Biwi Erryl (51200018), Prosedur Dalam Penanganan Closing Report Income Audit Accounting Department di Hotel Grand Rohan Jogja
Department yang ada di hotel memiliki tugas dan tanggungjawab masing-masing sesuai dengan standar operasional yang diterapkan. Salah satu department yang ada di hotel yaitu accounting department, bagian ini sering disebut bagian keuangan hotel yang memiliki peranan dan tanggungjawab untuk mengendalikan kegiatan pemasukan dan pengeluaran, melakukan pencatatan terkait dengan pendapatan yang diperoleh serta melakukan transaksi atas biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan operasional hotel. Di dalam accounting department ini terdapat dua bagian, yaitu logistik dan revenue (income). Salah satu section yang ada di revenue adalah income audit. Income audit merupakan section yang memiliki tugas dalam pemeriksaan dan pencatatan seluruh penjualan hotel baik secara cash maupun charge, dimana tahap yang dilakukan adalah melakukan cross check terhadap data dan dokumen transaksi penjualan atau disebut dengan closing report perhari. Dalam tugas akhir ini penulis menggunakan metode desain penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian penulis, dapat diketahui Standar Operasional Prosedur dalam melakukan closing report income audit, tindakan yang dilakukan income audit dalam mengatasi ketidakcocokan antara supporting system dan dokumen closing report milik Front Office dan Food & Beverage Service Department serta strategi yang diterapkan dalam mengelola closing report daily.
Kata Kunci : Income Audit, Closing Report, Revenue
BAB III METODE PENELITIAN
PEDOMAN PENGGUNAAN HAK CIPTA
Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir
BAB I PENDAHULUAN
Surat Pernyataan Keaslian Tugas Akhir
Daftar Riwayat Hidup
Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah
Lembar Konsultasi Tugas Akhir
JUDUL TUGAS AKHIR
BAB II LANDASAN TEORI
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Agoes, Sukrisno. (2018). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.
Anandita, A., & Indriastuti, W. A. (2021). Peran Pembelian Dan Distribusi Barang Terhadap Inventory Store Departemen Accounting Di Harris Hotel & Convention Solo. Mabha Jurnal, 2. https://ejournal.mandalabhakti.ac.id/mabha/article/view/24%0A
Asriyandi, D. (2022). PERANCANGAN SOP (STANDAR OPERATING PROCEDURE) ROOM ATTENDANT DI HOTEL SALMA BUKITTINGGI.
Fadli, S., & Imtihan, K. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI DAN TRANSAKSI BERBASIS CLIENT SERVER. Informatika & Rekayasa Elekrotnika, 1(2), 7–14.
Kaligis, V. P., Maradesa, D., Kaligis, V. P., Sam, U., & Manado, R. (2021). Sistem Akuntansi Pendapatan Atas Pengakuan Pendapatan Pada Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Hotel Sahid Kawanua Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1), 1213–1220.
Krestanto, H. (2019). STRATEGI DAN USAHA RESERVASI UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN DI GRAND ORCHID HOTEL YOGYAKARTA. Jurnal Media Wisata, Volume 17 Nomor 1.
Kustini, Henny. (2018). Prosedur Penerimaan Barang Terhadap Quality of Goods Di Hotel Non-Bintang Kota Solo. HOTELIER JOURNAL Politeknik Indonusa Surakarta, 53(9), 1689–1699.
Kusumawati, M., & Betri. (2019). Pengaruh Pengalaman Audit, Beban Kerja, Task Specific Knowledge, Tipe Keprdibadian Terhadap Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan (Studi Kasus Kantor Akuntan Publik Kota Palembang). Balance: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 537–548.
Manossoh, H. (2019). Analisis Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan Dan Pengaruhnya Terhadap Laporan Keuangan Pada Hotel Sapadia Kotamobagu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2761–2770.
Noviastuti, N., & Cahyadi, D. (2020). PERAN RESERVASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP TAMU DI HOTEL NOVOTEL LAMPUNG. Jurnal Nusantara, Vol.3 No. 1.
Putri, A. (2022). ANALISIS PELAKSANAAN RECEIVING ACCOUNTING DEPARTMENT DI GRAND SERELA HOTEL YOGYAKARTA. Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33),
Sari, Rida Perwita, et. al., (2019). Pemeriksaan Akuntansi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka (Rida Perwita Sari)
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Wianti, W., & Rachmah, A. (2019). Analisis Prosedur Pelatihan Karyawan pada PT Istana Karang Laut Jakarta Selatan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol.17 (3).