Ditengah fenomena K-pop yang digunakan beberapa industri kosmetik terdapat research gap yang teridentifikasi. Beberapa penelitian terdahulu menunjukan bahwa variabel seperti brand ambassador, brand image, dan kualitas produk mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh NCT 127 sebagai brand ambassador, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Nature Republic di DKI Jakarta. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 97 orang penggemar NCT 127 yang juga merupakan pengguna produk Nature Republic. Penelitian ini menggunakan metode menyebarkan kuesioner kepada penggemar NCT 127 yang menggunakan produk Nature Republic di DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling. Hasil analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hal ini menunjukan bahwa brand ambassador tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,198 > 0,05, sedangkan brand image dan kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan signifikan sebesar 0,000. Penelitian ini dapat menjadi wawasan berharga bagi perusahaan, menunjukan bahwa penggunaan brand ambassador dalam konteks fenomena K-pop tidak selalu memberikan dampak yang baik terhadap keputusan pembelian. Perusahaan dapat meningkatkan brand image, dan kualitas produk karena kedua variabel ini memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
BAB III
BAB II
BAB IV
Alessandro, L. C., Japarianto, E., & Kunto, Y. S. (2023). Peran Mediasi Brand Image Pada Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Produk, 17(1), 24–30.
Apriyanto M.Si., M.M., H. I. D., & Iswandi, S.Pd, M. P. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Wahana Resolusi.
Az-Zahra, A. F., & Sudrajat, R. H. (2021). Pengaruh Brand Ambassador NCT 127 dan Daya Tarik Iklan terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic.
Callista, G. C. (2019). Analisis Pengaruh Karakteritsik Bisnis Startup Terhadap Keputusan Investasi. journal.uii.ac.id, 561(3).
Daulay, A. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Oleh Brand Image (Survey Pada Sabun Antiseptik Lifebuoy di Kelurahan Gedung Johor).
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk dan Merek. Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Durria, S. A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Beauty Vlogger Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasisiswa Program Studi Manajemen FEB-UMM Pengguna Produk Kosmetik Wardah di Kota Malang).
Fazirah, E., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Wardah di Kota Surakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 5(3), 246–254.
Fitri, D. A., Wafa, M. A., & Qadariah, L. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Nacific.
Hayuningtias, R. U. K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic, 4(6), 2279–2291.
Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT. Raja Grasindo Persada.
Lestari, H. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan korean wave terhadap citra merek serta dampaknya pada keputusan pembelian. Administrasi bisnis, 66(1).
Listiawati, E. (2019). Pengaruh Brand Ambassadordan Kualitas Produk Terhadap Band Image Pada Hijab Zoya Broni Kota Jambi.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Montolalu, N. A., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. Jurnal EMBA, 2(4), 272–275.
Nadia, S. M., & Aulia, P. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Bts Kpop Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia, 7(2), 3616–3634.
Nasution, A. N. A. R. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Perilaku Konsumtif, Dan Fanatisme Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Konsumen Penggemar Boygroup Korea Nct 127 Di Indonesia). Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/13706/, 4(1), 1–23. Diambil dari https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13706/
Nasution, A. N. A. R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Perilaku Konsumtif, dan Fanatisme terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada konsumen penggemar Boygroup Korea NCT 127 di Indonesia.
Oktavia, E. B., Fatimah, F., & Puspitadewi, I. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening Indonesia Di Tokopedia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH, 20(2), 361–375.
Rahmayanti, F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Korean Wave, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembeian Produk Pond’s (Study Kasus Mahasiswi Universitas Islam Riau).
Sejati, K. R., & Suastrini, F. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Prilaku Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sabun Mandi Di Masa Covid-19. JURNAL PRODI TADRIS IPS, 11.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. (1 cetakan ke-4). KENCANA.
Srihadi, R. H., & Pradana, M. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Body Mist The Body Shop Bandung. eProceedings of Management, 8(4), 3406–3412.
SUARDHITA, N., RAFIK, A., & SUGENG, I. S. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Merek Wardah. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis.
Sugiarto, P. D. I. (2017). METODOOGI Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono, D. P. (2022). METODE KUANTITATIF kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2nd ed.,vol.2022). Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Wicaksono, R. A., Ayu, Octavia, N., Moch, & Aprianto, S. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie Di Semarang. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(1), 423–432.
Yusuf, D. A., Tumbel, A. L., & Woran, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Ambassador Kpop Nct Dream Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Mie Lemonilo Di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 965. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43526