Penerapan Konsep Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PT Universal Mas Murni Jakarta Barat

research
  • 06 Dec
  • 2023

Penerapan Konsep Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PT Universal Mas Murni Jakarta Barat

Seiring berkembangnya dunia usaha yang semakin pesat di era globalisasi seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang melakukan berbagai macam kebijakan agar dapat bertahan dan bersaing dalam dunia bisnis, baik perusahaan yang bergerak dibidang produk maupun di bidang jasa. Dalam mempertahankan pelanggan perusahaan berusaha untuk meningkatkan kualitas produk atau jasanya. Salah satunya dengan memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Deskripstif Kualitatif dan untuk memperoleh data yang valid dan akurat penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu, Observasi, wawancara dan dokumentasi. Penerapan konsep pelayanan prima sudah berjalan dengan lancar baik dengan melalui penerapan pelayanan prima dengan 6 konsep yaitu, Kemampuan (Ability), Sikap (Attitude), Penampilan (Appearance), Perhatian (Attention), Tindakan (Action), dan Tanggung Jawab (Accountability) serta dengan melalui flowchart dan berdasarkan peraturan yang telah disepakati. Namun, ada beberapa kendala yang dialami oleh perusahaan tersebut seperti, komunikasi dengan konsumen tidak lancar karena kurangnya inisiatif, penerapan pelayanan prima kepada pelanggan masih kurang aktif terkadang masih ada yang tidak menguasai informasi dan harga produk yang dijual dan kurangnya ketersediaan stok barang di gudang. Mengatasi kendala tersebut dilakukan setiap masing- masing karyawan harus lebih proaktif dalam melayani pelanggan, melakukan perbaikan terhadap komplain yang ditunjukan oleh pelanggan agar tidak terulang. Hal Tersebut bertujuan untuk mempertahankan pelanggan dengan begitu pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Unduhan

  • BAB 1 (9).pdf

    BAB I

    •   diunduh 0x | Ukuran 291 KB
  • BAB 2 (10).pdf

    BAB II

    •   diunduh 2x | Ukuran 204 KB

 

  • BAB 3 (11).pdf

    BAB III

    •   diunduh 3x | Ukuran 259,627
  • BAB 4 (12).pdf

    BAB IV

    •   diunduh 0x | Ukuran 185,718

REFERENSI

Daryanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima . Yogyakarta : Gava Media Deby. (2015). Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui
Pelayanan Prima. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Majid. (2015). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Mukarom, & zaenal. (2018). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung : CV Pustaka Setia.
Priansa. (2017). Manajemen pelayanan prima (fokus pada organisasi publik dan peningkatan aparatur). bandung : CV ALFABETA
Priansa. (2017). Penanganan Pengaduan Pelanggan Mengenai Keluhan Tidak Dapat Air (TDA) Di PDAM Surya SEmbada Surabaya Hafidlotul Imaroh 1. Jurnal Administrasi Publik Ilmu Politik, 614-620. http://jurnal.untag- sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/1229
Suratriadi el. (2018). Dasar Dasar Pelayanan Prima . Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Syamsudin, & Firmansyah. (2016). Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 2685–6972. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Tjiptono, (2017). Service Management - Mewujudkan layanan prima. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Debby, (2014). Manjaemen Peserta Dididk. Jakarta : PT Index.
Barata. 2017, DasarDasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo Rangkuti, Freddy. 2017. Customer Care Excellence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka