Hygiene and sanitation penyimpanan amenities dan groceries di general store Pesonna Tugu Hotel Yogyakarta

research
  • 02 Jan
  • 2024

Hygiene and sanitation penyimpanan amenities dan groceries di general store Pesonna Tugu Hotel Yogyakarta

Hygiene and sanitation penyimpanan amenities dan groceries di general store penting dilakukan untuk menjaga kualitas barang. Penyimpanan amenities dan groceries dilakukan oleh staff receiving yang juga menjadi store keeper. Keterbatasan ruang general store di Pesonna Tugu Hotel menyebabkan penyimpanan amenities dan groceries kurang memperhatikan hygiene and sanitation, sehingga dapat menyebabkan kontaminasi silang dan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik untuk pengambilan data yaitu observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai hygiene and sanitation penyimpanan amenities dan groceries di general store Pesonna Tugu Hotel, penyimpanan dilakukan mulai dari pengecekkan barang, klasifikasi barang, penyimpanan, penyusunan di rak, update bin card. Memiliki kendala seperti keterbatasan ruang, kerusakan air conditioner, adanya drainase, dan tidak adanya ventilasi. Dampak yang terjadi tidak efisien waktu dan tenaga sehingga mempersulit pencarian barang, kualitas barang tidak terjaga bahan groceries mudah rusak, munculnya bau yang tidak sedap menyebabkan pencemaran udara, ruangan menjadi kurang nyaman. Upaya yang dilakukan store keeper memisahkan rak amenities dan groceries, membersihkan air conditioner setiap dua kali dalam sebulan, memastikan ruangan store selalu tertutup, dan melakukan pembersihan store.

Unduhan

 

REFERENSI

Desmahary, Yuska dan Heri Kusmara. (2016). Aplikasi akutansi zahir accounting untuk pengolahan data keuangan pada PD. Nugraha Jakarta. Jurnal insan akuntan, I(2). Diambil dari: http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/232

Esa, Yusti. (2015). Pembentukan karakter peserta didik melalui penyelenggara kantin kejujuran di SD Negeri tiga purwodadi kecamatan tambak kabupaten banyumas. Diambil dari: http://eprints.uny.ac.id/14815/3/BAB%20III.view

Hasanah, Hasyim. (2016). Teknik-teknik observasi, Jurnal peningkatan mutu keilmuan dan kependidikan islam, VIII(1). Diambil dari: http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1163/932

Indraswati, Denok. (2016). Kontaminasi Makanan (food contamination) oleh  jamur. Ponorogo: Forum Ilmiah Kesehatan ( FORIKES )

Irawan, Djoko Windu P. (2016). Prinsip-prinsip hygiene sanitasi makanan minuman di rumah sakit, VII(7). Diambil dari : http://www.forikes-ejournal.com/index.php/baf/article/view/235

Kholifatun, Indri dan Jati Nurcahyo. (2018). Sistem Kerja Storage Dan Purchasing Department Terhadap Kelangsungan Operasional  Di Hotel Jambuluwuk Malioboro Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, IX(1). Diambil dari: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/3637

Komar, Richard. (2014). Hotel Management (Manajemen Perhotelan). Jakarta: PT Grasindo

Kurniawan, Adi. (2016). Penerapan Personal Hygiene Pada Karyawan Food and Baverage Service Hotel Aryaduta Pekanbaru, III(2). Diambil dari: https://www.neliti.com/publications/126890/penerapan-personal-hygiene-pada-karyawan-food-and-beverage-service-hotel-aryadut

Kurniawan, Ridwan dan Yulianto. (2017). Usaha Room boy Dalam Menjaga Standar Kebersihan Kamar Hunian Di Abadi Hotel Jogja, Jurnal Khasanah Ilmu, VIII(1). Diambil dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/1936/1433

Mahyudin dan Suradi. (2018). Pentingnya Komunikasi Receiving Dengan Purchasing Saat Penerimaan Barang Guna Meminimalisir Terjadinya Kesalahan Di Hotel Grand Aston Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, IX(1). Diambil dari: http://khasanah.web.id/jurnal/index.php/khasanah/article/view/31

Pertiwi, Verena Widya dan Rian Andriani. (2016). Penerapan hygiene dan sanitasi di pastry hotel hilton bandung. Jurnal Pariwisata, II(1). Diambil dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/296/283

Prakoso, Prasetyo aji. (2017). Front Office praktis administrasi dan prosedur kerja. Yogyakarta: Gava media

Purnama, Reza Gustia dan Oda ib Haryanto. (2015). Tugas room attendant dalam menangani complaint tamu deluxe room hotel hyaat regency bandung, Jurnal Khasanah Ilmu, II(1). Diambil dari: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/340/286

Ramdhany, Tri dan Nurul Nurhaida Rizkiani. (2014). Pembangunan aplikasi persediaan groceries berbasis komputer di hotel horison bandung. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, V(1). Diambil dari: http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/68

Rejeki, Sri. (2015). Sanitasi Hygiene dan K3. Bandung: Penerbit rekayasa sains

Santoso, Antonius Kurniawan dan Valensia Sugiyanto. (2014). Faktor bauran pemasaran yang berkontribusi bagi konsumen dalam memilih budget hotel di Indonesia, II(2). Diambil dari: http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/2128/1917

Sari, Kadek Indah Dwi Martha. (2013). Prosedur inventarisasi barang pada bagian kitchen di melka excelsior hotel. Jurnal Riset Akuntansi, II(2). Diambil dari:https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJAKUN/article/view/1931

Sudarso, Andriasan. (2016). Management pemasaran jasa perhotelan(dilengkapi dengan hasil riset pada hotel berbintang di Sumatera Utara). Yogyakarta: CV. Budi Utama

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiati, Nita dan Dr. Dra. Hj. Rd. Siti Sofro Sidiq, M.Si. (2015). Pengadaan bahan olahan makanan di purchasing section grand jatra hotel pekanbaru propinsi riau. II(1). Diambil dari: https://www.neliti.com/publications/31892/pengadaan-bahan-olahan-makanan-di-purchasing-section-grand-jatra-hotel-pekanbaru

Widianto, Tri dan Citra Unik Mayasari. (2018). Penerapan Hazard Analysis And Critical Control Point Di Main Kitchen Hotel Ibis Styles Yogyakarta, Jurnal Khasanah Ilmu, IX(1). Diambil dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/3607