Sefia Agil Nur Khotimah (51200026), Layanan Telephone Operator dalam Menunjang Komunikasi Antar Department di The Alana Malioboro Hotel Yogyakarta.
Hotel merupakan sebuah sarana yang mendukung perkembangan pariwisata, jenis akomodasi yang digunakan sebagai jasa pelayanan menginap, pelayanan makanan dan minuman serta jasa lainnya. Kemajuan dalam bidang komunikasi untuk menunjang pelayanan dalam perhotelan akan lebih efektif jika dijalankan oleh seorang telephone operator. Kemampuan pelayanan terletak dalam cara penanganan keluhan tamu serta permintaan tamu yang dibangun oleh seorang telephone operator. Untuk menangani keluhan serta permintaan tamu maka diperlukan adanya komunikasi antar department guna menjaga efektivitas operasional di dalam hotel. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengetahui pelayanan telephone operator dalam meningkatkan komunikasi antar department. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian ini merupakan cara ilmiah guna mendapatkan berbagai data yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan telephone operator yang diberlakukan di hotel sudah sesuai akan prosedur yang berlaku meliputi standar operasional prosedur (SOP) dalam menerima telephone tamu dari dalam maupun luar serta posisi dalam menerima telephone. Untuk melakukan komunikasi antar department menggunakan beberapa media seperti telephone, handy talkie (HT), dan surat elektronik seperti whatsapp. Setiap menangani keluhan maupun permintaan tamu wajib diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan serta dalam menangani keluhan melibatkan department terkait guna memberikan solusi yang efektif dan terbaik agar tamu selalu merasakan kenyamanan ketika sedang menginap di The Alana Malioboro Hotel.
Kata kunci : Telephone operator, komunikasi
File 9_Daftar Isi
File 7_Kata Pengantar
File 11_Daftar Gambar
File 6_Pedoman Penggunaan Hak Cipta
File 5_Lembar Konsultasi
File 1_Lembar Judul
File 2_Surat Pernyataan Keaslian
File 20_Surat Keterangan Riset
File 3_Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi
File 19_DAFTAR RIWAYAT HIDUP
File 4_Lembar persetujuan dan pengesahan
File 10_Daftar Tabel
Desi Damayani Pohan, U. S. (2021). Pengertian Komunikasi. Jenis-jenis Komunikasi, 31.
Erlangga Brahmanto, H. H. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Manajemen.
Erna Wigati, N. N. (2022). Hotel. Penerapan CHSE menghadapi new era untuk meningkatkan income hotel jambuluwuk jogyakarta, 110.
Humaera Silvia Maristy, A.-N. Y. (2020). Telephone Operator. UPAYA TELEPHONE OPERATOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI JAMBULUWUK MALIOBORO HOTEL YOGYAKARTA, 15-16.
Ismail Suardi Wekke, d. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku (CV. Adi Karya Mandiri).
Kathleen Putri, N. w. (2022). Penanganan Keluhan Tamu oleh FDA di Grand Jatra Hotel Balikpapan. Bali: Politeknik Negeri Bali.
Khotimah, I. H. (2019). Komunikasi Verbal dan Non Verbal Dalam Diklat. 10-12.
Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Jurnal al-irsyad, 142-145.
Noviyani Dwi Apandi, E. B. (2015). Pengertian Hotel. Tinjauan tentang penyajian buffet breakfast di harris hotel and convention Bandung, 2520.
Novriani, S. (2017). Metode Pengumpulan Data. Peran Telepon Operator dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Tami di Harris Hotel & Conventions Bekasi, 33.
Nugraheni, P. (2016). Metode Penelitian. Strategi Bauran dan Pemasaran dalam Menarik Minat Pelanggan di Namira Hotel Syariah Yogyakarta, 41-42.
Nuraulian, N. (2017). Teknik Pengumpulan Data. Analisis Pengaruh Perhotelan dan Pariwisata Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Bandar Lampung, 61.
Toghas, L. M. (2019). Definisi Hotel. KARAKTERISTIK KINERJA HOTEL UNIQ DI YOGYAKARTA DITINJAU DARI ASPEK DESAIN DAN EFISIENSI ENERGI
DENGAN PENEKANAN STUDI PADA PENERAPAN METODE EDGE BUILDINGS VERSI 2.07, 18-20. Yetty Oktarina, Y. A. (2017). Definisi Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish.