Kualitas Produk Minuman di Senja Coffee and Memories (Studi Kasus Es Kopi Susu Gula Aren)

research
  • 04 Jan
  • 2024

Kualitas Produk Minuman di Senja Coffee and Memories (Studi Kasus Es Kopi Susu Gula Aren)

Kopi merupakan salah satu produk minuman yang paling digemari oleh semua orang dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi di antara produk minuman lainnya. Dalam kasus ini, peneliti mengambil topik kualitas produk minuman di Senja Coffee and Memories karena ingin mengetahui kualitas dan membandingkan produk es kopi susu gula aren Senja Coffee and Memories dengan coffee shop lainnya yang kebanyakan memiliki rasa dibawah standar bagi para penikmat kopi. Hal ini sangat menarik untuk di teliti karena produk es kopi susu gula aren di Senja Coffee and Memories merupakan produk racikan sendiri dan memiliki inovasi yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan perbedaan produk minuman es kopi susu gula aren di Senja Coffee and Memories. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengamatan dan wawancara, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner yang disebarkan langsung ke pelanggan lima coffee shop di Yogyakarta  sebanyak 30 kuesioner. Beberapa coffee shop diantaranya Senja Coffee and Memories, Tiga Torak Coffee, Otentik Coffee, Perdipe Coffee, dan Janji Jiwa Coffee. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk minuman es kopi susu gula aren di Senja Coffee and Memories meliputi fisik, fungsi, dan sifat. Sedangkan untuk perbedaannya meliputi bahan dasar, pengolahan, penyajian, dan rasa.

Unduhan

 

REFERENSI

Arriesanti, Hani Dewi, Muhammad Yusuf dan Ceria Marcelina. (2014). Penerapan Multimedia Audio Gallery Elearning Community and Service (MAGICS) Sebagai Media Penyimpanan Dokumentasi Pada Perguruan Tinggi. CCIT Jurnal, VII(2), 11. Diambil dari: https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/ccit/article/view/310

Baiquni, Sandy Yusta, Nuning Kurniasih dan Rully Khairul Anwar. (2015). Pertukaran Informasi Oleh Oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Jurnalistik Melalui Media Kompasiana. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, III(1), 71-80. Diambil dari: https://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/view/9490

Derianto, Panji Septian dan Yuliana Pinaringsing Kristiutama. (2015). Standar Operasional Prosedur Room Service Amarossa Hotel Bandung. Jurnal Pariwisata, II(1), 19-20. Diambil dari: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/259/282

Kurniawan, Ridwan dan Yulianto. (2017). Usaha Room Boy Dalam Menjaga Standar Kebersihan Kamar Hunian Di Abadi Hotel Jogja. Jurnal Khasanah Ilmu, III(1), 43. Diambil dari: http://khasanah.web.id/jurnal/index.php/khasanah/article/view/6

Perfecto, Ivette dan John Vandermeeter. (2015). Coffee Agroecology: A New Approach to Understanding Biodiversity, Ecosystem Services, and Sustainable Development. Routledge

Prastowo, Andi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Putri, Emmita Devi Hari. (2018). Peran Peserta Training Dalam Membantu Pencapaian Kerja Room Boy Di Hotel The Sahid Rich Jogja. Diambil dari: https://stieparapi.ac.id/ejurnal/index.php/jtec/article/view/2

Raimond, Feil. (2016). Coffee Roasting Made Simple. California: Coffee Roasting Book.

Rahardjo, Pudji. (2017). Berkebun Kopi. Jakarta: Media Kita.

Rukmana, Rahmat. (2015). Untung Selangit dari Agribisnis Kopi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Syukri, Muhammad. (2016). Hikayat Negeri Kopi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wijayanti, Ani, Janianto Damanik Chafid Fandeli dan Sudarmadji. (2017). Upaya Mewujudkan Peran Edukasi Melalui Budaya Berfikir Di Museum Biologi Yogyakarta, III(1), 83. Diambil dari http://khasanah.web.id/jurnal/index.php/khasanah/article/view/20

Yahya, Manshur. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Barista Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi Espresso Bar Solo. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, II(4), 11-13. Diambil dari: https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2c5&q=dgs_qabs3dCpp