Kompetensi profesional guru dalam menyusun karya tulis ilmiah Best Practice masih rendah, sehingga diperlukan upaya
untuk meningkatkannya, diantaranya melalui pelaksanaan E-Short Course Best Practice. Tujuan penulisan karya tulis ini
adalah untuk mendeskripsikan keberhasilan pelaksanaan E-Short Course Best Practice dalam meningkatkan kemampuan
menyusun karya tulis Best Practice dengan menggunakan Final Product Based Learning Techniques bagi guru dan
pengawas Pendidikan Agama Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang
diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang tahun 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian evaluasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pada semua substansi
dan aspek masing-masing. Capaian hasil pada tahap revisi produk akhir diketahui terjadi peningkatan pada semua
substansi dan aspek masing-masing antara 7 orang (17.5%) hingga 12 orang (30%). Adapun capaian hasil penilaian
produk akhir dengan kriteria amat baik paling tinggi pada substansi inspiratif, pada aspek D8 (Topik bahasan memberikan
inspirasi kepada guru lain) sejumlah 12 orang (30%). Sedangkan capaian hasil penilaian produk akhir dengan kriteria
amat baik dengan capaian paling rendah ada pada substansi inovasi pada aspek B3 (Hasil yang dicapai berkaitan dengan
peningkatan kualitas pembelajaran) dan substansi inspiratif pada aspek D9 (Topik bahasan memberikan inspirasi terhadap
pembuat kebijakan) sejumlah 6 orang (15%). Kesimpulan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyusun
karya tulis Best Practice pada guru dan Pengawas Pendidikan Agama Islam setelah mengikuti E-Short Course Best Practice
dengan menggunakan Final Product Based Learning Techniques.
Kata Kunci: kompetensi profesional guru; best practice; final product based learning techniques
artikel andragogi
Aminah, S. (2016). Inovasi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam: Efektivitas Penggunaan Fun Card sebagai
Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, Keaktifan Diri, dan Hasil Belajar Peserta
Didik. MIMBAR PENDIDIKAN. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v1i2.3932
Aminah, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Pai Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Berbasis
Kecakapan Abad 21 Melalui Teknik Tediprasi. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan
Keagamaan, 10. Nomor, 54–67. https://doi.org/https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i1.275
Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan
Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 27–40.
https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.14
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016).
Pedoman Lomba Penulisan Best Practice Bagi Kepala Sekolah/Madrasah.
Dwi, Ayu Hastuti. Sudiyanto. Oktaria, D. (2017). Kompetensi Guru: Harapan dan Kenyataan. Jurnal “Tata
Arta” UNS, 3 No. 1, 40–55. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/11494
Emda, A. (2017). Strategi Peningkatan Kinerja Guru yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111.
https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1883
Handayani, S. L. & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru melalui
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10, No. 1, 8–13.
Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah
Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat).
https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128
Mandal, S. (2018). The Competencies of the Modern Teacher. International Journal of Research in
Engineering, Science and Management, 1(10), 351–360.
Marengke, M. (2019). Konsep Pengembangan Kompetensi Guru. Foramadiahi Jurnal Kajian Pendidikan Dan
Keislaman, 11 No. 2, 287–299.
Nurul, F. A., & Singgih, U. P. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru
Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal MasalahMasalah Sosial, 10, 1–17.
Raihanah Daulay, Khair, P. & A. (2017). Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita, 3, 15–25.
https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/196
Richardo, R. (2016). Program Guru Pembelajar: Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru di Abad 21.
November, 777–785.
Rizhardi, Rury. dkk. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Menjadikan Guru SD Profesional. Wahana
Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5 No. 1, 214–218.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.6955
Rosita, R. P., & Alfarisa, F. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) Strategi Pengembangan Profesionalitas
Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 671–683.
Rukminingsih, dkk. (2021). Pelatihan Penulisan Best Practice untuk Meraih Predikat Guru Berprestasi bagi
Guru SDN Tanjunggunung Peterongan. Transformasi Dan Inovasi, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2
Nomor 1, 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p15-20
Santoso, B. W. J. & Nugroho, J. D. O. A. P. (2020). Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Best Practice untuk
Meraih Predikat Guru Berprestasi bagi Guru SMA Negeri 1 Semarang dengan Metode Special Projects
Assignments. Jurnal Panjar, 2 No. 2, 52–60.
https://doi.org/https://doi.org/10.15294/panjar.v2i2.43237
Slameto, dkk. (2017). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya. Jurnal
Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 27, No.
https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/5718/3708
Surahman, Evi, dkk. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring di Indonesia. Kelola: Jurnal of Islamic Education
Management, 5 No. 2, 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1397
Syaodih, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Syarifuddin, S. (2021). Analisis Kesiapan Guru dalam Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah. Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 49–55. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.21
Wafrotur Rohmah. (2016). Upaya Meningkatkan PengembanganKeprofesian Berkelanjutan dalam
Peningkatan Profesionalisme Guru. Seminar Nasional Pendidikan, 10–21.
Wahyudin, D. (2016). Manajemen Kurikulum dalam Pendidikan Profesi Guru (Studi Kasus di Universitas
Pendidikan Indonesia). Jurnal Kependidikan, 46, 259–270.
Yulia, Putu AD dan Hengki, K. (2021). Penggunaan Pendekatan Andragogi dalam Proses Pembelajaran
Nonformal. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4. No. 2, 1–7.
Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of
Educational Management, 1(September), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522.
Yuniarti, dkk. (2021). Penelitian Evaluatif dalam Pendidikan. YASIN: Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 1
Nomor 1, 73–87. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1