Order taker merupakan salah satu staff dalam departemen housekeeping yang bertugas menerima panggilan telepon serta melakukan monthly report atau inventory. Inventory yaitu mencatat, mendata, menghitung, serta menyusun barang seperti linen. Permasalahan yang terjadi pada order taker saat melakukan inventory linen adalah terjadi kehilangan linen, kerusakan pada linen, serta kurangnya ruang penyimpanan untuk linen, sehingga berdampak pada kinerja roomboy saat membersihkan kamar menjadi kurang maksimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa tugas dan tanggung jawab seorang order taker di Pesonna Tugu Hotel Yogyakarta adalah melakukan inventory linen, membuat worksheet, mencatat laundry linen in out, melakukan pengecekan akan ketersediaan barang, melakukan pengecekan minibar serta mengecek logbook. Upaya yang dilakukan oleh order taker dalam mengatasi permasalahan yang terjadi adalah mengeluarkan parstock linen atau melakukan prewash, melakukan briefing dengan pihak vendor laundry, melakukan penegasan atau pendisiplinan pada roomboy untuk menggunakan linen sesuai dengan aturannya dan menyimpan linen pada trolly khusus linen yang akan disimpan di samping office housekeeping.
File 13_Bab 5
File 9_Bab 1
File 11_Bab 3
File 1_Lembar Judul
File 2_Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir
File 9_Bab 1
File 11_Bab 3
File 12_Bab 4
File 6_Kata Pengantar
File 5_Lembar Konsultasi
File 4_Lembar Persetujuan dan Pengesahan
File 14_Daftar Pustaka
File 15_DRH
File 16_Surat Keterangan Riset
File 3_Lembar Persetujuan publikasi
Alfianika, Ninit. (2018) Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : CV. Budi Utama
Kamil, Muhammad Insan. (2018). Tugas Dan Tanggung Jawab Sous Chef Dalam Merencanakan Menu Operasional Di Abadi Hotel Yogyakarta. Diambil Dari
http://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/183165/File_11-Bab-III-Metode-Penelitian.pdf (diambil pada 20 April 2019)
Kurnianto, Fajar. (2018). Peranan Roomboy Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kamar Di The Sahid Rich Jogja Hotel. Diambil dari http://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/125567/File-10-BABII-Landasan-Teori.pdf. (21 April 2019)
Kustini, Henny. (2017). General Hotel Management, Yogyakarta : CV. Budi Utama.
Kuswiyata, Pontianus. (2018). Mengenal Laundry. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Orbani, Ludfi. (2017). Housekeeping Passport Manajemen Operasional Housekeeping Lanjut. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Putri, Emmita. D.H dan Fajar Wicaksono. (2015). Peranan Housekeeping Dalam Meningkatkan Kenyamanan Tamu Di The Sahid Rich Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Pariwisata, Vol.6 (2). 15. Diambil dari, http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index-php/khasanah/article/view/488/381 (diambil pada tanggal 20 April 2019)
Rohmawati, Wiwik. (2018). Peranan Public Area Untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu Di The Rich Hotel Yogyakarta. Diambil dari http://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/15614 (diambil pada tanggal 20 April 2019)
Silalahi, Nindy Caroline. (2018). Fungsi Order Taker Dalam Meningkatkan Operasional Di Housekeeping Department Hotel Grandhika SetiaBudi Medan. Diambil dari http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/12749/152204012.pdf?sequence=1&isAllowed=y (diambil pada 29 Agustus 2019)
Sudarso, Adriasan. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Hotel, Yogyakarta : CV. Budi Utama
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Afabeta
Wulandari, Reni (2018). Peran Order Taker Dalam Meningkatkan Pelayanan Room Division di Gallery Prawirotaman Hotel Yogyakarta. Diambil dari
https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/126768/File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf (diambil pada tanggal 22 April 2019)