PERANCANGAN CRAFTZEN.ID FAMILY CRAFT MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE

research
  • 05 Dec
  • 2023

PERANCANGAN CRAFTZEN.ID FAMILY CRAFT MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE

Miftahul Luthfi (12191732), PERANCANGAN CRAFTZEN.ID FAMILY CRAFT MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE

Saat ini di dunia maya terjadi fenomena yang menarik dalam perkembangan sistem informasi. Sektor bisnis merupakan sektor yang paling terpengaruh, melalui e-commerce(electronic commerce) sebuah bisnis akan mendapat peluang yang sama dengan bisnis lainnya.Family Craft merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang kerajinan dan sekarang masih berkembang, sehingga membutuhkan sarana untuk mengembangkan bisnis melalui e-commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah website sebagai sarana mengenalkan usaha dan menjual priduk mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototype dan menggunakan pemrograman PHP, Framework Codeigniter dan MySql sebagai database penyimpanan data.Untuk sistem ini diuji dengan menggunakan metode black-box. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi penjualan online berbasis website pada toko kerajinan Family Craft.

Kata Kunci : E-Commerce, Prototype, PHP, Codeigniter

 

 

 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

Afriani, S. N., & Hadi, I. (2019). Prototype Sistem Pengering Biji Kopi Otomatis Berbasis Web Server. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri, 214–218.

Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(1), 1–7.

Febrianto, H., Padurenan, K., & Bekasi, K. (2022). Padurenan Berbasis Website.7(1), 38–50.

Fithri, D. L., & Na’im, M. R. A. (2021). Otomasi Manajemen Pelayanan Surat Keterangan Desa Muktiharjo Berbasis Web. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 4(1), 77–82. https://doi.org/10.24176/sitech.v4i1.6332

Hidayat, A., & Piliang, F. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Penyewaan Lahan Parkir Berbasis Web Gis. Jurnal Sistem Informasi Dan Sains Teknologi, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31326/sistek.v1i1.320

Indarta, Y., Irfan, D., Muksir, M., Simatupang, W., & Ranuharja, F. (2021). Analisis dan Perancangan Database Menggunakan Model Konseptual Data Warehouse Sistem Manajemen Transaksi Toko Online Haransaf. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4448–4455. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1477

Mustika, W. P., Mardian, M., & Rinawati, R. (2018). Analitycal Hierarchy Process Untuk Menganalisa Faktor Pemilihan Web Browser Pada Desktop. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 2(1), 83. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v2i1.57

Nur, H. (2019). Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.29407/gj.v3i1.12642

Pricillia, T., & Zulfachmi. (2021). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD). Jurnal Bangkit Indonesia, 10(1), 6–12. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v10i1.153

Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. J IP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), 54–61. https://doi.org/10.37438/jimp.v2i2.67

Rohmadi, A., & Yasin, V. (2020). Desain dan Penerapan Website Tata Kelola

Percetakan pada CV Apic Design Kreasindo Jakarta dengan Metode Prototyping. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(1), 70–85. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicomTelp.+62-21-3905050,

Sari, I. P., Jannah, A., Meuraxa, A. M., Syahfitri, A., & Omar, R. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penginputan Database Mahasiswa Berbasis Web.

Simangunsong, A., & Informatika, M. (2018). Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web. Jurnal Mantik Penusa, 2(1), 11–19. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/317

Susilo, M. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(2), 98–105. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.171

Syarif, M., & Nugraha, W. (2020). Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran

Tunai Pada Transaksi E-Commerce. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 4(1), 70 halaman. http://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/240

Widagdo, P. P., Haviluddin, H., Setyadi, H. J., Taruk, M., & Pakpahan, H. S. (2018).Sistem Informasi Website Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi InformasiUniversitas Mulawarman. Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi), 3(2), 5–9. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/view/1818