Industri restoran cepat saji telah mengalami perubahan signifikan seiring dengan era globalisasi, menjadi pilihan utama konsumen yang mencari makanan cepat, terjangkau, dan mudah diakses. Di Indonesia, waralaba restoran cepat saji populer karena makanan adalah kebutuhan pokok. Salah satu pemain terkemuka dalam industri ini adalah McDonald's, Untuk menjaga eksistensinya, McDonald's harus mempertahankan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh waktu tunggu dan self-ordering kiosk terhadap loyalitas pelanggan Mcdonald’s Citra Garden VII di Kalideres Jakarta Barat. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, multikolinieritas, regresi linear berganda, uji F, uji T, dan kofisien determinasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan teknik Accidental Sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah program SPSS 29.0 Hasil menunjukan bahwa variabel waktu tunggu dan self-ordering kiosk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan McDonald’s di Citra Garden VII Kalideres Jakarta Barat
BAB III
BAB IV
Adhar, G. S. (2017). The Queueing Network Analyzer: A Guide to Modeling Waiting Line Systems. Wiley-IEEE Press.
Ayodeji, Y., Rjoub, H., & Ozgit, H. (2023). Technology in Society Achieving sustainable customer loyalty in airports : The role of waiting time satisfaction and self-service technologies. 72(May 2022). https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2022.102106
Cahyono, T. (2015). STATISTIK UJI NORMALITAS. Purwokerto : Yasamas
Djelassi, S. (2018). How self-service technology experience evaluation a ff ects waiting time and customer satisfaction ? A moderated mediation model. Decision Support Systems, March, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.dss.2018.04.004
Furrer, R. M., & Boody, R. F. (2019). Waiting for Service: The Transforming Power of Hospitality.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang : Universitas Diponegoro
Hasan, Ali. (2013). Marketing Dan kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS
Hendaryan, D., & Ramadhan, M.R. (2018). Pengaruh Return on Asssets (ROA) dan Debt to Equality Ratio (DER) Terhadap Harga Saham (Studi Pada PT. Indosat TBK. tahun 2006-2015). JASa. 2(1), 155
Hikmah, S.N. (2021). Hubungan Kecerdasan Numerik dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR). 2(1), 37
Hilmawan, R. (2017). Model Pemodelan Hubungan Antara Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan Restoran. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 61-73.
Huang, L., & Liao, C. (2017). Factors affecting the adoption of self-ordering kiosks in restaurants: An integration of technology acceptance model and theory of planned behavior. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 8(1), 81-96.
James A., et al. (2019). Service Management: Operations, Strategy, and Information Technology. McGraw-Hill Education. ISBN: 978-1259922062
Johnson, A., & Smith, B. (2021). The growth and challenges of fast food restaurants: A global perspective. International Journal of Hospitality Management, 94, 102817.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Mardiatmoko, G. (2020). PENTINGNYA UJI ASUMSI KLASIK PADA ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA ( STUDI KASUS PENYUSUNAN PERSAMAAN ALLOMETRIK KENARI MUDA [ CANARIUM INDICUM L .]) The Importance of the Classical Assumption Test in Multiple Linear Regression Analysis ( A Case Study of the Preparation of the Allometric Equation of Young Walnuts ). 14(3), 333–342.
Mayasari, I. (2019). Puaskah Pelanggan Tol Terhadap Transaksi Non Tunai? (Survey Pada Gerbang Tol Pasteur, Purbalunyi Bandung). Jurnal E-BIS. 3(2), 125
Mawadi, A. (2021). Efektifitas Waktu Tunggu dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 8(1), 16
McGuire, K.A., et al. (2010). A framework for evaluating the customer wait experience. Journal of Service Management, 21(3), 269-290
Polas, M. R. H., Rahman, M. M., Miah, M. A., & Hayash, M. M. A. (2018). The Impact of Waiting Time towards Customers' Satisfaction in Fast Food Establishments: Evidence from Bangladesh. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM),20(5), 11-21. https://doi.org/10.9790/487X- 2005021121
Satyagraha, J., Sinambela, E. A., Mardikaningsih, R., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Sungkono, U. M., & Mojokerto, K. (2022). Harga dan keberagaman produk serta pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan restoran. 05(01), 37–47.
Sihabudin., Wibowo, D., Mulyono, S., Kusuma, K.W., Arofah, I., Ningsih, B.A., Saputra, E., Purwasih, R., & Syahruddin. (2021). Ekonometrika Dasar Teori dan Praktik Berbasis SPSS. Purwokerto : CV. Pena Persada Redaksi
Silaban, S.F., Pasaribu, D., & Silitonga, I.M. (2023). Pengaruh Tax Avoidance dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Pariwisata, Hotel, dan Restoran Yang Terdaftar Di Bursa Efe Indonesia Tahun 2016-2020). Jurnal Skripsi Akuntansi. 1(1), 174
Smith, J., & Doe, J. (2018). Design and Implementation of a Self-Ordering Kiosk System for Quick-Service Restaurants. International Journal of Human-Computer Interaction, 20(3), 150-165.
Smith, J., Johnson, A., & Thompson, L. (2018). The Impact of Waiting Time on Customer Loyalty: A Meta-Analytic Review. Journal of Consumer Psychology, 28(2), 226-242. DOI: 10.1016/j.jcps.2018.02.001.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Suhairi., Asmita, A.R., Mahira, I.T., & Triyani, S.W. (2023). Analisis Strategi Bisnis Restoran Cepat Saji McDonald's Dalam Memasuki Pasar Global. Jurnal Mirai Manajemen. 8(1),35-46.
Ting, C., Huang, Y., Lin, C., & Pan, S. (2019). Administrative sciences Evaluation of Consumers WTP for Service Recovery in Restaurants : Waiting Time Perspective. Taylor 1994, 1–18.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan. 7(1),58
Wicaksono, D. A. (2022). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan ( Suatu Kajian Teoritis ). 1(3), 504–509.
Yulianto, A., & Rahmawati, R. (2021). The Effect of Waiting Time on Customer Loyalty through Customer Satisfaction at J&T Express in Malang City. International Journal of Advanced Science and Technology, 30(11), 1642-1650