Viedo Nova Indra Pramudya (51190031) Peranan Public Area Dalam Hal Menangani Pembersihan Di Aveta Hotel Malioboro
Public area merupakan bagian dari housekeeping departemen, yaitu salah satu seksi yang memegang peran penting dalam menjaga area umum hotel mulai dari kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kenyamanan. Seorang public area perlu melaksanakan peranannya dengan baik demi menjaga citra lingkungan hotel di mata para tamu yang akan mempengaruhi kesan pertama bagi tamu yang akan menginap atau memakai jasa di hotel tersebut.Penanganan pembersihan di Aveta Hotel Malioboro juga memiliki beberapa kendala dalam menjalankan prosedurnya, namun tidak ada kendala yang tidak memiliki solusinya. Maka dari itu sebagai seorang public area dituntut untuk sigap dan tenang dalam menghadapi berbagai situasi atau hambatan yang ada serta mencari solusi terbaik demi terjaganya citra hotel dan kepuasan tamu.. Ruang lingkup yang dibahas berisi penjelasan tentang mengenai pembersihan Aveta Hotel Malioboro pada peranan public area di wilayah hotel yang merupakan bagian departemen housekeeping di Aveta Hotel Malioboro. Penulis memakai metode deskriptif kualitatif dalam menyusun tugas akhir dengan instrumen penelitian observasi, studi pustaka, wawancara dan observasi penulis ketika melakukan on the job training. Hasil penelitian menunjukan bahwa public area pada Aveta Hotel malioboro memerlukan bantuan departemen lain untuk kelancaran proses pembersihan pada area yang terkena hambatan, dan seorang public area harus memiliki inisiatif tinggi serta sigap dalam mengatasi setiap hambatan yang ada.
Kata kunci : public area, pembersihan, peranan public area
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
BAB II LANDASAN TEORI
LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR
BAB I PENDAHULUAN
BAB III METODE PENELITIAN
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS AKHIR
JUDUL TUGAS AKHIR
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TUGAS AKHIR
Arby, I. (2019). Modul Housekeeping. Sumatra Barat: Faculty Of Tourism UMSB. Bambang Np, S. (2020). Manajemen Hotel. Tangerang Selatan.
Bet El Silisna Lagarense, J. J. (2022). Sirkulasi Linen Room Dalam Sistem Kerja Housekeeping. Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 2.
Hary Hermawan, E. B. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Manajemen.
Hendry M.E. Kumaat, S. M. (2019). Prosedur Pembersihan Public Area. Manado: Ristedikti.
Iin Andina Prayetni, S. M. (2018). Kepuasan Kerja Karyawan Housekeeping Department. administrasi bisnis, 6.
Martina, E. (2019, Juni 2). Kinerja Public Area Attendantdi saat Full Eventdi Hotel Batiqa Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 5(.ISSN: 2541-4356), 2.
Simbolon, H. H. (2016). Analisis Beban Kerja Public Area Attendant DI. JOM FISIP, 3, 2.
Wilson, J. (2022). Strategi Pengembangan Minat Kunjungan Wisatawan Lokal DAN.
Jurnal Akomodasi Agung, 9(ISSN 2503- 2119).
Yulia Novita, S. I. (2017). Housekeeping (Public Area). Pekanbaru: CV. Mifan Karya Sekawan