncul paling atas akan lebih tinggi. Metode Pelaksanaanpada kegiatan ini dengan melakukan pengabdian masyarakat di Uniersitas Bina Sarana Informatika  dengan mitra para pelaku usaha (UMKM) tentang Pemanfaatan Penggunaan Google My Business dalam Meningkatkan Usaha Pada UMKM serta tahap monitoring dan evaluasi untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pengetahuan dan kemampuan mitra. Solusi yang ditawarkan dari beberapa masalah mitra dapat ditempuh melalui hal-hal seperti:(1) Bagaimana membuat google my business, (2) Bagaimana memproses data-data google my business, (3)Bagaimana manfaat penggunaan google my business tersebut. Target luaran daam program ini adalah berupa press release di media online dan elektronik, serta meningkatnya jumlah wirausaha yang berkualitas, yang sudah dibekali ilmu pengetahuan dan teknologi, mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha utk menghasilkan produk yang berkualitas yang dibutuhkan konsumen, optimalisasi saluran pemasaran yang ada, memahami proses pemasaran via Google My Business yang dapat meningkatkan omzet penjualan yang akan berdampak pada peningkatan keuntungan.

Unduhan

 

REFERENSI

Eniyati, S., & Santi, R. C. N. (2010). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Prestasi Dosen Berdasarkan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XV(2), 136–142.

Hidayat, R. R., Putri, D. P., Putra, R. B., & Rian Hidayat, R. (2022). Digital Marketing dengan menggunakan Google Bisnis untuk para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Palmerah. PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 2(1), 1–13.

Husain, T. K., Thamsi, A. B., & Amran, F. D. (2022). Implementasi Google My Business sebagai Media Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(1), 88–94. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i1.53

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Rohmah, A. N., & Hera. (2022). Pemanfaatan Google My Business Sebagai Media Digital MarketingPada Bukuan Fried Chicken. 1(3), 37–42.

Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24–31.

Yuliani, N., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal ( Studi Kasus : UMKM Gresik , Jawa Timur ) Universitas Esa Unggul. Ikraith-Abdimas, 5(1), 146–157. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11648.15361

Yuliastini, N. K. S., Cahayani, N. L. P., & ... (2021). Digital Marketing “Google Bisnisku” Pada Umkm Untuk Meningkatkan Pemasaran Dan Penjualan Produk Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian …, 2(Desember), 103–109. https://doi.org/10.5281/zenodo.5759239