Waiter and Waiters di Restaurant Shambala Cavinton Hotel yang bertugas memberikan pelayanan makanan dan minuman yang baik agar menyiptakan kepuasan dan kenyamanan pada tamu. Dalam melakukan pelayanan pada tamu, waiter and waiters harus menerapkan personal hygine yang baik yaitu dalam menjaga kebersihan diri dan kebersihan pakaian kerja. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskrriptif kualitatif dengan tehnik pengambilan data, observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka untuk mengetahui informasi tentang permasalahan penerapan personal hygiene waiter and waiters di Restaurant Shambala Cavinton Hotel Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini untuk menganalisa permasalahan dalam penerapan personal hygiene waiter and waiters di Restaurant Shambala Cavinton Hotel Yogyakarta antara lain Dalam menjaga kebersihan, pengaruh kebersihan badan dengan kinerja, kepedulian waiter and waiters dengan kebersihan tubuhnnya, pemeriksaan rutin kebersihan tubuh, kebersihan pakaian kerja, dampak dari kebersihan pakaian kerja, dan penggantian pakaian kerja. Upaya untuk menangani kendala dalam penerapan personal hygiene waiter and waiters yang terjadi di Restaurant Shambala Cavinton Hotel Yogyakarta adalah memberikan Standar Operasional Prosedur personal hygiene kepada waiter and waiters sehingga penerapan personal hygiene dapat di lakukan dengan baik di Cavinton Hotel Yogyakarta.
Unduhan
-
Terakhir download 14 May 2025 06:05
File 2_Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir
-
diunduh 35x |
Ukuran 236 KB
-
Terakhir download 14 May 2025 03:05
File 3_Lembar Persetujuan publikasi
-
diunduh 47x |
Ukuran 276 KB
-
Terakhir download 13 May 2025 18:05
File 6_Kata Pengantar
-
diunduh 47x |
Ukuran 169 KB
-
Terakhir download 14 May 2025 04:05
File 1_Lembar Judul
-
diunduh 37x |
Ukuran 131 KB
-
Terakhir download 14 May 2025 00:05
File 8_Daftar Isi
-
diunduh 43x |
Ukuran 125 KB
-
Terakhir download 14 May 2025 00:05
File 10_Bab 2
-
diunduh 51x |
Ukuran 233 KB
-
Terakhir download 14 May 2025 00:05
File 9_Bab 1
-
diunduh 51x |
Ukuran 197 KB
-
Terakhir download 14 May 2025 05:05
File 12_Bab 4
-
diunduh 57x |
Ukuran 286,591
-
Terakhir download 14 May 2025 06:05
File 5_Lembar Konsultasi
-
diunduh 43x |
Ukuran 269,995
-
Terakhir download 13 May 2025 13:05
File 4_Lembar Persetujuan dan Pengesahan
-
diunduh 61x |
Ukuran 282,359
-
Terakhir download 13 May 2025 14:05
File 11_Bab 3
-
diunduh 48x |
Ukuran 285,193
-
Terakhir download 13 May 2025 17:05
File 7_Abstrak
-
diunduh 44x |
Ukuran 119,117
-
Terakhir download 13 May 2025 17:05
File 14
-
diunduh 46x |
Ukuran 230,740
-
Terakhir download 13 May 2025 21:05
File 13
-
diunduh 62x |
Ukuran 194,079
Anggara, Sahya.2015. Metode Penelitian Adminisrasi. Bandung:Pustaka Setia
Derianto, Panji dan Kristiutami, Yuliana.2015. Standar Operasional Prosedur Room Service Amaroosa Hotel Bandung. Jurnal Pariwisata. Vol.2 No1. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/295
Fadli, Zuhdi.2017. Pemodelan Kebutuhan Ruang Parkir pada Rumah Makan (Restaurant) di Kota Surakarta. Junal Online Matrik Tehnik Sipil. Diambil dari https://matriks.sipil.ft.uns.ac.id/index.php/MaTekSi/article/view/758/668
Fauzan, Rizky dan Arief, Andi.2017. Beban Kerja Pramusaji Food and Beverage Servis di Hotel Aston and Conference Center Tanjung Pinang. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Vol.4 No2. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/206451-none.pdf
Fattah, Nurfachanti dan Mallongi, Anwar.2018. Hubungan Personal Hygiene dan Sanitasi Lingkungan dengan Kejadian Penyakit Kulit pada Pasien di Puskesmas Tambaring Makassar. Umi Medical Jurnal. Vol.4 No1. Diambil dari http://36.67.91.139:9090/index.php/umimedicaljournal/article/view/58/38
Hadi, Muhammad Sopian.2018. Peranan Standard Recipe untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Juru Masak pada Chinese Food Section di Golden Palace Hotel Lombok. Diambil dari http://eprints.unram.ac.id/8510/
Khaerani, Lilik.2018. Tehnik dalam Menangani Komplain via phone pada Room Service di Lombok Raya Hotel. Diambil dari http://eprints.unram.ac.id/11863/1/KTI%20LILIK%20KHAERANI%20%28A0E015071%29%20.pdf
Kurniawan, Adi.2016. Penerapan Personal Hygiene pada Karyawan Food and Beverage Service Hotel Arya Duta Pekan Baru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Vol.3 No2. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/126890-ID-none.pdf
Lestari, Delia Putri.2016. Kepuasan Kerja Karyawan Food And Beverage Service Department di Hotel Grand Tjokro Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Vol.3 No2. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/205709-kepuasan-kerja-karyawan-food-and-beverag.pdf
Moha, Sartika dan Loindong, Sjendry.2016. Analisa Kualitas Pelayanan daan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Yuda di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol.4 No1. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/11715
Riski, Desi Wulansari.2016. Penerapan Personal Hygiene Di Food and Beverage Product Grand Jatra Hotel Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Vol.3 No1. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/33049-ID-penerapan-personal-hygiene-di-food-and-beverage-product-grand-jatra-hotel-pekanb.pdf
Saputri, Darnita Leoni.2018. Hubungan Kompensasi dengan Kinerja Karyawan Food and Beverage Departement di Hotel Grand Central Pekan Baru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Vol.5 No1 . Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/200890-hubungan-kompensasi-dengan-kinerja-karya.pdf
Sari, Indah Nurmala dan Darmawan, Ari.2018. Analisis Dampak Komunikasi dan Profesionalisme Waiter Terhadap Citra Guest House (Studi pada Fendi’s Guest House Malang). Jurnal Adminisrasi Bisnis. Vol.60 No2. Diambil dari http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2517/2907
Sinaga, Aknes.2017. Penerapan Hygiene dan Sanitasi untuk Menjaga Kualitas Produk ui Open Kitchen hotel Four Points By Sheraton Medan. Diambil dari http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/6287/142204077.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Sugiyono.2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Suwartono.2014. Dasar-Dasar Metologi Penelitian.Yogyakarta: ANDI
Winata, Edy.2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Loyalitas konsumen pada Grand Serela Hotel dan Covention Medan. Jurnal Mutiara Mannagement. Diambil dari http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/381/357
Widiawati, Susi.2018. Relationship Supervision and Motivation with Nurse Performance in Meeting Patient's Personal Hygiene Needs. Vol.7 No2. Diambil dari http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/155/72
Yulianto, Atun.2017. Analisis Persentase Kontribusi Dan Pengaruh Pendapatan Industri Akomodasi Serta Restoran Terhadap PDRB DIY Tahun 2000 – 2015. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol.8 No1. Diambil dari http://khasanah.web.id/jurnal/index.php/khasanah/article/view/1/1